Kecamatan Mustikajaya Gelar Festival Bedug Ke-14

Berita Kawasan

Kecamatan Mustikajaya Bekasi Gelar Festival Bedug Ke-14

Walau bulan Ramadhan sudah lewat, namun di Kota Bekasi, Festival Bedug tetap dilaksanakan. Biasanya dalam festival bedug, masyarakat melaksanakan takbir kelliling sembari membunyikan bedug. Pada tanggal 14 Juli lalu, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi kembali menggelar Festival Bedug. Festival ini sudah 14 kali digelar di Kota Bekasi. Festival bedug ini dilaksanakan di Lapangan Mini, Kecamatan Mustika Jaya.

Kegiatan rutin tahunan ini merupakan upaya melestarikan budaya Betawi di Kota Bekasi, mengingat pesatnya perkembangan zaman dan kemajuan teknologi di Indonesia. Perubahan ini membuat banyak generasi muda tidak mengenal budaya asalnya sendiri.

Kecamatan Mustikajaya Gelar Festival Bedug Ke-14

"Budaya bisa semakin tergerus, kalau di tengah perkembangan zaman tidak ada upaya melestarikannya. Namun melalui festival ini, kami harap dapat menumbuhkan rasa cinta akan kelestarian kebudayaan Bekasi, yaitu Betawi," kata Camat Mustikajaya Gutus Hermawan melansir dari bekasikota.go.id (15/7/2019).

Menurut Gutus, Festival Bedug ini bisa terselenggara berkat adanya gotong royong dari warga yang membuat persiapan secara swadaya untuk menghiasi bedug dan dondang.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Pusat Akan Jamu Warga di Lebaran Betawi]

Festival budaya ini menuai respon positif dari segala pihak. Masyarakat sekitar terlihat antusias untuk memadati lokasi acara. Festival ini dimeriahkan dengan beberapa kegiatan, salah satunya adalah parade yang yang diikuti masing-masing kelurahan di wilayah Kecamatan Mustika Jaya, yaitu Kelurahan Mustika Jaya, Kelurahan Mustikasari, Kelurahan Cimuning, dan Kelurahan Pedurenan.

Setiap kelurahan juga mendirikan booth berupa rumah tradisional Betawi dengan hiasan dan aksesori khasnya. Sekolah-sekolah di lingkungan Mustikajaya juga turut berpartisipasi memeriahkan kegiatan Festival Bedug ini.

Tak ketinggalan, Karang Taruna Mustika Jaya juga ikut turut serta menyuguhkan beberapa penampilan kesenian dengan keunikan tersendiri, mulai dari mawaris, tanjidor, rebana, pencak silat, hingga drum band.

[Baca Juga: Tim dari Pulau Harapan Raih Juara di Festival Bedug Kepulauan Seribu]

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi yang hadir pada saat itu mengatakan, Festival Bedug ini merupakan kegiatan melestarikan budaya yang dapat membangun karakter masyarakat Kota Bekasi agar lebih mencintai budayanya sendiri. "Ke depannya, semoga Festival Bedug tak hanya terselenggara di Mustika Jaya, tetapi juga kecamatan lain yang tentu bisa menggelar acara serupa," kata Rahmat.

Bukan hanya jadi ajang untuk melestarikan budaya, kegiatan ini juga sangat efektif untuk membuat masyarakat berkumpul dan mengenal sehingga terjadi silaturahmi.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ibu Selain di Rumah, Sosok Ibu Juga Harus Mampu Berkarya

Berita Kawasan

Hari Ibu: Kisah dan Dilema Dua Ibu Bekerja

12 December 2019, 09:00

Inilah pandangan hari ibu serta perannya di rumah dan dunia karier berdasarkan pengalaman Anna Leonita dan Heera Syahir Karim Vasandani.

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

Pendidikan

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

11 December 2019, 18:00

Ajak anak Anda menonton di bioskop saat usia dua tahun ke atas. Pada usia tersebut, sistem kekebalan tubuhnya sudah jauh lebih kuat.

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

Berita Kawasan

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

11 December 2019, 17:00

Kartu kartu multi trip ticket (MTT) dengan sebutan Jelajah diapresiasi warga. Tidak ada satu detik tap in atau tap out, pintu gerbang sudah terbuka.

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

Berita Kawasan

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

11 December 2019, 16:00

Mengulang prestasi dari tahun sebelumnya, Bekasi kembali raih penghargaan Kota Layak HAM di peringatan Hari HAM sedunia.


Comments


Please Login to leave a comment.