Kecamatan Cilandak Terbitkan 101 IUMK untuk 5 Kelurahan 1.jpg

Bisnis

Kecamatan Cilandak Terbitkan 101 IUMK untuk 5 Kelurahan

Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UP PTSP) Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, telah menerbitkan 101 Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) sejak awal Januari hingga 26 Februari 2019.

Maklum, hingga awal September 2018, ribuan izin usaha mikro dan kecil atau IUMK telah diterbitkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta pada Desember 2018 tercatat telah menerbitkan 1.161 izin usaha mikro dan kecil (IUMK).

Kepala UP PTSP Kecamatan Cilandak Edi Riyanto, menjelaskan pihaknya telah menerbitkan 101 IUMK yang terbagi di lima kelurahan.

[Baca Juga: Lima Stasiun MRT Bakal Ada Lokasi UMKM]

Lima kelurahan tersebut terdiri dari Kelurahan Pondok Labu (13 IUMK), Kelurahan Cilandak Barat (10 IUMK), Kelurahan Cipete Selatan (13 IUMK), Kelurahan Gandaria Selatan (5 IUMK), dan yang terbanyak Kelurahan Lebak Bulus dengan total 60 IUMK. "IUMK ini sebagai tanda legalitas kepada seseorang atau pelaku usaha/kegiatan tertentu, dalam bentuk izin usaha mikro dan kecil," ujar Edi yang dilansir dari Beritajakarta.go.id (1/3/2019).

Edi menambahkan, legalitas usaha dari IUMK ini berlaku selama lima tahun. Dan diimbau kepada pemilik usaha untuk mengurus perizinannya sendiri, tidak menggunakan calo."Kami juga berharap kerja sama antara SKPD dan UKPD terkait, untuk merekomendasikan binaannya agar memiliki IUMK," tuturnya.

Kecamatan Cilandak Terbitkan 101 IUMK untuk 5 Kelurahan 2.jpg

Apa Itu IUMK?

IUMK sendiri ialah tanda legalitas kepada seseorang atau pelaku usaha/kegiatan tertentu dalam bentuk izin usaha mikro dan kecil dalam bentuk satu lembar.

Sebagai calon pengusaha, Anda tentu perlu memiliki IUMK karena surat ini berfungsi untuk memberikan kepastian hokum dan sarana pemberdayaan bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) dalam mengembangkan usahanya.

[Baca Juga: Program Mekaar Naikkan Kelas Usaha Nasabah]

Agar Anda memiliki IUMK, sebaiknya Anda memiliki prosedur sederhana, mudah dan cepat, keterbukaan informasi, serta kepastian hukum dan kenyamanan dalam usaha.

Setelah memiliki IUMK, Anda akan mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha dilokasi yang telah ditetapkan dan mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha.


Read More

Artikel Lainnya

Wow! Produk UMKM Jakarta Selatan Akan Dijajakan di Indom aret.jpg

Bisnis

Wow! Produk UMKM Jakarta Selatan Akan Dijajakan di Indomaret

28 January 2022, 15:07

Saat ini Pemkot Jakarta Selatan tengah melakukan kurasi terhadap produk UMKM di wilayahnya untuk mencari mana yang layak untuk dijual di mini market Indomaret.

Feng Shui Secara Logika

Properti dan Solusi

Datangkan Keberuntungan, Begini Dekorasi Rumah untuk Tahun Macan

28 January 2022, 14:05

Anda dapat membawa chi positif dengan membuat perubahan sederhana pada lingkungan dengan menyeimbangkan lima elemen Feng Shui.

Pakar Genetik UGM Gejala Omicron Tidak Jinak .jpg

Kesehatan

Pakar Genetik UGM: Gejala Omicron Tidak Jinak!

28 January 2022, 13:01

Menurut pakar genetik di UGM, masyarakat tidak bisa terus berasumsi bahwa Omicron gejalanya tidak berat, karena menurutnya penyakit ini bersifat tidak jinak.

Omicron di Jakarta Pusat Sentuh 35 Kasus,Irwandi Jangan Remehkant.jpg

Kesehatan

Omicron di Jakarta Pusat Sentuh 35 Kasus, Irwandi: Jangan Remehkan

28 January 2022, 11:01

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat meminta warganya untuk tak memandang sebelah mata Omicron dengan kasus di wilayahnya yang saat ini sudah mencapai 35 pasien.


Comments


Please Login to leave a comment.