Kecamatan Pesanggrahan Jadi Pengumpul Zakat Terbanyak di Jakarta

Berita Kawasan

Kecamatan Pesanggrahan Jadi Pengumpul Zakat Terbanyak di Jakarta

Kepala Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) BAZIS Kota Administrasi Jakarta Selatan Yusdar menyebutkan, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Administrasi Jakarta Selatan, mencatatkan namanya sebagai kecamatan yang mendapatkan predikat pengumpul Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS) terbesar se-Provinsi DKI Jakarta pada 2018. Hal tersebut disebutkan pada acara Pendayagunaan Dana ZIS untuk para mustahik di wilayah Kecamatan Pesanggrahan pada 7 November 2019.

"Kecamatan yang didapuk sebagai pengumpul ZIS terbanyak se-DKI adalah Kecamatan Pesanggrahan. Karena berhasil mengumpulkan dana ZIS sebesar Rp 1.001.608.000 (satu miliar satu juta enam ratus delapan ribu rupiah)," kata Yusdar di Halaman Kantor Kecamatan Pesanggrahan seperti yang dilansir dari selatan.jakarta.go.id (8/11/2019).

[Baca Juga: Warga Tangerang Bisa Salurkan Zakat Melalui UPZ]

Yusdar mengucapkan, dirinya berharap pada tahun ini Kecamatan Pesanggrahan mampu mempertahankan predikat tersebut. "Semoga di tahun 2019 ini Kecamatan Pesanggrahan masih bisa mempertahankan dan meningkatkan pengumpulan ZIS," ujar Yusdar.

Camat Pesanggrahan Irpan Jauhari angkat suara mengenai predikat yang didapatkan kecamatannya. Menurutnya, keberhasilan ini merupakan hasil dari sinergi antara pihak kecamatan, dan kelurahan hingga di tingkat RT/RW. "Ini prestasi teman-teman di 2018. Mudah-mudahan tahun ini bisa melebihi dari tahun lalu," ujar Irpan.

BAZNAS sendiri merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.

[Baca Juga: LH Jakbar Luncurkan Barcode Sedekah Masjid]

Mengutip dari baznas.go.id, pengelolaan zakat dan peran BAZNAS di Indonesia semakin kuat berkat adanya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama. BAZNAS bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

BAZNAS sendiri tersebar di 34 provinsi dan terdapat 500 kantor respresentatif di Kabupaten/Kota. BAZNAS memiliki delapan tujuan, diantaranya mengoptimalkan penghimpunan ZIS dari kementerian, lembaga, instansi pemerintah, BUMN, BUMD, perusahaan swasta dan masyarakat sesuai peraturan perundangan, mengoptimalkan program pendistribusian dan pendayagunaan ZIS dengan melibatkan BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, LAZ dan berbagai institusi terkait untuk meningkatkan kesejahteraan mustahik, Menguatkan kapasitas, kapabilitas dan tata kelolal BAZNAS dan LAZ, dan lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.