Kedubes Prancis Gelar Konser Musik Prancis-Sunda di Aula Simfonia

Hobi dan Hiburan

Kedubes Prancis Gelar Konser Musik Prancis-Sunda di Aula Simfonia

Sudah selama 70 tahun negara Prancis dan Indonesia menjalin hubungan diplomatik. Dengan kedua negara yang berhasil membangun harmoni dalam hubungannya. Dari harmoni inilah, Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis memutuskan untuk menggelar konser musik klasik yang menjadi gambaran bagaimana perjalanan dua budaya dari negara yang berbeda dapat saling bekerjasama.

Menariknya, konser ini menggabungkan budaya Prancis dan Indonesia dengan kolaborasi antara kelompok kwintet musik tiup Le Concert Impromptu dan kelompok seni Sunda Simpay Panaratas.

Kedubes Prancis Gelar Konser Musik Prancis-Sunda di Aula Simfonia

Konser yang digelar pada 8 Februari 2020 di Gedung JS Bach Recital Hall Aula Simfonia ini merupakan hasil kerja sama antara Institut Francais Indonesia (IFI) sebagai perwakilan Kedubes Prancis di Jakarta dengan Aula Simfonia. Di mana konser ini mempertemukan dua kelompok musisi yang beraliran berbeda.

Kelompok musisi yang datang jauh-jauh dari Prancis adalah Le Concert Impromptu yang memang sudah manggung secara internasional sejak tahun 1991. Dengan anggotanya terdiri dari Yves Charpentier (flute), Violaine Dufes (oboe), Jean-Christophe Murer (clarinet), Antonin Bonal (cor), dan Pierrer Baffus (basson).

[Baca Juga: Berjejaring dengan Seniman Belanda di Erasmus Huis Dance Event]

Le Concert Impromptu disebut telah bergerak dari Kota Paris menuju Tokyo, Johannesburg, Rio de Janeiro, hingga sekarang ke Jakarta, kelompok kwintet ini disebut-sebut sebagai “duta besar” musik Prancis di dunia. Apalagi ini dipicu dengan genre yang mereka bawa di atas panggung yang dikenal dengan istilah Cross Opera.

Melalui genre tersebut, Le Concert Impromptu mampu berkolaborasi dengan seniman interdisiplin seperti salah satunya ketika mereka tampil di Kota New York. Hal inilah yang membuat kelompok musisi ini mampu tampil bersama sepanggung dengan kelompok ansambel Simpay Paranatas demi merayakan 70 tahun diplomasi Indonesia-Prancis.

Kedubes Prancis Gelar Konser Musik Prancis-Sunda di Aula Simfonia

Kelompok Simpay Paranatas sendiri hadir dengan Dedy Hernawan sebagai pimpinan yang sudah dikenal sebagai sosok yang kerap membawa musik Sunda ke audien internasional. Dari mulai Jerman, Belanda, sampai Spanyol sudah disambanginya untuk memperlihatkan eksistensi seni Sunda.

Pada penampilan di Aula Simfonia Jakarta, Dedy membawa Devi Anggitaningrum untuk gamelan dan tarawangsa, Dessri Nur Ghaliyah untuk rebab Sunda Bung, Julaeha untuk kendang dan kecapi, Dikdik Pebriansyah untuk terompet dan suling, serta Yossef Fadhilah untuk tarawansa dan gamelan.

“Sebenarnya untuk garapan kali ini, masing-masing negara itu mempunyai beberapa repertoar. Dari musisi Prancis mempunyai beberapa repertoar, kami pun sama yang bersama-sama sebenarnya hanya di bagian akhir. Pada bagian akhir ada lagu Prancis yang kami coba respons dengan sistem musik yang kami punya.

#R]

Begitu pun ada lagu dari kami, dari Jawa Barat, Sabilulungan di mana mereka belajar sedikit pada kami dan akan memainkannya dengan alat musik yang mereka bawa,” ungkap Dedy kepada awak media di konferensi pers konser Le Concert Impromptu di Aula Simfonia Jakarta, RMCI Calvin Tower Lantai 24, Kemayoran, Jakarta Pusat (8/2/2020).

Pada konser ini terdapat 14 lagu yang dibawakan dengan setiap lagu yang hampir semuanya dimainkan secara bergantian. Seperti Les Indes Galantes yang dibawakan Le Concert Impromptu dan dilanjutkan dengan Ngalagena oleh Simpay Paranatas. Namun dua lagu terakhir yang justru sangat membuat semangat audien dengan kedua musisi saling berkolaborasi dengan alat musiknya masing-masing untuk membawakan Dase de Sauvages dan Sabilulungan.

[Baca Juga: Setelah 7 Bulan Rehat dari Musik, Raisa Gelar Konser Via VLive]


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 11 months lalu
    suki

    dupa88,net game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Kelly 2 years, 11 months lalu
    kelly

    Udah tau belum kalo main game bisa dapet hadiah hingga jutaan rupiah ? Buruan gabung di bola165,co mainkan game nya dan bawa pulang hadiah nya.