Kecanduan Media Sosial Nggak Enak, Ini Keuntungan Puasa Media Sosial

Kesehatan

Kecanduan Media Sosial Nggak Enak, Ini Keuntungan Puasa Medsos

Media sosial sumber segala informasi tersedia di sana. Bahkan kita bisa dengan mudahnya terhubung dengan orang lain. Meski begitu, media sosial juga dapat memberikan pengaruh buruk bagi kehidupan kita. Untuk itu, kecanduan media sosial tidaklah baik. Jika Anda bisa puasa atau detoks media sosial selama beberapa bulan, banyak keuntungan yang akan Anda rasakan pada hidup Anda. Terutama tentang kesehatan mental Anda. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut keuntungan puasa media sosial.

[Baca Juga: Inilah Beberapa Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Anda]

  1. Mengurangi Depresi

Kebanyakan orang yang menggunakan media sosial akan membandingkan dirinya dengan kehidupan orang lain. Merasa iri dan menjadi resah bahwa yang dimiliki orang lain ternyata tidak Anda miliki.

Misalnya, jika orang yang Anda kenal telah menikah dan memiliki anak, tetapi Anda masih lajang, Anda mungkin akan merasa terisolasi dan kesepian. Hal ini bisa menyebabkan depresi yang serius bagi sebagian orang. Cara untuk mengurangi rasa iri adalah dengan tidak lagi main media sosial.

2. Meningkatkan Mood Baik

Penelitian telah menemukan bahwa semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk media sosial, semakin besar kemungkinan Anda mengalami depresi. Bila Anda merasa sangat cemas, stres atau tertekan, inilah saat yang tepat untuk menjauhi media sosial dari hidup Anda. Awalnya mungkin akan terasa berat meninggalkan media sosial. Namun, percayalah, suasana hati Anda secara keseluruhan akan mulai membaik saat Anda menjauh dari media sosial.

3. Bahagia dengan Dunia Nyata

Kita semua masih membutuhkan kontak manusia secara langsung. Sayangnya, orang-orang yang menghabiskan banyak waktu melalui media sosial merasakan kesepian dan terisolasi dalam kehidupan nyata. Bila Anda seorang yang tidak suka bersosialisasi, Anda pun masih bisa terhubung dalam kehidupan nyata dengan pergi ke taman atau restoran favorit Anda dan Anda akan merasakan kebahagiaan yang sebenarnya.

4. Memanfaatkan Banyak Waktu Luang

Apakah Anda merasa tidak punya cukup waktu untuk berolahraga, membaca, atau membersihkan rumah? Bila Anda menjauhi media sosial akan membantu Anda mendapatkan kembali hampir 2 jam setiap harinya, di mana Anda dapat mencurahkan energi Anda untuk memanfaatkan banyak waktu luang.

Misalnya dengan berjalan selama 30 menit per hari menawarkan manfaat kesehatan fisik dan mental yang sangat besar, yang menjadikan penggunaan waktu Anda jauh lebih baik daripada bermain media sosial. Membereskan rumah juga akan mengurangi tingkat stres Anda.

[Baca Juga: Puasa Media Sosial di Tahun Baru]

Itulah empat keuntungan yang akan Anda dapatkan bila menjauhi media sosial dan tidak memainkannya lagi.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.