Kecamatan Pesanggrahan Jadi Pengumpul Zakat Terbanyak di Jakarta

Berita Kawasan

Kecamatan Pesanggrahan Jadi Pengumpul Zakat Terbanyak di Jakarta

Kepala Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) BAZIS Kota Administrasi Jakarta Selatan Yusdar menyebutkan, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Administrasi Jakarta Selatan, mencatatkan namanya sebagai kecamatan yang mendapatkan predikat pengumpul Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS) terbesar se-Provinsi DKI Jakarta pada 2018. Hal tersebut disebutkan pada acara Pendayagunaan Dana ZIS untuk para mustahik di wilayah Kecamatan Pesanggrahan pada 7 November 2019.

"Kecamatan yang didapuk sebagai pengumpul ZIS terbanyak se-DKI adalah Kecamatan Pesanggrahan. Karena berhasil mengumpulkan dana ZIS sebesar Rp 1.001.608.000 (satu miliar satu juta enam ratus delapan ribu rupiah)," kata Yusdar di Halaman Kantor Kecamatan Pesanggrahan seperti yang dilansir dari selatan.jakarta.go.id (8/11/2019).

[Baca Juga: Warga Tangerang Bisa Salurkan Zakat Melalui UPZ]

Yusdar mengucapkan, dirinya berharap pada tahun ini Kecamatan Pesanggrahan mampu mempertahankan predikat tersebut. "Semoga di tahun 2019 ini Kecamatan Pesanggrahan masih bisa mempertahankan dan meningkatkan pengumpulan ZIS," ujar Yusdar.

Camat Pesanggrahan Irpan Jauhari angkat suara mengenai predikat yang didapatkan kecamatannya. Menurutnya, keberhasilan ini merupakan hasil dari sinergi antara pihak kecamatan, dan kelurahan hingga di tingkat RT/RW. "Ini prestasi teman-teman di 2018. Mudah-mudahan tahun ini bisa melebihi dari tahun lalu," ujar Irpan.

BAZNAS sendiri merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.

[Baca Juga: LH Jakbar Luncurkan Barcode Sedekah Masjid]

Mengutip dari baznas.go.id, pengelolaan zakat dan peran BAZNAS di Indonesia semakin kuat berkat adanya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama. BAZNAS bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

BAZNAS sendiri tersebar di 34 provinsi dan terdapat 500 kantor respresentatif di Kabupaten/Kota. BAZNAS memiliki delapan tujuan, diantaranya mengoptimalkan penghimpunan ZIS dari kementerian, lembaga, instansi pemerintah, BUMN, BUMD, perusahaan swasta dan masyarakat sesuai peraturan perundangan, mengoptimalkan program pendistribusian dan pendayagunaan ZIS dengan melibatkan BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, LAZ dan berbagai institusi terkait untuk meningkatkan kesejahteraan mustahik, Menguatkan kapasitas, kapabilitas dan tata kelolal BAZNAS dan LAZ, dan lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.