Kedubes Belanda Gelar Pameran Kolaborasi Desainer Dua Negara

Berita Kawasan

Kedubes Belanda Gelar Pameran Kolaborasi Desainer Dua Negara

Pihak Kedutaan Besar Belanda (Kedubes) bersama dengan organisasi Dutch Culture, dan Dutch Design Foundation mengadakan proyek semenjak Oktober 2018. Di mana lima desainer asal Indonesia dipilih untuk bekerjasama dengan para desainer dari Belanda untuk merealisasikan visi para desainer dalam menciptakan karya yang dipandang bermanfaat untuk sustainable Society atau masyarakat yang berkelanjutan di Nusantara. Akhirnya pada Selasa (14/5/2019), hasil karya kolaborasi dua negara tersebut dipamerkan ke publik.

Pameran yang dinamakan What if Lab: Design for a Sustainable Society itu diawali dengan berbuka bersama untuk para desainer serta tamu undangan yang hadir di Erasmus Huis. Kemudian, Wakil Ketua Budaya dan Komunikasi Kedubes Belanda, Joyce Nijssen membuka pameran dengan menjelaskan bahwa proyek What if Lab bertujuan untuk mendorong pertukaran budaya serta inspirasi antara desainer Indonesia dan Belanda.

[Baca Juga: Dubes Belanda Apresiasi Pemilu 2019 di Indonesia]

Kedubes Belanda Gelar Pameran Kolaborasi Desainer Dua Negara

“Kita meminta kepada para desainer asal Indonesia untuk menentukan tema yang menurut mereka penting, kemudian kelima desainer itu mendapatkan lima tema yang berbeda. Lalu kami ke Belanda untuk mencari lima desainer dan memanfaatkan pengetahuan mereka terkait proyek mereka di Belanda untuk menambah pengetahuan para desainer di Indonesia,” jelas perwakilan dari Dutch Design Foundation Dries van Wagenberg kepada PingPoint.co.id di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Keseruan King's Day Celebration 2019 di Erasmus Huis]

Pada pembukaannya, Nijssen juga menyempatkan untuk mengenalkan kelima desainer serta proyek yang mereka kerjakan selama enam bulan terakhir bersama para desainer Belanda. Para desainer itu terdiri dari:

  • Kamil Muhammad dan Joes serta Manon dengan proyek Lingkungan yang Tangguh
  • Vivian Maretina serta Marleen van Bergeijk dengan proyek Udara Bersih
  • Darina Maulana serta Mitchel Jacobs dengan proyek Pendidikan Berkelanjutan
  • Nidiya Kusmaya serta Karin Vlug dengan proyek Alternatif Berbasis Bio
  • Terakhir adalah Ronaldiaz Hartanto serta Iwan Pol dengan proyek Material Terbarukan

Kedubes Belanda Gelar Pameran Kolaborasi Desainer Dua Negara

Wagenberg menyampaikan, harapannya agar desain yang sudah dikerjakan beberapa bulan oleh para desainer dari kedua negara dapat diimplementasikan. Pasalnya, ia memandang proyek-proyek yang dipamerkan di acara yang digelar dari 8 – 30 Mei 2019 di Erasmus Huis itu sudah berada di tahapan purwarupa dan memang ditujukan untuk pembangunan masyarakat di Indonesia yang berkelanjutan.

[Baca Juga: Mengintip Kuliner Khas Belanda, Maatjes Herring]

“Kami menunggu pihak pemerintah pusat dan pemerintah setempat untuk datang dan berbicara dengan para desainer agar dapat membawanya (proyek-red) ke tahapan selanjutnya,” tambah Wagenberg.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.