SMK Saint John Dapat Kelas Public Speaking dari Mahasiswa Mercubuana

Pendidikan

Kelas Public Speaking di SMK Saint John dari Mahasiswa Mercubuana

Public speaking adalah komunikasi yang dilakukan depan umum atau orang banyak, biasanya berupa pidato, ceramah, presentasi dan jenis komunikasi lainnya yang dilakukan di depan publik. Public speaking merupakan keterampilan yang harus dimiliki semua orang, karena kemampuan ini dibutuhkan kapan pun dan di mana pun.

Keterampilan ini dibutuhkan saat Anda menikmati bangku pendidikan hingga saat bekerja. Namun, tak semua orang bisa dengan lugas dan lancar berbicara di depan umum, bahkan penelitian yang dilakukan di Amerika menyebutkan ketakutan utama seorang individu adalah berbicara di depan umum. Padahal kemampuan berbicara seseorang kadang menjadi tolak ukur keberhasilan dalam suatu interaksi sosial.

Problematika inilah yang menjadi salah satu alasan yang memicu Mahasiswa Mercubuana untuk membuat acara pelatihan dan edukasi mengenai teknik bicara di depan umum yang baik dan benar.

[Baca Juga: Sepenggal Cerita Antara Probosutedjo dan Universitas Mercubuana]

Berdasarkan press realese yang dikirimkan kepada PingPoint.co.id (23/6/2019) kelompok mahasiswa Kuliah Peduli Negeri dari Universitas Mercubuana memberikan tips agar seseorang memiliki kepercayaan diri yang tinggi saat berbicara di depan umum kepada pelajar di SMK Saint John, Kemayoran.

Kemampuan public speaking dinilai sangat penting bagi siswa SMK Saint John, karena sekolah kejuruan ini memiliki jurusan pariwisata yang para siswanya membutuhkan banyak sekali kemampuan public speaking. Sehingga dalam acara ini Ajeng Yuliandri dan kawan-kawan tak hanya memberikan pembelajaran lewat presentasi, melainkan mengajak para siswa untuk ikut mengaplikasikan hasil pembelajaran lewat game.

Proses pembelajaran dimulai dengan membagi siswa jadi tiga kelompok dalam satu kelas untuk membuat video guide tempat pariwisata yang dipilih. Beberapa kelompok memilih tempat wisata di ibu kota, namun ada juga kelompok yang memilih untuk mendiskripsikan Kota Tua Semarang.

[Baca Juga: Mulai 2019, Pendidikan Antikorupsi Ada di Sekolah]

Selama proses pembuatan video, para mahasiswa Mercubuana mendampingi peserta pelatihan agar menerapkan teknik public speaking yang baik dan benar. Tujuan dari acara ini adalah untuk mengembakan kemampuan teknik public speaking siswa SMA Saint John Pariwisata untuk bekal percaya diri di kemudian hari.

Mahasiswa Universitas Mercubuana yang diketuai Ajeng mengangkat tema judul Teknik Speaking for Millenials. Tak sendiri, Ajeng ditemani oleh mahasiswa lain, yaitu Caroline, Luqman, dan Icha.

"Public speaking sangat penting untuk hidup kita, karena keterampilan berinteraksi tersebut sangat dibutuhkan selain itu, sangat berguna saat Anda ingin melakukan sebuah peningkatan diri, misaalnya saat wawancara kerja. Keterampilan ini sangat dibutuhkan," ucap Ajeng.

Manfaat public speaking juga sangat luas, keterampilan ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika seseorang memiliki kemampuan public speaking yang baik, maka banyak orang yang akan mendengerkan. Selain itu, jika seseorang dapat berbicara dengan baik dapat dipastikan mampu berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis, sangat dibutuhkan sosok pemimpin.

Read More

Artikel Lainnya

Kenali 6 Ciri Bra Anda Harus Diganti

Kecantikan dan Fashion

Kenali 5 Ciri Bra Anda Harus Diganti

20 August 2019, 20:00  |  4 Views

Kapan terakhir kali Anda berbelanja bra baru? Jika jawabannya lebih dari enam bulan lalu, ada kemungkinan bra Anda telah usang dan perlu diganti.

Cinderella  Kompleks Kondisi Mental Perempuan Manja Dan Penuh Khayalan

Kesehatan

Cinderella Kompleks dan Ketergantungan Perempuan pada Laki-laki

20 August 2019, 19:00  |  9 Views

Kondisi sosial yang merepresi perempuan kerap menimbulkan konflik batin dan menjadi masalah bagi hampir seluruh perempuan. Hal ini memengaruhi cara berpikir, bertindak, dan berbicara.

Pasar Buku Murah di Pasar Kenari Jadi Incaran Warga Jakarta

Berita Kawasan

Nyamannya Belanja Buku Murah di Pasar Kenari

20 August 2019, 18:00  |  3 Views

Siapa sangka, di lantai 3 Pasar Kenari terdapat berjejer buku murah yang dijualbelikan bernama Wisata Buku yang telah diresmikan Gubernur DKI pada April 2019 lalu.

RSUD Tangerang Adakan Talk Show Mengenai ASI

Kesehatan

RSUD Tangerang Tekankan Peran Ayah dalam Keberhasilan ASIX

20 August 2019, 17:00  |  3 Views

Peran suami dalam memberikan motivasi dan mendampingi istri dalam menyusui dinilai sangat penting untuk menciptakan atmosfer menyusui yang positif.


Comments


Please Login to leave a comment.