Kedubes Belanda Gelar Pameran Kolaborasi Desainer Dua Negara

Berita Kawasan

Kedubes Belanda Gelar Pameran Kolaborasi Desainer Dua Negara

Pihak Kedutaan Besar Belanda (Kedubes) bersama dengan organisasi Dutch Culture, dan Dutch Design Foundation mengadakan proyek semenjak Oktober 2018. Di mana lima desainer asal Indonesia dipilih untuk bekerjasama dengan para desainer dari Belanda untuk merealisasikan visi para desainer dalam menciptakan karya yang dipandang bermanfaat untuk sustainable Society atau masyarakat yang berkelanjutan di Nusantara. Akhirnya pada Selasa (14/5/2019), hasil karya kolaborasi dua negara tersebut dipamerkan ke publik.

Pameran yang dinamakan What if Lab: Design for a Sustainable Society itu diawali dengan berbuka bersama untuk para desainer serta tamu undangan yang hadir di Erasmus Huis. Kemudian, Wakil Ketua Budaya dan Komunikasi Kedubes Belanda, Joyce Nijssen membuka pameran dengan menjelaskan bahwa proyek What if Lab bertujuan untuk mendorong pertukaran budaya serta inspirasi antara desainer Indonesia dan Belanda.

[Baca Juga: Dubes Belanda Apresiasi Pemilu 2019 di Indonesia]

Kedubes Belanda Gelar Pameran Kolaborasi Desainer Dua Negara

“Kita meminta kepada para desainer asal Indonesia untuk menentukan tema yang menurut mereka penting, kemudian kelima desainer itu mendapatkan lima tema yang berbeda. Lalu kami ke Belanda untuk mencari lima desainer dan memanfaatkan pengetahuan mereka terkait proyek mereka di Belanda untuk menambah pengetahuan para desainer di Indonesia,” jelas perwakilan dari Dutch Design Foundation Dries van Wagenberg kepada PingPoint.co.id di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Keseruan King's Day Celebration 2019 di Erasmus Huis]

Pada pembukaannya, Nijssen juga menyempatkan untuk mengenalkan kelima desainer serta proyek yang mereka kerjakan selama enam bulan terakhir bersama para desainer Belanda. Para desainer itu terdiri dari:

  • Kamil Muhammad dan Joes serta Manon dengan proyek Lingkungan yang Tangguh
  • Vivian Maretina serta Marleen van Bergeijk dengan proyek Udara Bersih
  • Darina Maulana serta Mitchel Jacobs dengan proyek Pendidikan Berkelanjutan
  • Nidiya Kusmaya serta Karin Vlug dengan proyek Alternatif Berbasis Bio
  • Terakhir adalah Ronaldiaz Hartanto serta Iwan Pol dengan proyek Material Terbarukan

Kedubes Belanda Gelar Pameran Kolaborasi Desainer Dua Negara

Wagenberg menyampaikan, harapannya agar desain yang sudah dikerjakan beberapa bulan oleh para desainer dari kedua negara dapat diimplementasikan. Pasalnya, ia memandang proyek-proyek yang dipamerkan di acara yang digelar dari 8 – 30 Mei 2019 di Erasmus Huis itu sudah berada di tahapan purwarupa dan memang ditujukan untuk pembangunan masyarakat di Indonesia yang berkelanjutan.

[Baca Juga: Mengintip Kuliner Khas Belanda, Maatjes Herring]

“Kami menunggu pihak pemerintah pusat dan pemerintah setempat untuk datang dan berbicara dengan para desainer agar dapat membawanya (proyek-red) ke tahapan selanjutnya,” tambah Wagenberg.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.