Kecamatan Bekasi Selatan Ajak Warga Segera Beralih ke KTP Digita l.jpg

Berita Kawasan

Kecamatan Bekasi Selatan Ajak Warga Segera Beralih ke KTP Digital

Sejak tahun lalu, Pemerintah Pusat terus menggaungkan pengalihan KTP kovensional dalam bentuk kartu menjadi sepenuhnya digital yang di mana KTP digital ini disebut semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses beragam layanan tanpa Anda perlu membawa KTP fisik. Hal yang sama juga digaungkan oleh pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi hingga ke tingkat Kecamatan Bekasi Selatan. Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya menyampaikan bahwa pihaknya terus memberikan sosialisasi peralihan dan meminta warganya jangan ragu untuk menggunakan KTP digital.

Karya menjelaskan, Kecamatan Bekasi Selatan membuka pintunya untuk masyarakat yang ingin mendapatkan KTP digital dan ini termasuk bagi mereka yang kehilangan kartunya atau yang memang ingin beralih dari konvensional ke digital. Tentu saja tak semua warga di wilayahnya mengetahui hal ini. Oleh karena itulah, pihaknya tak lelah untuk memberikan sosialisasi bagi warga yang datang ke kantor kecamatan bahwa saat ini KTP dalam bentuk kartu sudah tidak tersedia dan cukup menggunakan ponsel pintar untuk mengakses KTP digital.

Kecamatan Bekasi Selatan Ajak Warga Segera Bera lih ke KTP Digita l.jpg

“Digitalisasi KTP memang sudah dilakukan, kemarin di kegiatan di kegiatan Kongko Bareng (Kobar) ada juga layanannya. Kita ke depannya ingin menghadirkan Dinas Dukcapil di kegiatan-kegiatan (CFD) jadi bisa memberikan layanan ini di sana,” tuturnya kepada PingPoint.co.id di sela-sela Lagoon Car Free Day Bersama Mas Tri, Grand Kemala Lagoon, Bekasi Selatan (15/1/2023).

Karya melanjutkan, dirinya menyadari bahwa proses peralihan menjadi KTP digital ini dapat memunculkan tantangan, khususnya dari warganya yang lebih memilh untuk memiliki KTP fisik. Dari sinilah Kecamatan Bekasi Selatan disebut menguatkan peran dari Satgas Pemantauan Monitoring atau Pamor di tingkat RW. Di sinilah aparatur di Pamor bergerak untuk memberikan pendampingan serta sosialisasi mengenai pentingnya KTP digital dan bagaimana manfaatnya. Kunci utamanya bagi Karya adalah sosialisasi secara personal kepada masyarakat agar proses peralihan ini dapat berjalan lancar di wilayah Bekasi Selatan.

[Baca Juga: Tak Miliki BPJS? Warga Kota Bekasi Bisa Manfaatkan KTP untuk Berobat]

Pembahasan KTP digital ini turut disinggung Plt Wali Kota Bekasi Tri Ardhianto kepada masyarakat yang hadir di Lagoon Car Free Day. Tri menyebut, dengan KTP digital yang sudah masuk ke dalam apps Identitas Kependudukan Digital maka masyarakat Kota Patriot akan lebih mudah mengakses beragam layanan yang ada. Contohnya adalah dari sisi akses layanan kesehatan BPJS, masyarakat sudah tak perlu membawa kartu BPJS dan ketika berada di faskes seperti rumah sakit atau puskesmas dengan cukup memperlihatkan KTP digital yang ada di apps tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.