Menteng_Kawasan_Kelurahan Cikini Akan Gelar Kelas Batik di Museum Tekstil_Kiki.jpg

Berita Kawasan

Kelurahan Cikini Akan Gelar Kelas Batik di Museum Tekstil

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia. Kain bermotif ini menggunakan cara khusus agar menghasilkan motif indah dan khas. Dengan menorehkan malam pada kain, akan tercipta motif yang unik. Di Indonesia, setiap daerah memiliki motif batik yang berbeda-beda. UNESCO (The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi sejak tahun 2009.

Walaupun sudah diakui dunia sebagai milik Indonesia, pemerintah terus menyelenggarakan beragam kegiatan guna melestarikan batik, misalnya setiap tanggal 2 Oktober, ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional, setiap Jumat PNS dan ASN diwajibkan menggunakan batik khas daerahnya, atau diselenggarakannya kelas membatik atau lomba kreasi batik di berbagai tempat.

[Baca Juga: Melihat Keindahan Batik Khas Bekasi yang Jarang Dikenal]

Salah satu wilayah yang turut serta melakukan pelestarian batik adalah DKI Jakarta. Kota metropolitan ini tentu harus mengenal dan ikut andil melestarikan budaya kebangaan Indonesia. Rencananya, Kelurahan Cikini, Jakarta Pusat akan menggelar latihan membuat batik pada Februari mendatang.

Lurah Cikini Ati Mediana mengatakan, kegiatan ini akan diselenggarakan di RW 01 hingga RW 05, Menteng, Jakarta Pusat. Ia mengharapkan para warga turut meramaikan kegiatan ini. Menurut Ati, kegiatan latihan membuat batik ini merupakan salah satu cara mengenalkan proses pembuatan dan pelestarian batik.

Kelas Batik di Museum Tekstil

“Karena kebanyakan warga hanya mengenal batik saat sudah siap pakai, sedangkan pembuatannya masih banyak yang tidak tahu,” kata Ati seperti yang dilansir dari pusat.jakarta.go.id (9/10/19).

Ati juga menambahkan, untuk warga yang memiliki waktu luang atau arisan PKK yang belum memiliki kegiatan, ada baiknya mengikuti kegiatan yang akan diselenggarakan Kelurahan ini.

Dengan mengikuti kegiatan ini, para warga akan diajak ke Museum Tekstil di Jalan KS Tubun, Jakarta Barat untuk melihat dan menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana cara pembuatan batik.

[Baca Juga: Museum di Tengah Kebun, Museum Unik dengan Ribuan Koleksi di Kemang Timur]

Ati Mediana akan sangat senang jika ada warganya yang mendalami kecintaan terhadap batik seusai acara ini, "Untuk saat ini, kita akan berikan pelatihan terlebih dahulu, melalui kegiatan ini. Jika ke depannya ada warga yang mendalami batik tentunya kita akan (kita) dukung," katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.