Kecanduan Media Sosial Nggak Enak, Ini Keuntungan Puasa Media Sosial

Kesehatan

Kecanduan Media Sosial Nggak Enak, Ini Keuntungan Puasa Medsos

Media sosial sumber segala informasi tersedia di sana. Bahkan kita bisa dengan mudahnya terhubung dengan orang lain. Meski begitu, media sosial juga dapat memberikan pengaruh buruk bagi kehidupan kita. Untuk itu, kecanduan media sosial tidaklah baik. Jika Anda bisa puasa atau detoks media sosial selama beberapa bulan, banyak keuntungan yang akan Anda rasakan pada hidup Anda. Terutama tentang kesehatan mental Anda. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut keuntungan puasa media sosial.

[Baca Juga: Inilah Beberapa Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Anda]

  1. Mengurangi Depresi

Kebanyakan orang yang menggunakan media sosial akan membandingkan dirinya dengan kehidupan orang lain. Merasa iri dan menjadi resah bahwa yang dimiliki orang lain ternyata tidak Anda miliki.

Misalnya, jika orang yang Anda kenal telah menikah dan memiliki anak, tetapi Anda masih lajang, Anda mungkin akan merasa terisolasi dan kesepian. Hal ini bisa menyebabkan depresi yang serius bagi sebagian orang. Cara untuk mengurangi rasa iri adalah dengan tidak lagi main media sosial.

2. Meningkatkan Mood Baik

Penelitian telah menemukan bahwa semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk media sosial, semakin besar kemungkinan Anda mengalami depresi. Bila Anda merasa sangat cemas, stres atau tertekan, inilah saat yang tepat untuk menjauhi media sosial dari hidup Anda. Awalnya mungkin akan terasa berat meninggalkan media sosial. Namun, percayalah, suasana hati Anda secara keseluruhan akan mulai membaik saat Anda menjauh dari media sosial.

3. Bahagia dengan Dunia Nyata

Kita semua masih membutuhkan kontak manusia secara langsung. Sayangnya, orang-orang yang menghabiskan banyak waktu melalui media sosial merasakan kesepian dan terisolasi dalam kehidupan nyata. Bila Anda seorang yang tidak suka bersosialisasi, Anda pun masih bisa terhubung dalam kehidupan nyata dengan pergi ke taman atau restoran favorit Anda dan Anda akan merasakan kebahagiaan yang sebenarnya.

4. Memanfaatkan Banyak Waktu Luang

Apakah Anda merasa tidak punya cukup waktu untuk berolahraga, membaca, atau membersihkan rumah? Bila Anda menjauhi media sosial akan membantu Anda mendapatkan kembali hampir 2 jam setiap harinya, di mana Anda dapat mencurahkan energi Anda untuk memanfaatkan banyak waktu luang.

Misalnya dengan berjalan selama 30 menit per hari menawarkan manfaat kesehatan fisik dan mental yang sangat besar, yang menjadikan penggunaan waktu Anda jauh lebih baik daripada bermain media sosial. Membereskan rumah juga akan mengurangi tingkat stres Anda.

[Baca Juga: Puasa Media Sosial di Tahun Baru]

Itulah empat keuntungan yang akan Anda dapatkan bila menjauhi media sosial dan tidak memainkannya lagi.


Read More

Artikel Lainnya

Ini Cara Maybank Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah di Tanah Ai r.jpg

Bisnis

Ini Cara Maybank Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah di Tanah Air

05 October 2022, 16:09

Maybank turut mendukung upaya pemerintah dalam menumbuhkan ekonomi syariah di Indonesia dan ini dilakukan melalui salah satu unit usahanya yang bernama UUS.

Besok! Infinix Indonesia Siap Rilis Produk Flagship Terbarunya.jpg

Hobi dan Hiburan

Besok! Infinix Indonesia Siap Rilis Produk Flagship Terbarunya

05 October 2022, 14:10

Pihak Infinix Indonesia akan merilis produk di segmen premiumnya pada 6 Oktober 2022 dengan konten kreator serta para multitasker yang jadi target pasarnya.

2 Minggu Sekali! Warga Kota Bandung Dapat Layanan KB MKJP Gratis.jpg

Kesehatan

2 Minggu Sekali! Warga Kota Bandung Dapat Layanan KB MKJP Gratis

05 October 2022, 10:41

Bagi Anda warga Kota bandung yang sudah berkeluarga dan mempertimbangkan untuk mengikuti program KB maka bisa memanfaatkan program gratis ini.

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.


Comments


Please Login to leave a comment.