Kecamatan Pesanggrahan Jadi Pengumpul Zakat Terbanyak di Jakarta

Berita Kawasan

Kecamatan Pesanggrahan Jadi Pengumpul Zakat Terbanyak di Jakarta

Kepala Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) BAZIS Kota Administrasi Jakarta Selatan Yusdar menyebutkan, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Administrasi Jakarta Selatan, mencatatkan namanya sebagai kecamatan yang mendapatkan predikat pengumpul Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS) terbesar se-Provinsi DKI Jakarta pada 2018. Hal tersebut disebutkan pada acara Pendayagunaan Dana ZIS untuk para mustahik di wilayah Kecamatan Pesanggrahan pada 7 November 2019.

"Kecamatan yang didapuk sebagai pengumpul ZIS terbanyak se-DKI adalah Kecamatan Pesanggrahan. Karena berhasil mengumpulkan dana ZIS sebesar Rp 1.001.608.000 (satu miliar satu juta enam ratus delapan ribu rupiah)," kata Yusdar di Halaman Kantor Kecamatan Pesanggrahan seperti yang dilansir dari selatan.jakarta.go.id (8/11/2019).

[Baca Juga: Warga Tangerang Bisa Salurkan Zakat Melalui UPZ]

Yusdar mengucapkan, dirinya berharap pada tahun ini Kecamatan Pesanggrahan mampu mempertahankan predikat tersebut. "Semoga di tahun 2019 ini Kecamatan Pesanggrahan masih bisa mempertahankan dan meningkatkan pengumpulan ZIS," ujar Yusdar.

Camat Pesanggrahan Irpan Jauhari angkat suara mengenai predikat yang didapatkan kecamatannya. Menurutnya, keberhasilan ini merupakan hasil dari sinergi antara pihak kecamatan, dan kelurahan hingga di tingkat RT/RW. "Ini prestasi teman-teman di 2018. Mudah-mudahan tahun ini bisa melebihi dari tahun lalu," ujar Irpan.

BAZNAS sendiri merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.

[Baca Juga: LH Jakbar Luncurkan Barcode Sedekah Masjid]

Mengutip dari baznas.go.id, pengelolaan zakat dan peran BAZNAS di Indonesia semakin kuat berkat adanya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama. BAZNAS bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

BAZNAS sendiri tersebar di 34 provinsi dan terdapat 500 kantor respresentatif di Kabupaten/Kota. BAZNAS memiliki delapan tujuan, diantaranya mengoptimalkan penghimpunan ZIS dari kementerian, lembaga, instansi pemerintah, BUMN, BUMD, perusahaan swasta dan masyarakat sesuai peraturan perundangan, mengoptimalkan program pendistribusian dan pendayagunaan ZIS dengan melibatkan BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, LAZ dan berbagai institusi terkait untuk meningkatkan kesejahteraan mustahik, Menguatkan kapasitas, kapabilitas dan tata kelolal BAZNAS dan LAZ, dan lainnya.

Read More

Artikel Lainnya

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

Pendidikan

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

15 December 2019, 16:00

Workshop Inovasi Pendidikan bertujuan ingin menyamakan persepsi tentang perbedaan karakteristik pembelajaran terhadap peserta didik.

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

Berita Kawasan

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

15 December 2019, 15:00

Banyak fasilitas umum gratis disediakan di Taman Utan Jati. Warga setempat bisa menikmatinya kapan pun secara gratis.

Review Knives Out Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

Berita Kawasan

Review Knives Out: Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

15 December 2019, 14:00

Bukan hanya jual nama artis-artis besar, film Knives Out juga menghibur dengan plot yang sudah jarang ditemui. Inilah pilihan terbaik film akhir tahun untuk Anda.

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

Properti dan Solusi

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

15 December 2019, 13:00

Synthesis Development secara resmi mengadakan acara topping off untuk hunian kelas atas di wilayah Kemang, Jakarta Selatan.


Comments


Please Login to leave a comment.