Keday Kado 2.jpg

Bisnis

Keday Kado dari Desain Alam Sebagai Rumah Kenangan

Kota Batu dan beragam jenis tumbuhan sebaga wajah agrowisata pun dapat digubah sebagai kado artistik. Sebagai ruang kreasi workshop seni rupa, Keday Kado pun menyulap nukilan tumbuhan agrowisata di Kota Batu sebagai kado unik. Berawal dari hobi mengpulkan dedaunan di berbagai spot Kota Batu, jadilah sebuah baju dengan bercak daun itu. Dengan harga mulai dari Rp75.000 sebuah kaus berakulturasi dengan dedaunan pun bisa didapatkan di Keday Kado.

Studio Seni bernama Keday Kado ini tidak mau dikatakan sedang berkesenian. Dengan papan nama dan slogan di ruang kreatif, mereka lebih suka disebut sebagai toko oleh-oleh. Namun demikian, berbeda dengan toko oleh-oleh yang berjualan produk dengan brand atau penampang visual kolektif, di Keday Kado hal itu tidak akan pernah ditemukan.

Pada salah satu rak yang menampangkan masker motif daun, semua letak aksen daunnya berbeda. Ada yang sengaja dibuat sebagai corak mulut, ilustrasi insang dari daun, dan sebagainya. Untuk masker bercorak ini, Keday Kado membandrolnya dengan harga Rp17.500.

Keday Kado 1.jpg

Dari masker kain itu, pengunjung bisa berkeliling di Keday Kado dan melihat banyak lukisan abstrak. Sebagian besar lukisan-lukisan itu dibuat peserta workshop di Keday Kado. Dengan sebuah perjanjian hak cipta dan hak jual, setiap peserta workshop boleh memilih untuk memajang karyanya dengan harga sesuai keinginannya. Pilihan ini didapatkan dengan membayar sewa galeri Keday Kado yang sudah termasuk dalam harga paket workshop per orang, yakni Rp125.000. Selain pilihan tersebut, peserta workshop juga dapat berbagi hasil dengan Keday Kado dalam menjual hasil karyanya. Dengan proses ini harga workshop tetap sama, tetapi tidak ada batasan berapa jumlah karya yang akan dijual. Proses pemasaran dan penjadwalan eksibisi dilakukan oleh pengembang Keday Kado.

PingPoint di sini kembali menyoroti kado fashion dari Keday Kado. Para pembeli baju boleh membawa daun, kelopak bunga, atau buah kering ke Keday Kado untuk mengkreasikan sendiri oleh-oleh yang dibeli. Dalam hal ini pembeli hanya perlu membayar harga baju polos yang hendak dibeli dengan kisaran harga dari Rp30.000 sampai Rp65.000. Sementara itu, proses kreatif yang dilakukan di Keday Kado seperti penggunaan cat dan pengawalan dari artisan boleh dibayar secara sukarela.

"Ini seniman yang berani memberi harga. Mantep tenan. Dari Keday Kado kita belajar berkesenian sederhana dan memiliki nilai ekonomis. Lanjutkan!" terang Hedi Hariyanto, seorang perupa yang sering nongkrongin pameran Keday Kado di Galeri Raos Kota Batu.


Read More

Keday Kado

Jual karya-karya ilustrasi daun dan tanaman lainnya untuk dijadikan suvenir.

None
None

Artikel Lainnya

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.

Bogor Street Festival CGM 2023 Lebih Meriah, Jangan Sampai Ketinggalan

Berita Kawasan

Bogor Street Festival CGM 2023 Lebih Meriah, Jangan Sampai Ketinggalan!

01 February 2023, 13:56

Bogor Street Festival Cap Go Meh yang akan digelar pada 5 Februari mendatang, selain memberikan keberkahan dalam hal ekonomi, juga menjadi simbol kebersamaan dan persatuan.

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.


Comments


Please Login to leave a comment.