Kegembiraan Lansia di Jati Padang Sambut Kartu Lansia Jakarta

Berita Kawasan

Kegembiraan Lansia di Jati Padang Sambut Kartu Lansia Jakarta

Banyak orang yang bilang, semakin tua usia, perilaku akan kembali menjadi anak-anak. hal ini membuat masyarakat lanjut usia atau lansia memiliki kesehatan fisik maupun mental yang membutuhkan penanganan khusus layaknya anak-anak.

Fase ini juga merupakan tahap akhir dari keseluruhan rentang perkembangan manusia dan pengelompokkan umur lansia. Penurunan kualitas fisik dan mental lansia ini tentu memengaruhi individu dan lingkungannya. Terkadang banyak keluarga yang mengabaikan kebutuhan lansia karena keterbatasan biaya.

Maka dari itu, karena timbulnya masalah seperti ini, pemerintah menciptakan program untuk mensejahterakan lansia. Khususnya, pemberian KLJ ini berguna untuk pemenuhan kebutuhan dasar para lansia.

[Baca Juga: Selama 3 Bulan, 5.639 Kartu Pekerja Telah Didistribusikan]

Program tersebut adalaj Kartu Lansia Jakarta (KLJ). Dalam kehadirannya, masyarakat Lanjut Usia (Lansia) di Kota Administrasi Jakarta Selatan, menyambut dengan sangat gembira.

Salah satu warga Lansia yang tinggal di RW 05 Kelurahan Jati Padang Ani Suryani mengaku senang lantaran telah memiliki kartu tersebut. Menurutnya kartu tersebut sangat membantu dirinya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. "Kartu ini sangat membantu. Dana yang diberikan lewat kartu ini akan saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, maupun ditabung seandainya ada keperluan mendesak," katanya saat menerima KLJ di Kantor Kecamatan Pasar Minggu (24/4/2019).

[Baca Juga: Sudahkah Anda Miliki Kartu Pekerja?]

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (26/4/2019), Ani juga menyebutkan selama ini dirinya bergantung kepada anaknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. "Saya tidak memiliki dana pensiun. Maka dari itu, karena adanya dana dari KLJ, saya sangat bersyukur, tidak harus meminta uang kepada anak saya. Kini saya bahkan bisa menabung," katanya.

Data sementara menyebutkan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan telah membagikan 7.057 Kartu Lansia Jakarta (KLJ) di sepuluh kecamatan wilayah Jakarta Selatan.

Para lansia yang memegang KLJ ini, akan menerima Rp600 ribu setiap bulan. Namun, bantuan tersebut dikirimkan akan dikirimkan ke rekening tertuju dalam tiga bulan sekali, sehingga saat dana turun para lansia akan menerima dana dengan total Rp1,8 juta.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Tekankan Pentingnya Gizi Seimbang]

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali menjelaskan mengenai, kriteria penerima saat membuka acara Pendistribusian KLJ di Halaman Kantor Kecamatan Pasar Minggu. Menurutnya, penerima bantuan sosial KLJ tersebut adalah tidak memiliki penghasilan tetap dan telah berusia 60 tahun atau lebih. Marulla menambahkan, "Kriteria lain adalah terlantar secara psikis maupun sosial dan memiliki KTP Provinsi DKI Jakarta," ujarnya.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.