SMK Saint John Dapat Kelas Public Speaking dari Mahasiswa Mercubuana

Pendidikan

Kelas Public Speaking di SMK Saint John dari Mahasiswa Mercubuana

Public speaking adalah komunikasi yang dilakukan depan umum atau orang banyak, biasanya berupa pidato, ceramah, presentasi dan jenis komunikasi lainnya yang dilakukan di depan publik. Public speaking merupakan keterampilan yang harus dimiliki semua orang, karena kemampuan ini dibutuhkan kapan pun dan di mana pun.

Keterampilan ini dibutuhkan saat Anda menikmati bangku pendidikan hingga saat bekerja. Namun, tak semua orang bisa dengan lugas dan lancar berbicara di depan umum, bahkan penelitian yang dilakukan di Amerika menyebutkan ketakutan utama seorang individu adalah berbicara di depan umum. Padahal kemampuan berbicara seseorang kadang menjadi tolak ukur keberhasilan dalam suatu interaksi sosial.

Problematika inilah yang menjadi salah satu alasan yang memicu Mahasiswa Mercubuana untuk membuat acara pelatihan dan edukasi mengenai teknik bicara di depan umum yang baik dan benar.

[Baca Juga: Sepenggal Cerita Antara Probosutedjo dan Universitas Mercubuana]

Berdasarkan press realese yang dikirimkan kepada PingPoint.co.id (23/6/2019) kelompok mahasiswa Kuliah Peduli Negeri dari Universitas Mercubuana memberikan tips agar seseorang memiliki kepercayaan diri yang tinggi saat berbicara di depan umum kepada pelajar di SMK Saint John, Kemayoran.

Kemampuan public speaking dinilai sangat penting bagi siswa SMK Saint John, karena sekolah kejuruan ini memiliki jurusan pariwisata yang para siswanya membutuhkan banyak sekali kemampuan public speaking. Sehingga dalam acara ini Ajeng Yuliandri dan kawan-kawan tak hanya memberikan pembelajaran lewat presentasi, melainkan mengajak para siswa untuk ikut mengaplikasikan hasil pembelajaran lewat game.

Proses pembelajaran dimulai dengan membagi siswa jadi tiga kelompok dalam satu kelas untuk membuat video guide tempat pariwisata yang dipilih. Beberapa kelompok memilih tempat wisata di ibu kota, namun ada juga kelompok yang memilih untuk mendiskripsikan Kota Tua Semarang.

[Baca Juga: Mulai 2019, Pendidikan Antikorupsi Ada di Sekolah]

Selama proses pembuatan video, para mahasiswa Mercubuana mendampingi peserta pelatihan agar menerapkan teknik public speaking yang baik dan benar. Tujuan dari acara ini adalah untuk mengembakan kemampuan teknik public speaking siswa SMA Saint John Pariwisata untuk bekal percaya diri di kemudian hari.

Mahasiswa Universitas Mercubuana yang diketuai Ajeng mengangkat tema judul Teknik Speaking for Millenials. Tak sendiri, Ajeng ditemani oleh mahasiswa lain, yaitu Caroline, Luqman, dan Icha.

"Public speaking sangat penting untuk hidup kita, karena keterampilan berinteraksi tersebut sangat dibutuhkan selain itu, sangat berguna saat Anda ingin melakukan sebuah peningkatan diri, misaalnya saat wawancara kerja. Keterampilan ini sangat dibutuhkan," ucap Ajeng.

Manfaat public speaking juga sangat luas, keterampilan ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika seseorang memiliki kemampuan public speaking yang baik, maka banyak orang yang akan mendengerkan. Selain itu, jika seseorang dapat berbicara dengan baik dapat dipastikan mampu berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis, sangat dibutuhkan sosok pemimpin.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.