Kecamatan Cilandak Terbitkan 101 IUMK untuk 5 Kelurahan 1.jpg

Bisnis

Kecamatan Cilandak Terbitkan 101 IUMK untuk 5 Kelurahan

Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UP PTSP) Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, telah menerbitkan 101 Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) sejak awal Januari hingga 26 Februari 2019.

Maklum, hingga awal September 2018, ribuan izin usaha mikro dan kecil atau IUMK telah diterbitkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta pada Desember 2018 tercatat telah menerbitkan 1.161 izin usaha mikro dan kecil (IUMK).

Kepala UP PTSP Kecamatan Cilandak Edi Riyanto, menjelaskan pihaknya telah menerbitkan 101 IUMK yang terbagi di lima kelurahan.

[Baca Juga: Lima Stasiun MRT Bakal Ada Lokasi UMKM]

Lima kelurahan tersebut terdiri dari Kelurahan Pondok Labu (13 IUMK), Kelurahan Cilandak Barat (10 IUMK), Kelurahan Cipete Selatan (13 IUMK), Kelurahan Gandaria Selatan (5 IUMK), dan yang terbanyak Kelurahan Lebak Bulus dengan total 60 IUMK. "IUMK ini sebagai tanda legalitas kepada seseorang atau pelaku usaha/kegiatan tertentu, dalam bentuk izin usaha mikro dan kecil," ujar Edi yang dilansir dari Beritajakarta.go.id (1/3/2019).

Edi menambahkan, legalitas usaha dari IUMK ini berlaku selama lima tahun. Dan diimbau kepada pemilik usaha untuk mengurus perizinannya sendiri, tidak menggunakan calo."Kami juga berharap kerja sama antara SKPD dan UKPD terkait, untuk merekomendasikan binaannya agar memiliki IUMK," tuturnya.

Kecamatan Cilandak Terbitkan 101 IUMK untuk 5 Kelurahan 2.jpg

Apa Itu IUMK?

IUMK sendiri ialah tanda legalitas kepada seseorang atau pelaku usaha/kegiatan tertentu dalam bentuk izin usaha mikro dan kecil dalam bentuk satu lembar.

Sebagai calon pengusaha, Anda tentu perlu memiliki IUMK karena surat ini berfungsi untuk memberikan kepastian hokum dan sarana pemberdayaan bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) dalam mengembangkan usahanya.

[Baca Juga: Program Mekaar Naikkan Kelas Usaha Nasabah]

Agar Anda memiliki IUMK, sebaiknya Anda memiliki prosedur sederhana, mudah dan cepat, keterbukaan informasi, serta kepastian hukum dan kenyamanan dalam usaha.

Setelah memiliki IUMK, Anda akan mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha dilokasi yang telah ditetapkan dan mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha.

Read More

Artikel Lainnya

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital.jpg

Kesehatan

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital

24 September 2020, 18:28

Dengan tren mengalihkan kegiatan kebugaran dari gym ke rumah di masa pandemi seperti sekarang, R Fitness baru-baru ini meluncurkan kelas digitalnya.

LanggananDisney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

Bisnis

Langganan Disney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

24 September 2020, 16:09

OVO sebagai platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka berkolaborasi dengan Disney+ Hotstar dan Spotify untuk memberikan kemudahan akses hiburan selama pandemi.

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia.jpg

Hobi dan Hiburan

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia

24 September 2020, 15:06

Usai sukses menggelar konser drive-in, Berlian Entertainment siap kembali menghadirkan konser dengan konsep unik di tengah pandemi COVID-19.

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation.jpg

Pendidikan

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation

24 September 2020, 14:08

Guru Digital dihadirkan Garena, YCAB Foundation dan DJ Alok demi mendorong keterampilan digital generasi muda di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.