ads
MATRAMAN_PENDIDIKAN_KEJAR KARIR OLAHRAGA DENGAN BERKULIAH DI UNJ_EMIL-01.jpg

Pendidikan

Kejar Karier Olahraga dengan Berkuliah di UNJ

Momentum Asian Games 2018 membuat banyak putra-putri di Indonesia termotivasi untuk terjun dan berkarier di dunia olahraga. Namun tahukah bahwa Anda tidak perlu menjadi seorang atlet untuk berkarier di ranah ini? Anda dapat menjadi sosok akademisi yang mempelajari olahraga atau bahkan menjadi pelatih dengan cara berkuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang berlokasi di Rawamangun Jakarta.

Universitas Negeri Jakarta atau yang lebih terkenal dengan singkatannya yakni UNJ merupakan salah satu Universitas di Indonesia yang memiliki Fakultas Ilmu Olahraga. Sebagaimana dilansir dari Fik.unj.ac.id, terdapat lima program studi S1 di fakultas ini yang terdiri dari Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Studi Olahraga Rekreasi dan Program Studi Kepelatihan Kecabangan Olahraga.

Berikut ini penjelasan lebih detail mengenai program studi yang ada di Fakultas Ilmu Olahraga dari UNJ.

  • Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

Jurusan ini dibentuk agar menjadi pusat pembelajaran, penelitian, pelatihan pendidikan serta pengembangan pendidikan jasmani untuk para mahasiswa agar mahasiswanya siap menjadi sosok guru pendidikan jasmani. Para mahasiswa yang lulus dari program studi ini akan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan atau S.Pd.

Umumnya, lulusan dari program studi ini akan berkarier sebagai guru olahraga di sekolah tingkat SMP dan SMA. Anda akan mengajarkan teori dan praktek yang selama ini dibekali dalam proses perkuliahan yang memiliki 144-146 SKS. Selain itu, Anda sebagai pengajar juga berperan untuk mencari bakat-bakat terpendam hingga para calon atlet yang masih berstatus sebagai siswa dan siswi sekolah.

  • Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Jurusan ini dibentuk untuk mempersiapkan tenaga pelatih akademis profesional di bidang olahraga. Selain itu, program studi ini juga membentuk para mahasiswanya agar siap menjadi sosok pelatih nasional. Para lulusan dari jurusan ini juga akan meraih gelar sebagai Sarjana Pendidikan atau S.Pd.

Dengan bekal 146 SKS, Anda diharapkan dapat menjadi sosok tenaga pelatih olahraga yang profesional. Anda bahkan dipandang sebagai pelatih yang dapat menyelenggarakan kompetisi, menguasai mengenai berbagai peraturan dan regulasi cabang olahraga yang kelak dapat dimanfaatkan untuk melatih para atlet dari tingkat amatir hingga profesional.

  • Program Studi Ilmu Keolahragaan

Jurusan ini memiliki tujuan utama pembentukan mahasiswa agar memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu keolahragaan. Selain itu, lulusannya juga harus menguasai serta dapat mengembangkan sejumlah cabang olahraga khusus. Lulusan dari program studi ini akan mendapatkan gelar Sarjana Olahraga atau S.Or.

Jumlah total SKS yang ada di program studi ini hingga lulus adalah 144 SKS. Ketika lulus, Anda dapat bekerja di organisasi olahraga kemasyarakatan, khususnya di bidang kesehatan olahraga bahkan di rumah sakit yang khusus merawat para atlet.

  • Program Studi Olahraga Rekreasi

Jurusan ini dibentuk untuk berfokus mengembangkan ilmu olahraga rekreasi untuk para mahasiswanya. Sekadar informasi, olahraga rekreasi merupakan olahraga untuk kesegaran jasmani serta pelepas kepenatan. Kegiatan seperti mendaki gunung, arum jeram, renang, jogging hingga bersepeda merupakan contoh-contoh kegiatan yang masuk ke dalam kategori olahraga rekreasi.

Jumlah SKS hingga lulus di program studi ini adalah 144 SKS dengan lulusannya mendapatkan gelar Sarjana Olahraga atau S.Or. Lulusan program studi ini diharapkan dapat menguasi berbagai sarana dan prasarana olahraga rekreasi. Selain itu lulusannya juga dapat memiliki kemampuan untuk memasarkan serta memberikan penyuluhan dalam kegiatan olahraga rekreasi.

  • Program Studi Kepelatihan cabang Olahraga

Berbeda dengan Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga yang menghasikan para pelatih profesional, jurusan ini lebih berfokus agar para mahasiswanya dapat “membedah” dan mendalami dunia kepelatihan olahraga. Sebagaimana dilansir dari quipper.com, lulusan dari program studi ini diharapkan dapat juga mengembangkan metode-metode kepelatihan yang bersifat up to date.

Jumlah SKS hingga lulus di jurusan ini adalah 144 SKS dengan lulusannya mendapatkan gelar Sarjana Olahraga atau S.Or. Lulusan jurusan ini juga sebenarnya bisa memilih profesi sebagai pengamat olahraga, mengingat salah satu kompetensi usai Anda lulus dari program ini adalah dapat beradaptasi dan memahami perkembangan ilmu serta teknologi di bidang kepelatihan kecabangan olahraga.

Itulah berbagai program studi S1 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang mendalami ilmu olahraga. Jadi walau Anda tidak berkecimpung di dunia olahraga sebagai atlet, Anda dapat masuk ke salah satu jurusan di universitas yang berada di Rawamangun Jakarta ini dan berkecimpung dalam ranah perkembangan olah jasmani di Indonesia.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood.jpg

Properti dan Solusi

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood

T3 24 February 2019, 10:00 a.m.  |  2 Views

Kampus PUPR yang dikembangkan Kementerian PUPR sebagai percontohan Greenship Neighborhood.

Buruknya Infrastruktur Pendidikan di Bekasi.jpg

Pendidikan

Tahun 2019 Jadi Prioritas Infrastruktur Pendidikan di Bekasi

T3 24 February 2019, 09:00 a.m.  |  2 Views

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di setiap daerah, termasuk Jawa Barat pembanguan infrastruktur seharusnya jadi perhatian penting bagi pemerintah setempat.

Vaksin Rabies Gratis di Stan Dinas KPKP Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Vaksin Rabies Gratis di Stan KPKP Jakarta Indonesia Pet Show 2019

T3 23 February 2019, 09:00 a.m.  |  5 Views

Dinas KPKP Jakarta memberikan layanan vaksi gratis untuk pengunjung yang membawa hewan peliharaan mereka ke JIPS 2019.

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda

T3 23 February 2019, 10:00 a.m.  |  3 Views

Belanda merupakan negara pertama yang akan diperkenalkan batik buatan warga di wilayah paling timur Kota Tangerang ini.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads