DKI Jakarta Akhirnya Melarang Penggunaan Plastik Belanja

Berita Kawasan

Kecamatan Tambun Selatan, Berkomitmen untuk Kurangi Sampah Plastik

Pada Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan atau Musrenbang yang diadakan pada 11 Februari lalu, Camat Tambun Selatan Junaefi mengatakan, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik. Hal ini diutarakan mengingat kejadian banjir di awal tahun 2020 termasuk kategori yang paling parah.

Junaefi berharap di sepanjang Kali Jambe menuju Kecamatan Tambun Utara dapat dibangun badan jalan, seperti yang ada di Banjir Kanal Timur (BKT). Hal ini diharapkan agar pengelolaan sampah sepanjang Kali Jambe dapat dijaga oleh seluruh lapisan masyarakat.

Kecamatan Tambun Selatan, Berkomitmen Untuk Kurangi Sampah Plastik

Junaefi juga menuturkan, ada beberapa program yang jadi prioritas di Kecamatan Tambun Selatan, yakni pengurangan sampah plastik, normalisasi kali, pengadaan sumur resapan, lubang biopori, serta infrastruktur.

Untuk mewujudkan hal tersebut, di setiap sekolah yang ada di Kabupaten Bekasi sudah diwajibkan para siswanya untuk membawa tempat makan dan minum sendiri. Agar rencana ini dapat terwujud, Junaefi menyebutkan, agar program ini dapat dukungan dari Pemkab untuk mendapatkan fasilitas berupa tempat untuk mencuci alat makan yang dibawa siswa.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Siap Galakkan Pengurangan Sampah Plastik]

Mengutip dari humas.bekasikab.go.id (12/2/2020), Junaefi juga berharap adanya pengadaan pohon khas seperti pohon kecapi, pohon jamblang, atau pun pohon jengkol. Pasalnya, pohon-pohon tersebut sekarang sudah sulit ditemukan keberadaannya di Kabupaten Bekasi.

“Saya mengapresiasi pengurangan sampah plastik di sini, karena sudah adanya komitmen yang kuat baik di setiap desa maupun di setiap sekolah yang ada,” ucap Uju.

Kecamatan Tambun Selatan, Berkomitmen Untuk Kurangi Sampah Plastik

Uju melanjutkan, masalah sampah di Kabupaten Bekasi memang sudah jadi perhatian Pemkab, mengingat volume sampah di Kabupaten Bekasi sudah memasuki kategori darurat. Dalam sehari saja, total sampah mencapai 2.000 ton, padahal Pemkab hanya mampu mengangkut 800 ton sampah dalam sehari.

“Lalu sisa sampah lainnya ke mana? Di sungai? Di jalan? Atau di mana? Ini yang menjadi perhatian kami,” ujar Uju.

[Baca Juga: Pengorbanan Dimas Bagus Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar]

Karena Kecamatan Tambun Selatan merupakan kecamatan dengan penduduk terbanyak di Kabupaten Bekasi, usulan-usulan yang diberikan oleh Camat diharapkan dapat segera di proses, khususnya dalam hal lingkungan guna membangun Kabupaten Bekasi yang lebih baik lagi.

Menutup Musrenbang, Junaefi membagikan botol minum kepada beberapa perwakilan siswa sebagai simbolis kuatnya komitmen pengurangan sampah plastik yang akan dilakukan.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.