Kecamatan Tamansari Sebut Wilayahnya Bebas Banjir.jpg

Berita Kawasan

Kecamatan Tamansari Sebut Wilayahnya Bebas Banjir

Pada 5 November 2020, Kecamatan Tamansari membahas mengenai mitigasi bencana banjir di depan para pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat, termasuk Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto. Pada pertemuan itu Camat Tamansari Risan H. Mustar mengklaim wilayahnya sebenarnya merupakan salah satu wilayah yang bebas dari bencana banjir. Namun ia tak memungkiri bahwa di Kecamatan Tamansari, titik-titik genangan masih acap kali terjadi ketika hujan turun.

Pada pemaparannya, Camat Tamansari menjelaskan, area yang rawan terjadi genangan di wilayahnya adalah di Jalan Pintu Besar Selatan, Tamansari Raya, Gajah Mada, Hayam Wuruk serta ruas Jalan Pangeran Jayakarta. Namun Risan menegaskan, genangan yang terjadi di wilayah tersebut tak berlangsung lama sehingga memicu banjir.

Kecamatan Tamansari Sebut Wilayahnya Bebas Banj ir.jpg

“Untuk soal genangan, itu sifatnya temporer, tidak tetap. Artinya, ketika hujan reda, lalu ada genangan, itu cepat surutnya,” tutur Risan di depan pejabat Pemkot Jakarta Barat di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jalan Kembangan Raya No.2, Kelurahan Kembangan Selatan, Kecamatan Kembangan, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (5/11/2020).

Namun jika memang terjadi banjir, Risan mengungkapkan bahwa pihaknya sudah mengambil langkah antisipasi dalam mengatasinya. Langkah ini dari mulai memastikan pompa air dalam keadaan baik seperti uang ada di Jalan Pangeran Jayakarta serta Pintu Air Tangki, kemudian posko pengungsian dan dapur umum pun telah disiapkan di masing-masing kelurahan di Jakarta Barat.

[Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan, RSUD Tamansari Luncurkan Dua Layanan Baru]

Uus Kuswanto mengapresiasi langkah kesiapan dari pihak Kecamatan Tamansari dalam mengantisipasi bencana banjir. Karena menurutnya, pertemuan dengan kecamatan ini sebenarnya berdasarkan arahan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait persiapan sarana dan prasarana dalam menghadapi musim hujan. Namun walau diklaim sudah bebas dari banjir, Wali Kota Jakarta Barat itu memiliki pesan untuk Kecamatan Tamansari dalam antisipasi genangan.

“Pak Camat juga bisa mengusulkan pembuatan kolam ulakan pada kantor kecamatan atau kelurahan, termasuk pada titik rawan genangan. Kolam ulakan ini berfungsi untuk menampung debit air hujan agar tidak langsung masuk ke saluran,” tambah Uus Kuswanto.

Permasalahan mengenai saluran air di wilayah Kecamatan Tamansari juga dibahas dalam pertemuan tersebut. Di mana beberapa kelurahan mengeluhkan mengenai saluran tersumbat sampah, pendangkalan, tertutup bangunan, sampai masalah koordinasi.

Salah satunya adalah yang diungkapkan Lurah Pinangsia Bing Selamet mengenai saluran air di kawasan Kota Tua Jakarta yang tepatnya berada di Jalang Cengkeh dan Lada. Di saluran ini terjadi penyumbatan serta mengeluarkan aroma tak sedap tapi pihak Kelurahan Pinangsia tak bisa sembarang mengatasinya karena keberadaan batu alam di yang tidak bisa dibongkar begitu saja. Pasalnya, Kota Tua Jakarta merupakan wilayah konservasi karena masuk kawasan world hertage. Dalam mengatasi ini Uus Kuswanto menyampaikan permasalahan ini membutuhkan koordinasi dengan banyak pihak untuk menyelesaikannya.

Read More

Artikel Lainnya

Kuliner Otentik di Restoran NSNTR untuk Rayakan Imlek

Kuliner

Kuliner Otentik di Restoran NSNTR untuk Rayakan Imlek

25 January 2021, 18:35

Para tamu dapat menikmati masakan Tionghoa autentik dan hidangan khas Indonesia sekaligus sebagai pengalaman kuliner yang unik di restoran NSNTR.

Depok Tingkatkan Kampanye Donor Plasma Konvalesen

Kesehatan

Depok Tingkatkan Kampanye Donor Plasma Konvalesen

25 January 2021, 17:39

Mohammad Idris mengatakan, pencanangan kampanye plasma konvalesen ini merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Penyelundupan 380 Burung Asal NTT ke Surabaya Digagalkan

Bisnis

Penyelundupan 380 Burung Asal NTT ke Surabaya Digagalkan

25 January 2021, 16:38

Sebanyak 380 ekor burung berkicau asal Ende, Nusa Tenggara Timur, gagal diselundupkan melalui Pelabuhan Tanjung Perak.

Aldiv Bahas Realitas Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Melalui Single Perdananya .jpg

Hobi dan Hiburan

Aldiv Bahas Realitas Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Melalui Single Perdananya

25 January 2021, 15:41

Penyanyi solo Aldiv secara resmi merilis single perdananya yang berisi curahan hati mengenai cinta yang bertepuk sebelah tangan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 months, 2 weeks lalu
    anisa

    QQHarian merupakan Website Best Betting Online Indonesia Terlengkap, Terpercaya, Terbaik, Terpopuler & Terbesar. Yang di dukung berbagai PROVIDER Ternama Dan Memberikan Promo Terbaru nya Ke semua member ( Baik Member Baru Maupun Member Setia QQHarian ) Untuk Game SPORTSBOOK ialah EVENT PESTA GOAL BONUS CUMA - CUMA IDR. 1.000.000,- Info lanjut QQHarian Buka Link Di Bawah 👇 = 🏹 ( <a href="https://qqharian.cc/" title="Best Betting Online" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) :) 🏹 https://biolinky.co/linkgameonline ( Link Alternatif QQHarian ) 🏹 https://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )