Kelola Cemas karena Virus Corona dengan Cara Ini

Kesehatan

Kelola Cemas karena Virus Corona dengan Cara Ini

Peristiwa gempa bumi berpotensi tsunami hingga wabah flu burung yang menjatuhkan banyak korban pernah melanda Indonesia. Kini, hal yang menjadi perhatian bertambah satu, Virus Corona. Sejak dinyatakan ada dua warga negara Indonesia yang positif terjangkit virus ini pada Senin silam, mungkin Anda mulai merasa cemas.

Cemas wajar terjadi. Seorang psikolog klinis Noam Shpancer, Ph.D. menjelaskan kalau cemas adalah bentuk adaptasi yang memperingatkan dan melindungi manusia dari berbagai ancaman lingkungan. Saat status dan reputasinya terancam, secara alamiah rasa cemas itu muncul. Pun sama ketika ada hal mengancam kesehatan seperti virus ini.

[Baca Juga: Perlukah Pakai Masker Saat Wabah Virus Corona?]

Namun bagaimana jika rasa cemas mendorong Anda untuk enggan keluar rumah, khawatir menaiki kendaraan umum, hingga memborong masker yang sebenarnya tidak efektif menangkal Virus Corona dan bukan diperuktukan bagi orang sehat?

Melansir webmd.com (5/3/2020), psikolog klinis Set J Gillinhan, Ph.D menyarankan cara untuk mengelola rasa cemas di tengah terjadinya peristiwa yang “mengkhawatirkan”. Berikut caranya:

Bedakan Khayalan dengan Realita

1) Bedakan Khayalan dengan Realita

Setelah membaca berita terkait virus ini, mungkin Pointers merasa was-was jika pada akhirnya terinfeksi virus ini. Pikiran-pikiran negatif muncul dan menghalangi Anda beraktivitas seperti biasanya. Cobalah diam sejenak dan berusaha menyadari bahwa itu hanyalah kecemasan, belum terjadi.

Terjangkit virus baru ada di kepala Anda, bukan ada di realita. Alih-alih mencemaskannya, Anda lebih baik fokus pada apa yang disarankan untuk mencegahnya. Cuci tangan menggunakan sabun secara berkala dan tidak menyentuh wajah menjadi salah satu langkah untuk menangkal virus ini.

Yakinkan Diri Bahwa Anda Mampu Melewatinya

2) Yakinkan Diri Bahwa Anda Mampu Melewatinya

Mulailah bertanya pada diri Anda tentang kejadian terburuk yang pernah Anda alami sejauh ini. Bisakah Anda melaluinya? Bagaimana cara Anda melaluinya? Pertanyaan-pertanyaan ini mencoba mengingatkan Anda saat memecahkan masalah terberat dalam hidup. Jika Anda menganggap kondisi saat ini juga merupakan masalah, yakinkan diri Anda kalau Anda mampu bertahan dan melewatinya, seperti bagaimana Anda melewati hal sulit di masa lalu.

[Baca Juga: Ini Arti Dari Istilah 'Super-Spreader' Virus Corona]

Kurangi Waktu Membaca Berita

3) Kurangi Waktu Membaca Berita

Wabah yang melanda dunia ini membuat media terus menerus mengangkat berita virus corona. Maka, jika Anda membuka media apa pun, kemungkinan besar isu ini muncul. Namun, jika membaca berita tentang virus corona benar-benar membuat Anda cemas, coba kurangi waktu Anda membaca berita tentang hal tersebut. Apabila waktu membaca berita biasanya tiga jam, Anda bisa membuatnya menjadi satu jam. Namun, ini tidak lantas membuat Anda melupakan peristiwa ini hingga tidak melakukan pola hidup bersih. Tetap lakukan pola hidup bersih seperti mencuci tangan secara berkala, menggunakan masker ketika flu, dan tidak menyentuh wajah secara sembarangan.

Regangkan Otot Anda

4) Regangkan Otot Anda

Tak jarang cemas membuat otot Anda tegang. Cobalah rehat sejenak saat beraktivitas, tarik nafas panjang, lalu buang perlahan. Lakukan itu setidaknya lima kali dan lihat perubahan apa yang terjadi pada diri Anda.

Lakukan tiga hal di atas dan semoga Anda bisa merasa lebih tenang dalam menghadapi ancaman virus yang sebenarnya tidak memiliki persentase kematian yang tinggi ini. Ikuti saja pesan para pakar medis untuk rajin mencuci tangan dan hindari menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.