Kejar Target Jadi Kampung Anggrek, Ini yang Dilakukan Kecamatan Pasar Rebo.jpg

Berita Kawasan

Kejar Target Jadi Kampung Anggrek, Kecamatan Pasar Rebo Lakukan Ini

Tampaknya di Jakarta Timur tak hanya akan ada kampung buah saja seperti yang sudah dicanangkan Pemerintah Kota Jakarta Timur sejak awal September 2021 yang lalu. Karena salah satu kecamatan di wilayah ini juga memiliki rencana untuk menjadikan kawasannya memiliki suatu kekhasan atau ikonik melalui proses budidaya tanaman. Namun bukan kampung hortikultura berkonsep budidaya buah-buahan yang dikembangkan melainkan kampung yang nantinya akan dipenuhi bunga anggrek.

Realisasi kampung anggrek ini disebut tengah digalakkan Kecamatan Pasar Rebo yang disebut langkah ini sesuai dengan Peraturan Daerah DKI Jakarta Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi. Di mana dalam salah satu pasal di Perda tersebut tercantum keterangan bahwasanya terkait tujuan penataan ruang di Kecamatan Pasar Rebo dapat mewujudkan pengembangan kegiatan pertanian serta budidaya tanaman hias.

Kejar Target Jadi Kampung Anggrek, Ini yang Dilakukan Kecamatan Pasar Reb o.jpg

Sebagaimana dilansir dari timur.jakarta.go.id (12/10/2021), Camat Pasar Rebo Mujiono mengungkapkan, berlandaskan Perda DKI Jakarta Tahun 2014 itulah yang mendorong pihaknya untuk menggalakkan program penanaman tanaman anggrek di semua wilayahnya. Hal ini tentu saja dalam rangka menjadikan tanaman hias ini sebagai ikon dari Kecamatan Pasar Rebo.

Dalam merealisasi program kampung Anggrek ini, Camat Pasar Rebo itu telah memberikan instruksi untuk memastikan semua pegawai di kecamatan, kelurahan, puskesmas, sampai sekolah untuk menanam satu pohon anggrek. “Tanaman tersebut bisa ditanam di tempat kerjanya masing-masing atau bisa ditanam di kantor kelurahan/kecamatan,” ujarnya.

[Baca Juga: Kampung Wisata Edukasi Anggrek, Tawarkan Pelatihan dan Pameran]

Selain mendorong memunculkan kekhasan di wilayahnya, menanam tanaman hias jenis ini juga sebenarnya bisa memunculkan peluang bisnis sendiri. Mengingat jika para pegawainya serius menekuni budidaya bunga anggrek maka lambat laun masyarakat umum juga dapat terpanggil untuk ikut mencobanya dan berpotensi untuk menjual bunga-bunga anggrek yang mereka kembangkan sendiri.

Keseriusan pengembangan kampung anggrek di Kecamatan Pasar Rebo sudah terlihat dari persiapan pihak kecamatan yang telah menyiapkan lahan khusus di Kelurahan Kalisari. Di mana terdapat lahan dengan luas 4.700 m2 yang nantinya menjadi pusat pembibitan hingga penelitian anggrek. Dengan ini maka terciptanya agrowisata anggrek di kecamatan ini dapat semakin mendekati realisasi, apalagi saat ini setidaknya sudah ada ribuan tanaman anggrek yang telah menghiasi tiga kelurahan di wilayah ini.


Read More

Artikel Lainnya

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

Kesehatan

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

26 October 2021, 16:34

Angka pernikahan anak di Kabupaten Bandung cukup tinggi sehingga membuat Pemkab dan pihak-pihak terkait mengadakan sebuah program untuk menghapus angka pernikahan dini di Kabupaten Bandung.

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.