OTG jadi momok, Airin Sesalkan Prilaku Cuek warga1.jpg

Berita Kawasan

Kehadiran OTG Jadi Momok, Airin Sesalkan Prilaku Acuh Tak Acuh Warga

Tiga bulan sudah Indonesia tersandera pandemi COVID-19. Sejak kehadiran virus SARS-CoV-2 ini, masyarakat pun menjadi terkotak-kotak menjadi beberapa kelompok. Beberapa waktu belakangan muncul sebuah kelompok baru yang berjuluk orang tanpa gejala atau OTG.

Menurut Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, OTG adalah seseorang yang tidak bergejala tapi berisiko telah tertular dari pasien COVID-19. Selain itu, OTG juga memiliki kontak erat dengan kasus positif COVID-19.

Sama seperti orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan suspect virus Corona, OTG juga meresahkan pemerintah dan masyarakat, karena bisa menularkan virus Corona ke masyarakat, walaupun tidak memiliki gejala.

Yang tidak kalah penting, kita sendiri pun mungkin tidak mengetahui bahwa kita termasuk pada kelompok OTG, sehingga tanpa sadar menyebarkan virus kepada yang lain. Hal inilah yang menyebabkan badan kesehatan dunia World Health Organization (WHO) dan Kemenkes menganjurkan penggunaan masker ketika beraktivitas di luar rumah, untuk mencegah meningkatnya penyebaran

OTG jadi momok, Airin Sesalkan Prilaku Cuek warga2.jpg

Hal ini pun tengah menghantui Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany. Pasalnya, di wilayah yang dipimpinnya sudah terdeteksi kehadiran OTG. Dia pun menyebutnya sebagai ancaman nyata dalam proses penyebaran COVID-19. “Perlu diketahui bahwa tren dari Dinkes Tangsel, kita menemukan OTG adalah berusia 35-50 tahun," ujar Airin dikutip sindonews.com, Rabu (3/6/2020).

Ironisnya, sambung Airin, prilaku masyarakat yang terlihat masa bodoh dengan ancamana nyata tersebut makin memperbesar potensi meningkatnya penyebaran virus SARS-CoV-2. Sikap keras kepala warga saat hari raya Idul Fitri beberapa waktu lalu, disebut Airin sebagai contoh nyata dari pernyataanya itu.

"Kita melihat, perilaku masyarakat di Tangsel menjelang 4 hari Lebaran, budaya (Lebaran) lebih besar dibandingkan arti kesehatan. Bagaimana banyak yang pergi ke pasar, belanja tanpa khawatir ada lonjakan," tandasnya.

Terkait itu, juga dia mengingatkan warga Tangsel untuk lebih waspada dengan kehadiran pendatang setelah lebaran. Dia menegaskan, untuk mengantisipasi hanya ada dua cara yakni menaati pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan patuhi ketentuan—khususnya bagi pendatang—untuk memiliki Surat Izin Keluar-Masuk Wilayah (SIKM).

Selain dua hal itu, Airin mengaku akan tetap waspada dengan terus melakukan pemantauan terhadap pergerakan ODP, PDP, dan positif di Kota Tangsel. "Yang juga kita perlu antisipasi, setelah ini kan ada arus balik, yang kita tidak tahu berapa banyak orang yang akan datang ke Tangsel. Inilah yang harus kita antisipasi. Makanya PSBB harus diperpanjang," tuntas Airin.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 4 months lalu
    anisa

    Di saat masa2 pandemi virus corona ini tetap tenang & kuasai keadaan dgn cara #dirumahaja dan mainkan game online hanya di QQHARIAN (bisa lsg cari atau search di google ya guys) utk melawan rasa jenuh anda dan melawan virus corona yg menyerang saat ini

  • Emma 2 years, 4 months lalu
    emma

    Kecewa dengan agen betting yang pernah anda jumpai tidak sesuai expetasi, langsung bergabung bersama GAJITOTO saja yang pastinya tidak akan mengecewakan anda, dan berani memberikan banyak pilihan bonus sesuai yang anda inginkan, buktikan sekarang juga Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>