Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Menyambut Imlek di Tengah Pandemi

Berita Kawasan

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Menyambut Imlek di Tengah Pandemi

Tampak warga membawa bingkisan dari pembagian angpau yang diberikan dalam rangkaian tradisi menjelang Imlek di Kelenteng Tay Kak Sie, Pecinan, Kota Semarang, Jawa Tengah pada Jumat, 22 Januari 2021. Pembagian angpau ini sebagai bentuk kegiatan sosial bagi warga tidak mampu dan lansia di sekitar kelenteng.

Tradisi menjelang Imlek di kelenteng terbesar Kota Semarang ini terus berjalan meskipun kota tersebut tengah dihantam pandemi seperti banyak kota besar lain di Indonesia dan dunia. Itulah mengapa banyak hal yang dilakukan oleh pengurus Kelenteng Tay Kak Sie untuk terus menegakkan protokol kesehatan.

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Menyambut Imlek di Tengan Pandemi

Antara lain dengan mendirikan bilik sterilisasi yang harus dilalui semua orang sebelum masuk ke area kelenteng. Demikian seperti diberitakan kompas.id (22/1/2021). Saat masuk, warga akan langsung disambut deretan kursi yang telah diatur secara berjarak saat pembagian angpau di kelenteng bagi penganut agama Budha, Konghucu, dan kepercayaan aliran Tao serta Konfusianisme.

Selain menjalankan tradisi pembagian angpau, kelenteng pun berhias diri dengan berbagai ornamen merah yang lebih meriah dari biasanya. Lilin-lilin besar dan hiasan pohon angpau telah menyemarakkan tradisi menyambut hari rata tahun baru warga keturunan Tionghoa ini. Dalam beberapa minggu ini, pihak pengurus kelenteng juga akan melakukan berbagai ritual doa dan pembersihan patung dewa.

[Baca Juga: Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek]

Kelenteng Tay Kak Sie terletak di Jalan Gang Lombok. Di sana, Anda akan menjumpai kawasan pecinan terbesar yang ada di Ibu Kota Jawa Tengah ini. Masuk ke dalam gang ini, Anda akan menemukan sebuah perahu besar yang akan menarik perhatian. Bangunan perahu ini merupakan replika perahu Laksamana Zheng He dan tepat di seberangnya terdapat sederet bangunan tua yang biasa disebut Kelenteng Tay Kak Sie.

Pada awalnya, Kelenteng Tay Kak Sie digunakan untuk memuja Yang Mulia Dewi Welas Asih Koan Sie Im Po Sat. Tapi seiring waktu, kelenteng terbesar dan terlengkap di Semarang ini berkembang menjadi tempat pemujaan berbagai Dewa Dewi. Pada bangunan yang berdiri sejak tahun 1746 ini, tertulis nama Tay Kak Sie tepat di pintu masuknya. Pada pintu masuk tersebut, terdapat penjelasan sejarah penamaan kelenteng yang berarti Kuil Kesadaran Agung, oleh Kaisar Dao Guang (1821-1850) dari Dinasti Qing.

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Menyambut Imlek di Tengan Pandemi

Seperti kelenteng pada umumnya, Tay Kak Sie juga kaya akan ornamen dan simbol-simbol yang berhubungan dengan kepercayaan etnis Tionghoa. Misalnya, atap kelenteng berhiaskan sepasang naga sedang memperebutkan matahari. Naga dalam mitologi Tionghoa merupakan binatang yang melambangkan keadilan, kekuatan, dan penjaga barang-barang suci.

“Naga atau Liong punya kekuatan untuk mengubah bentuknya, itu berarti kewaspadaan yang tinggi," papar Liem Gie Hong, seksi penerima tamu kelenteng seperti diberitakan indonesiakaya.com. Sepasang naga di atap tersebut merupakan simbol penjaga kelenteng dari pengaruh jahat.

[Baca Juga: Pemkot Semarang Siapkan Creative Hub untuk Pelaku Ekonomi Kreatif]

Dilihat dari segi arsitektur, Kelenteng Tay Kak Sie merupakan kelenteng dengan konstruksi gaya Tiongkok terlihat jelas pada bagian tiang penahan bangunan yang terbuat dari kayu berbentuk segitiga. Sistem penahan bingkai berbentuk segitiga yang dalam bahasa Mandarin disebut dou-gong ini difungsikan untuk menahan kasa-kasa bagian atap depan. Bangunan ini mirip kelenteng pada abad 19.

Pada hari-hari tertentu, kelenteng ini mengadakan berbagai upacara keagamaan yang banyak menarik pengunjung untuk datang ke sini. Pengunjung yang datang ternyata tidak selalu beretnis Tionghoa. Masyarakat sekitar pun turut meramaikan dan ikut menyaksikan berbagai pementasan kesenian yang diadakan. Bahkan, hal tersebut juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke Semarang.

Read More

Artikel Lainnya

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

Bisnis

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

27 February 2021, 14:02

Tidak sekadar menyediakan tempat bagi pelaku UMKM, pihaknya juga menyediakan rangkaian program inkubasi mulai dari aspek pembinaan dan pemberdayaan.

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

Berita Kawasan

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

27 February 2021, 10:01

PPKM Mikro yang menekankan pada pembatasan di tingkat desa/kelurahan utamanya memanfaatkan posko di desa-desa untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19.

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

Berita Kawasan

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

26 February 2021, 18:08

Dalam penilaiannya, Kota Bekasimendapat skor tertinggi ke. 5.530 di peringkat 10 dalam penghargaan Indeks Kota Toleran 2020 dari penilaian 94 Kota/Kabupaten yang di riset.

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

Kesehatan

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

26 February 2021, 17:02

Dari 130.000-an orang sasaran vaksinasi COVID-19 tahap dua di Kota Bandung, 92 persen merupakan warga lansia. Mereka diprioritaskan karena tingkat fatalitas kasus tertinggi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 1 month lalu
    anisa

    Selamat Kepada Member Kami QQHarian bermain Slot Game Online Indonesia Terpopuler. Telah Memenangkan dengan total PULUHAN JUTA RUPIAH Dan DI BAYAR LUNAS langsung dengan proses cepat ( maks. 3 menit ) & Aman. Info lanjut bisa klik link di bawah guys 😘 : - ( <a href="https://45.141.59.177/" title="QQHARIAN GAME ONLINE TERPERCAYA" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) :D - https://biolinky.co/linkpromo ( Link Alternatif QQHarian ) :D - http://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )

  • Anisa 1 month lalu
    anisa

    Selamat Kepada Member Kami QQHarian bermain Slot Game Online Indonesia Terpopuler. Telah Memenangkan dengan total PULUHAN JUTA RUPIAH Dan DI BAYAR LUNAS langsung dengan proses cepat ( maks. 3 menit ) & Aman. Info lanjut bisa klik link di bawah guys 😘 : :D ( <a href="https://45.141.59.177/" title="QQHARIAN GAME ONLINE TERPERCAYA" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) :D https://biolinky.co/linkpromo ( Link Alternatif QQHarian ) :D http://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )

  • Emma 1 month lalu
    emma

    Hallo Gamer Indonesia Bola165 Memberikan Bonus WD( WITHDRAW ) Hingga 10%, EDISI TERBATAS Buruan Daftar sekarang juga di Bola165, Cek promo bisa disini >>> biolinky.co/promobola165