Tingkatkan Minat Baca, Kegiatan Literasi Diadakan di Taman Suropati

Berita Kawasan

Kegiatan Literasi di Taman Suropati Tingkatkan Minat Baca

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-492 DKI Jakarta, Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (Dipusip) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Komunitas Fun Garden Of Literacy (FGL) menggelar kegiatan literasi di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat.

Dikatakan Kepala Dispuspip DKI Jakarta Wahyu Haryadi, kegiatan dengan mengusung tema Menggali Bakal dan Mengapresiasi Anak ini merupakan upaya pihaknya dalam menggiatkan kegiatan literasi. "Ini merupakan upaya kita untuk menggiatkan kegiatan literasi di seluruh lini di masyarakat," ujar Wahyu seperti dikutip dari Berita Jakarta (22/6/2019).

Tingkatkan Minat Baca, Kegiatan Literasi Diadakan di Taman Suropati

Wahyu menjelaskan, acara yang diikuti lebih dari 100 anak bersama pendamping ini diawali dengan menbaca buku bersama di perpustakaan keliling Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip Jakarta Pusat. Selanjutnya diisi dengan beragam aktivitas yang menarik seperti memainkan permainan tradisional Engklek. Kemudian keranjang bolong yang mengajarkan anak untuk bekerja keras dan berlaku jujur.

[Baca Juga: Selama Maret 2019, Dispusip DKI Angkat Tema Sebulan Sastra Literasi]

Ada pula permainan yang melatih kekompakan seperti bermain laba-laba gundu, tap jongkok dan permainan anak lainnya. Saat anak sedang bermain, para orangtua diajak mengikuti seputar minat dan bakat anak bersama Psikolog Anak Iriani Indrihapsari. "Ketika anak asyik bermain, para orangtua diajak mengikuti talk show seputar minat bakat anak dengan narasumber Psikolog Anak Iriani Indrihapsari dan dimoderatori Ketua FGL Palupi Mutiasih," sambungnya.

[Baca Juga: Berolahraga sekaligus Lepas Lelah di Taman Suropati]

Wahyu menambahkan, di dalam talk show tersebut, ada beragam hal didiskusikan bersama para orangtua mulai dari minat, bakat serta cara mengapresiasi bakat anak hingga menanamkan minat baca pada anak-anak. "Setelah talk show anak-anak diajak melihat pertunjukan sulap dari Didi Kardiman. Lalu setelah itu, 20 anak menampilkan bakat yang mereka miliki di depan teman-teman lainnya," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.