Keistimewaan Minyak Jojoba untuk Kecantikan Kulit

Kecantikan dan Fashion

Keistimewaan Minyak Jojoba untuk Kecantikan Kulit

Anda mungkin sering mendengar jojoba menjadi salah satu kandungan produk untuk perawatan rambut dan kecantikan kulit. Minyak jojoba berasal dari ekstrak biji dari tanaman jojoba (Simmondsia chinensis) dapat diolah hingga menghasilkan minyak dan lilin yang bermanfaat bagi kesehatan. Tumbuhan ini sendiri merupakan semak-semak yang biasa hidup di daerah beriklim kering.

Minyak jojoba memang tidak berbahaya, tapi karena tidak dapat dicerna oleh tubuh jadi akan sia-sia jika dikonsumsi. Gunakan untuk perawatan luar tubuh seperti rambut dan kulit. Dalam keluarga minyak alami, jojoba termasuk yang paling aman dengan tingkat alergi sangat rendah. Kandungan Wax Ester dalam jojoba memiliki karakteristik yang sama dengan struktur komposisi kulit manusia sehingga bisa dipastikan aman bagi kulit. Minyak jojoba juga tidak mudah teroksidasi sehingga bisa dipastikan tidak menggunakan bahan pengawet yang dapat merusak kulit.

[Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan]

Melansir dari beberapa sumber, berikut manfaat dari minyak jojoba untuk kesehatan dan kecantikan kulit yang dapat Anda rasakan khasiatnya jika Anda rutin menggunakannya, yaitu:

1) Mengatasi Masalah Jerawat dan Komedo

Minyak jojoba merupakan salah satu bahan alami untuk mengatasi masalah kulit berjerawat. Manfaat minyak jojoba dalam mengatasi kulit berjerawat telah didukung oleh sebuah penelitian. Penelitian lain menyebutkan, masker wajah minyak jojoba mampu mengurangi peradangan dan munculnya jerawat secara signifikan. Hal ini karena minyak jojoba mampu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

Minyak jojoba bekerja melembutkan sel-sel kulit, dan menaikkan kotoran atau komedo yang tersumbat di pori-pori menjadi mudah dibersihkan. Selain itu kandungan wax ester akan mencegah penyumbatan pori-pori sehingga Anda terbebas dari risiko jerawat akibat pori-pori tak dapat bernafas dengan bebas.

2) Anti-Aging

Vitamin E dalam jojoba oil mempunyai sifat anti-oksidan. Proses oksidasi pada wajah akan mengakibatkan kulit keriput dan mengendur sehingga membuat Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Minyak jojoba akan mencegah proses oksidasi pada kulit sehingga membuat kulitmu tampak kencang dan awet muda.

Keistimewaan Minyak Jojoba untuk Kecantikan Kulit

3) Melembutkan dan Melembapkan Kulit

Minyak jojoba juga dipercaya mampu mengatasi kulit pecah-pecah, psoriasis, dan kulit terbakar. Tak heran kini banyak produk kecantikan kulit, seperti losion, pembersih kulit, kosmetik, dan lipstik yang memasukkan kandungan jojoba ke dalamnya. Sifat emolien saat mengoleskan minyak jojoba bisa diartikan sebagai zat yang mampu melembutkan dan melembapkan kulit. Selain itu, emolien juga dapat mengurangi rasa gatal dan pengelupasan pada kulit.

4) Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Sama seperti kulit, minyak jojoba juga akan membentuk perlindungan bagi rambut saat diaplikasikan. Dengan menggunakan minyak jojoba pada rambut, maka Anda akan terlindungi dari rambut kering, debu, terik matahari, dan ancaman sinar ultraviolet. Jojoba juga bermanfaat melindungi kulit kepala dari masalah ketombe dan gatal akibat kulit kepala kering. Jika kulit kepalamu kering, ada kemungkinan rambut menjadi rontok dan rambut baru juga sulit tumbuh sehingga berdampak pada kebotakan.

5) Menangkal Nyamuk

Menurut sebuah penelitian, mengoleskan beberapa produk yang mengandung minyak jojoba, minyak kelapa, minyak rapeseed, dan vitamin E mungkin berguna untuk menangkal nyamuk. Efek untuk mengusir nyamuk tersebut akan bertahan minimal tiga jam setelah dioleskan di kulit. Hanya saja, dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna mendukung hal tersebut.

6) Mampu Menyembuhkan Luka

Sebuah penelitian terkait manfaat jojoba adalah potensinya untuk digunakan sebagai penyembuh luka. Studi yang dilakukan di laboratorium ini meneliti mengenai manfaat jojoba dalam upaya perbaikan jaringan epidermis kulit manusia saat terluka. Penelitian ini menggunakan lilin jojoba dalam bentuk cair dan menunjukkan aktivitas yang baik dalam mempercepat penutupan luka. Jojoba dianggap mampu merangsang pertumbuhan kolagen. Penelitian ini menganjurkan pemakaian jojoba untuk pengobatan luka sesuai aturan klinis.

[Baca Juga: Begini Caranya Atasi Wajah Berminyak Secara Alami]

Jika Anda ingin melakukan perawatan dengan minyak jojoba, ada baiknya untuk mengoleskan sedikit minyak jojoba ke kulit terlebih dahulu untuk melihat reaksi alergi yang mungkin terjadi. Meski penggunaan minyak jojoba cenderung aman, disarankan untuk menggunakan produk yang sudah terbukti aman untuk tubuh Anda atau konsultasi ke dokter untuk memastikan keamanannya.

Read More

Artikel Lainnya

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bansos Berdampak Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

Bisnis

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bantuan Modal, Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

13 August 2020, 16:00

Ini tak terlepas dari salah satu syarat yang mesti dipenuhi pelaku UMKM untuk bisa mengajukan bantuan, yakni memiliki rekening di bank BUMN.

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan untuk PJJ

Pendidikan

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan Siswa untuk PJJ

13 August 2020, 15:00

Selain di lingkungan masyarakat, para siswa yang membutuhkan akses internet juga dapat menggunakan fasilitas internet gratis di gedung milik pemerintah.

Tekan COVID-19, Pemkot Surabaya Terus Tegaskan Protokol Kesehatan.jpg

Berita Kawasan

Tekan COVID-19, Pemkot Surabaya Terus Tegaskan Protokol Kesehatan

13 August 2020, 14:00

Walau status zona merah COVID-19 sudah hilang dari Kota Pahlawan, Pemkot Surabaya pastikan tidak akan melonggarkan protokol kesehatannya demi mempertahankan kondisi zona oranye.

Puluhan Pedagang Jamu Gendong di Yogyakarta Terima Sertifikat BPOM .jpg

Bisnis

Puluhan Pedagang Jamu Gendong di Yogyakarta Terima Sertifikat BPOM

13 August 2020, 12:00

Demi memastikan mutu dagangannya, puluhan jamu gendong di Kota Gudeg menerima sertifikat dari BPOM.


Comments


Please Login to leave a comment.