Kebun Raya Bogor Didorong Masuk Daftar Resmi Warisan Dunia UNESCO

Berita Kawasan

Kebun Raya Bogor Dorong Masuk Daftar Resmi Warisan Dunia UNESCO

Baru-baru ini, Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI menggelar workshop yang menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Pada pertemuan di workshop itu, Pemkot Bogor memberikan komitmennya untuk bersinergi dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam pengelolaan Kebun Raya Bogor demi mendorong situs bersejarah ini masuk ke dalam daftar resmi Situs Warisan Dunia atau World Heritage Sites UNESCO.

Pemkot Bogor yang diwakili oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim sempat memberikan sambutannya di workshop yang digelar pada 21 Agustus 2019 itu. Ia menjelaskan, langkah sinergi antara perencanaan pengelolaan Kota Bogor dan perencanaan LIPI merupakan aspek yang penting demi melancarkan proses pengajuan Kebun Raya Bogor ke UNESCO. Dedie menegaskan, Pemkot Bogor sangat mendukung Kebun Raya Bogor untuk masuk ke daftar Situs Warisan Dunia Unesco.

Kebun Raya Bogor Didorong Masuk Daftar Resmi Warisan Dunia UNESCO

“Kota Bogor mendukung dipilihnya Kebun Raya Bogor sebagai World Heritage Site oleh UNESCO. Forum seperti inilah yang harus dilakukan untuk menjaga komunikasi dengan para ahli, seperti ahli cagar budaya, serta budayawan yang kemudian nanti perencanaan ini akan mengakomodir seluruh kepentingan-kepentingan,” ucap Wakil Wali Kota Bogor itu, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (23/8/2019).

[Baca Juga: Perkembangan Kebun Raya Bogor dari Zaman ke Zaman]

Aspek penting yang muncul dari masuknya Kebun Raya Bogor ke daftar Situs Warisan Dunia UNESCO adalah area bersejarah ini semakin dikenal oleh publik, bukan hanya dari dalam negeri tapi juga luar negeri. Jadi ada kemungkinan besar, wisatawan asing pun akan semakin meningkat jumlahnya yang berkunjung ke Kota Hujan dan Pemkot Bogor disebut harus mulai mempersiapkan berbagai hal agar dapat mengakomodir hal tersebut.

Sekadar informasi, pengajuan Kebun Raya Bogor agar masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia sebenarnya sudah dilakukan semenjak tahun 2017. Kemudian pada 26 April 2019, UNESCO secara resmi memasukkannya Kebun Raya Bogor ke daftar sementara atau tentatif dari Situs Warisan Dunia. Namun untuk masuk secara resmi sepenuhnya ke dalam daftar tersebut, pengajuan nominasinya akan dikirimkan pihak LIPI pada Septmber 2019.

[Baca Juga: Pilihan Eduwisata di 4 Museum Sekitar Bogor Botanical Garden]

“Sampai saat ini kita sudah masuk di dalam tentative list, itu sudah menjadi pencapaian yang luar biasa karena beberapa nominasi yang lain untuk sekadar di tentative list saja membutuhkan waktu bertahun-tahun,” tutur Pelaksana Tugas Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya R. Hendrian. Ia menambahkan, langkah selanjutnya yang akan diambil pihaknya adalah mengirimkan volunteer submission pada akhir September 2019 dan mengikuti proses mekanisme dari UNESCO.

Read More

Artikel Lainnya

Ketika Sastra Alih Wahana ke dalam Sadiwara Audio di Tangan Puluhan Seniman

Hobi dan Hiburan

Puluhan Seniman Alih Wahana Karya Sastra Menjadi Sadiwara Audio

03 July 2020, 21:00

Pertunjukan ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta kawan-kawan media dengan nama Sandiwara Sastra.

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Hotel Boleh Kembali Beroperasi

Bisnis

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Kegiatan MICE Boleh Beroperasi

03 July 2020, 20:00

Dalam fase Pra-AKB ini, Bima Arya kembali membuka sektor baru, yakni transportasi seperti ojek online (ojol) dan ojek pangkalan (opang) serta kegiatan-kegiatan di hotel selain fasilitas penginapan.

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

Berita Kawasan

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

03 July 2020, 19:00

Semenjak PSBB jilid IV hingga saat ini, pengambilan dokumen sipil di kantor Disdukcapil sudah kembali normal. Sebelumnya, ada pembatasan waktu dan jumlah pemohon disetiap harinya.

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

Kuliner

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

03 July 2020, 18:00

Pertama didirikan tahun 1936, toko kue dan roti Maison Weiner masih terus menjual roti dan kue hingga sekarang. Produksinya ditangani oleh generasi ke-3, Heru Laksana.


Comments


Please Login to leave a comment.