Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

Berita Kawasan

Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

Sekitar dua minggu menjelang Imlek 2021, kawasan pecinan di Kota Bekasi mulai ramai dengan penjualan pernak-pernik yang berkaitan dengan tahun baru yang dirayakan warga keturunan Tionghoa ini. Keriaan ini terlihat di sepanjang Jalan Mayor Oking yang akan masuk ke Kelenteng Hok Lay Kiong, di Jl. Kenari I, RT 006/RW.001, Margahayu, Bekasi Timur.

Sejumlah pedagang kebutuhan peribadatan penganut Konghucu pun sudah menggelar aneka hiasan dan kebutuhan untuk perayaan Imlek, “Kalau kue, nanti 10 hari sebelum hari H nya baru tersedia,” kata A Fong, satu pelanggan yang datang ke Toko Sri Rejeki, untuk membeli lampion seperti diberitakan infobekasi.com (23/1/2021).

Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

Menjelang perayaan Lunar New Year 2572 pada 12 Februari 2021 mendatang, Kelenteng Hok Lay Kiong ikut berhias diri. Ornamen berwarna merah, yang menurut kepercayaan orang China adalah warna pembawa keberuntungan, dipasang di berbagai sudut.

Tempat ibadah di Jl Kenari Margahayu, Bekasi Timur ini sudah berdiri 350 tahun dan dirawat oleh warga keturunan kelima sejak tempat ibadah itu dibangun. Karena nilai historisnya, tempat ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah para penganut kepercayaan aliran Budha, Tao, dan Konfusianisme, tapi juga sering dijadikan tempat wisata atau kunjungan siswa.

[Baca Juga: Paduan 2 Budaya dalam Pagelaran Pecinan Batavia 2019 di Kota Tua]

Hok Lay Kiong sendiri memiliki arti istana yang mendatangkan rezeki. Oleh karenanya, kelenteng ini dipercaya sebagai tempat yang bisa mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang berkunjung, bahkan warga di sekitarnya. Tak heran kalau kemudian wilayah sekitar yang dikenal sebagai Pasar Proyek menjadi salah satu pusat perdagangan besar di Bekasi.

Selain pada waktu hari raya besar seperti Imlek, Kelenteng Hok Lay Kiong juga selalu ramai umat kepercayaan aliran Budha, Tao, dan Konfusianisme dari pelbagai wilayah secara rutin setiap tanggal 1 dan 15, sesuai kalender Tionghoa.

Namun menurut Asin, kepala keamanan di Kelenteng Hok Lay Kiong, kelenteng ini tidak diketahui siapa pendirinya, dan tidak ada data peninggalan dari pengurus terdahulu. "Sayang, padahal sering banyak yang tanya kapan berdirinya, tapi pihak pusat sendiri tidak tahu, apalagi saya," ujar Asin seperti diberitakan Republika.co.id.

Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

Setiap 3 atau 4 tahun sekali, kelenteng ini selalu berganti kepengurusan. Dan pemimpinnya dipilih oleh para pengurus di kantor pusat yang berada tepat disebelah kelenteng, yakni Yayasan Pancaran Tridharma Bekasi "Wihara Budha Dharma". "Berganti pengurus terus, makannya suasananya selalu berganti. Sering direnovasi juga, tapi tetap tidak menghilangkan jejak terdahulu," sambung Asin.

Di kelenteng, terdapat beberapa altar (tempat permohonan). Di masing-masing altar kita bisa memohon sesuai keinginan. Misalkan, kita ingin mendapatkan jodoh, kita bisa mengunjungi altar Kwan In Posat, dan setelah itu pemuja akan mengambil sebuah angka, dan di angka itu akan tertulis kapan kalian mendapatkan jodoh. Dan masih banyak lagi altar-altar lainnya. Altar Dewa adalah Hwan Thian Siang Tee, di altar ini semua permohonan bisa Anda panjatkan. "Ini altar Dewa kalau kata orang agama ini, pokoknya apapun yang dipengen bisa langsung diminta di altar ini," ungkap Aidin, pengurus kelenteng.

[Baca Juga: Warga Padati Festival Pecinan 2019 di Kawasan Petak Sembilan]

Kelenteng ini juga menjadi tempat beberapa perayaan seperti perayaan Tabur Sial dan Pukul Bedug. Perayaan paling besar yang diadakan di sini biasanya tahun baru Imlek, yang diakhiri dengan perayaan Cap Go Meh, yaitu perayaan akhir dari tahun baru Imlek.

Saat ada persembahyangan atau pun perayaan, siapapun masih bisa masuk dan melihat-lihat kelenteng ini, asalkan tetap bisa menjaga sopan santun dan etika, agar tidak mengganggu para umat. Kelenteng Hok Lay Kiong di buka dari pukul 06.00 pagi hingga 22.00 malam, sehingga Anda bisa sepuasanya mengunjungi kelenteng tertua di Bekasi ini.

Read More

Artikel Lainnya

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

Bisnis

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

27 February 2021, 14:02

Tidak sekadar menyediakan tempat bagi pelaku UMKM, pihaknya juga menyediakan rangkaian program inkubasi mulai dari aspek pembinaan dan pemberdayaan.

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

Berita Kawasan

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

27 February 2021, 10:01

PPKM Mikro yang menekankan pada pembatasan di tingkat desa/kelurahan utamanya memanfaatkan posko di desa-desa untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19.

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

Berita Kawasan

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

26 February 2021, 18:08

Dalam penilaiannya, Kota Bekasimendapat skor tertinggi ke. 5.530 di peringkat 10 dalam penghargaan Indeks Kota Toleran 2020 dari penilaian 94 Kota/Kabupaten yang di riset.

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

Kesehatan

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

26 February 2021, 17:02

Dari 130.000-an orang sasaran vaksinasi COVID-19 tahap dua di Kota Bandung, 92 persen merupakan warga lansia. Mereka diprioritaskan karena tingkat fatalitas kasus tertinggi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 1 month lalu
    emma

    Hallo Gamer Indonesia Bola165 Memberikan Bonus WD( WITHDRAW ) Hingga 10%, EDISI TERBATAS Buruan Daftar sekarang juga di Bola165, Cek promo bisa disini >>> biolinky.co/promobola165

  • Anisa 1 month lalu
    anisa

    Selamat Kepada Member Kami QQHarian bermain Slot Game Online Indonesia Terpopuler. Telah Memenangkan dengan total PULUHAN JUTA RUPIAH Dan DI BAYAR LUNAS langsung dengan proses cepat ( maks. 3 menit ) & Aman. Info lanjut bisa klik link di bawah guys 😘 : => ( <a href="https://45.141.59.177/" title="QQHARIAN GAME ONLINE TERPERCAYA" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) ;) https://biolinky.co/linkpromo ( Link Alternatif QQHarian ) :D http://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )