Kelaparan Sel Jadi Pemicu Makan Banyak Pasca Olahraga

Kesehatan

Kelaparan Sel Jadi Pemicu Makan Banyak Pasca Olahraga

Salah satu fenomena yang muncul usai Anda berolahraga adalah rasa lapar yang besar sehingga muncul keinginan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Banyak yang memandang hal ini dipicu oleh proses olahraga yang membakar sejumlah kalori sehingga tubuh menginginkan asupan kalori. Namun fenomena ini pada dasarnya muncul oleh keadaan di mana sel-sel di tubuh Anda merasa kelaparan. Lantas bagaimana menanggulanginya agar usaha Anda berolahraga tidak pupus karena dipicu makan dengan porsi besar?

Pluit_Kesehatan_Jenis Olahraga Ini Bakal Tren di 2019 Sudah Mencobanya_Rachli_3.jpg

“Pada saat kita olahraga terjadi kelaparan sel, semua sel lapar karena banyak sekali yang dipakai untuk memecahkan glikogen menjadi asam laktat atau rasa capai. Tingkat kelaparan selnya itu kalau kita langsung makan itu akan ber-impact atau berdampak, kita semakin banyak (makannya),” ucap Medical Practitioner PT Avris Assurance dr. Herman Irawan pada Media Briefing #CardioTalk di 100 Eatery and Bar, Hotel Atlet Century Park, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat (12/9/2019).

[Baca Juga: Berenang Gaya Kupu-kupu, Olahraga Paling Efektif Turunkan Berat Badan]

Menurutnya, jika Anda langsung memilih untuk mengonsumsi makanan pasca berlohraga maka jumlah porsinya akan seperti mengikuti rasa dahaga setiap sel yang ada di tubuh. Hal ini tentu saja dapat memiliki efek kurang baik jika diikuti apalagi jika Anda berolahraga karena menargetkan memiliki tubuh ideal.

“Begitu sel lapar dan dikasih makan, dia akan minta banyak dan seterusnya apapun yang kalian makan penyerapannya lebih banyak lagi. Misalnya, kalian makan itu 100 persen yang diserap misalnya 80 persen sehari-hari, begitu tingkat kelaparan sel itu meningkat, itu yang akan diserap 90 persen,” tutur dr. Herman.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Diet Warga Jakarta yang Benar?]

Oleh karena itulah, ia menyarankan untuk Anda tidak mengikuti rasa lapar sel tersebut dan mencoba “menangkalnya” dengan minuman. Tapi hal yang perlu dicatat adalah yang dikonsumsi bukan air biasa tapi air yang memiliki banyak kandungan nutrisi serta mineral garam, contohnya adalah oralit.

“Tapi yang dibutuhkan sel itu adalah garam-garam, natrium, klorida, kalium. Bukan makanan, sayur, nasi, karena yang kelaparan adalah tingkat sel. Jadi kalau misalnya habis olahraga ada baiknya minum (minuman dengan kandungan nutrisi serta mineral garam), minum kenapa jadi kenyang? Karena sel kita sudah terobati,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.