Mendewasakan Diri Menghadapi Masalah

Kesehatan

Keluar dari Zona Nyaman, Mendewasakan Diri Menghadapi Masalah

Dalam kehidupan Anda pasti akan memiliki masalah. Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang bebas dari masalah. Justru, keberadaan masalah itu menandakan Anda masih hidup dan masih berada di dunia ini. Ketika menghadapi masalah, seringkali Anda merasa sedih, bingung hingga depresi. Bahkan, tidak jarang orang yang merasa ingin lari dari masalah dan tidak mau menghadapi masalah tersebut. Hal ini tentu bukan merupakan sikap yang tepat. Terlebih lagi, sikap lari dari masalah menandakan bahwa Anda tidak dewasa karena takut menghadapi masalah yang ada.

Maka dari itu, hendaknya Anda mulai mengubah mind set Anda saat muncul masalah di depan Anda. Dewasa bukan hanya perkara umur, melainkan sikap Anda menghadapi kehidupan beserta segala permasalahannya. Anda harus bisa bersikap dewasa agar kamu bisa lebih mandiri dan tidak lagi mengandalkan orang lain untuk menyelesaikan segala hal. Tidak selamanya Anda ada di zona nyaman yang Anda miliki saat ini. Maka, Anda harus mempersiapkan diri ketika Anda terpaksa harus keluar dari kenyamanan saat ini.

Mendewasakan Diri Menghadapi Masalah

Hendaknya Anda melihat sebuah masalah sebagai proses pembelajaran diri menjadi lebih dewasa. Dilansir dari DosenPsikologi.com, berikut tips mendewasakan diri dalam menghadapi masalah, seperti :

  • Niat untuk Menjadi Dewasa

Niatkan diri untuk menjadi lebih dewasa. Hal ini akan sangat membantu Anda menghadapi masa depan, supaya Anda menjadi manusia yang lebih tahan banting dan dewasa. Dengan niat yang kuat, Anda akan bisa terus mendewasakan diri dari hari ke hari, terlepas masalah apapun yang Anda hadapi.

  • Berani Ambil Keputusan

Berani mengambil keputusan merupakan langkah berikutnya untuk Anda menjadi lebih dewasa dalam menghadapi masalah. Jika sebelumnya Anda bergantung pada orang lain untuk membuat keputusan untuk hidup Anda, kini ambillah kendali tersebut. Beranikan diri Anda mengambil keputusan untuk segala permasalahan hidup yang Anda miliki. Bagaimanapun, Anda lah yang menjalani hidup tersebut, maka Anda harus memiliki andil di dalamnya.

  • Jangan Bersembunyi dari Masalah

Masalah itu adalah bagian yang penting untuk mendewasakan diri. Maka, hadapilah dan jangan lari. Masalah tidak akan selesai sendiri jika Anda terus membiarkannya. Bahkan, bisa jadi masalah akan menjadi lebih besar dan rumit jika tidak segera diatasi.

  • Berani Mengambil Sikap

Tidak jarang solusi dari sebuah masalah membutuhkan sikap yang sangat sulit dilakukan, maka jangan terburu-buru memilih langkah yang lebih mudah. Pikirkan dengan tenang dan matang. Hal ini juga akan membuat Anda lebih kuat ke depan.

[Baca Juga: Selain Vaksin HPV, Ini 5 Vaksin Untuk Orang Dewasa]

  • Berpikir Panjang

Dalam memikirkan solusi, jangan hanya memikirkan cara menyelesaikannya untuk saat ini saja. Pikirkan dampak dari keputusan yang Anda buat secara jangka panjang untuk kehidupan Anda di masa depan, orang lain, hingga resiko dari sikap yang Anda ambil.

  • Berpikir Positif

Penuhi pikiran Anda dengan pikiran yang positif. Ambil hikmah dari masalah yang muncul dan Anda harus percaya bahwa setiap masalah pasti memiliki solusi. Percayalah bahwa tidak selamanya Anda terjebak dalam masalah itu dan akan datang hari dimana Anda bersyukur pernah mengalami masalah tersebut.

  • Jadikan Cerminan Diri

Selain Anda mencari solusi untuk menyelesaikan masalah, Anda juga harus mengambil pelajaran dari masalah yang muncul. Pahami mengapa masalah tersebut bisa ada di hidup Anda. Dengan memahami penyebabnya Anda bisa belajar untuk tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama.

  • Sabar dan Ikhlas

Dengan bersabar, Anda akan lebih tenang dan tidak stres. Sabar akan mengurangi emosi, yang dimana bisa menutup pikiran jernih. Tak hanya sabar, tanamkan juga dalam hati Anda rasa ikhlas. Dengan ikhlas, Anda tidak akan menyalahkan siapapun atas masalah yang menimpa Anda dan menerima dengan hati lapang. Selain itu, membuat mental lebih kuat dalam menghadapi masalah tersebut.

  • Minta Pendapat Orang Lain

Jangan ragu untuk meminta nasehat orang lain, cari orang-orang yang Anda percaya. Terkadang pendapat orang lain akan membantu Anda melihat masalah dari sisi lain dan bisa memberi solusi yang bermanfaat.

  • Jangan Mengeluh

Hentikan kebiasaan mengeluh! Banyak mengeluh hanya akan membuat masalah terasa semakin berat. Bahkan, kebiasaan mengeluh juga tidak akan menyelesaikan masalah dan tidak memberi solusi apapun.

Menjadi dewasa bukan berarti Anda terlarang untuk menangis. Justru, menangis akan membantu Anda meredam emosi dan mengurangi sedikit beban dalam pikiranmu. Menangis merupakan hal yang normal dan bisa menghindarkan Anda dari depresi yang berlebihan.

[Baca Juga: Buku Ini Ulas Layanan Kesehatan Jiwa di Indonesia]

Namun, tentu saja Anda tidak boleh berlebihan dalam hal ini. Cukupkan semua penyaluran emosi dan tetap lihat ke depan dan mantap melangkah untuk menghadapi masalah Anda. Jangan pernah menyerah dan Anda harus tetap berusaha, dari beberapa tips di atas serta Anda telah berusaha dan berikhtiar dalam menyelesaikan masalah, jangan lupa untuk berdoa meminta petunjuk Tuhan. Tuhan yang memberi Anda masalah sebagai bentuk kasih sayang-Nya, juga memiliki solusi untuk masalah Anda. Berdoa merupakan penyempurna dari semua usaha yang Anda lakukan dalam menghadapi masalah.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.