DKI Jakarta Akhirnya Melarang Penggunaan Plastik Belanja

Berita Kawasan

Kecamatan Tambun Selatan, Berkomitmen untuk Kurangi Sampah Plastik

Pada Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan atau Musrenbang yang diadakan pada 11 Februari lalu, Camat Tambun Selatan Junaefi mengatakan, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik. Hal ini diutarakan mengingat kejadian banjir di awal tahun 2020 termasuk kategori yang paling parah.

Junaefi berharap di sepanjang Kali Jambe menuju Kecamatan Tambun Utara dapat dibangun badan jalan, seperti yang ada di Banjir Kanal Timur (BKT). Hal ini diharapkan agar pengelolaan sampah sepanjang Kali Jambe dapat dijaga oleh seluruh lapisan masyarakat.

Kecamatan Tambun Selatan, Berkomitmen Untuk Kurangi Sampah Plastik

Junaefi juga menuturkan, ada beberapa program yang jadi prioritas di Kecamatan Tambun Selatan, yakni pengurangan sampah plastik, normalisasi kali, pengadaan sumur resapan, lubang biopori, serta infrastruktur.

Untuk mewujudkan hal tersebut, di setiap sekolah yang ada di Kabupaten Bekasi sudah diwajibkan para siswanya untuk membawa tempat makan dan minum sendiri. Agar rencana ini dapat terwujud, Junaefi menyebutkan, agar program ini dapat dukungan dari Pemkab untuk mendapatkan fasilitas berupa tempat untuk mencuci alat makan yang dibawa siswa.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Siap Galakkan Pengurangan Sampah Plastik]

Mengutip dari humas.bekasikab.go.id (12/2/2020), Junaefi juga berharap adanya pengadaan pohon khas seperti pohon kecapi, pohon jamblang, atau pun pohon jengkol. Pasalnya, pohon-pohon tersebut sekarang sudah sulit ditemukan keberadaannya di Kabupaten Bekasi.

“Saya mengapresiasi pengurangan sampah plastik di sini, karena sudah adanya komitmen yang kuat baik di setiap desa maupun di setiap sekolah yang ada,” ucap Uju.

Kecamatan Tambun Selatan, Berkomitmen Untuk Kurangi Sampah Plastik

Uju melanjutkan, masalah sampah di Kabupaten Bekasi memang sudah jadi perhatian Pemkab, mengingat volume sampah di Kabupaten Bekasi sudah memasuki kategori darurat. Dalam sehari saja, total sampah mencapai 2.000 ton, padahal Pemkab hanya mampu mengangkut 800 ton sampah dalam sehari.

“Lalu sisa sampah lainnya ke mana? Di sungai? Di jalan? Atau di mana? Ini yang menjadi perhatian kami,” ujar Uju.

[Baca Juga: Pengorbanan Dimas Bagus Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar]

Karena Kecamatan Tambun Selatan merupakan kecamatan dengan penduduk terbanyak di Kabupaten Bekasi, usulan-usulan yang diberikan oleh Camat diharapkan dapat segera di proses, khususnya dalam hal lingkungan guna membangun Kabupaten Bekasi yang lebih baik lagi.

Menutup Musrenbang, Junaefi membagikan botol minum kepada beberapa perwakilan siswa sebagai simbolis kuatnya komitmen pengurangan sampah plastik yang akan dilakukan.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.