PONDOK INDAH-KAWASAN-KELURAHAN CIPETE UTARA GELAR PELATIHAN PEMADAMAN API-RACHLI-1100 px X 600 px-03.jpg

Berita Kawasan

Kelurahan Cipete Utara Gelar Pelatihan Pemadaman Api

Warga RW 06 Keluarahan Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Adminitrasi Jakarta Selatan mengadakan pelatihan cara memadamkan api. Pelatihan tersebut berlangsung di halaman kantor kelurahan. Setidaknya, ada sekitar 80 warga mengikuti pelatihan pemadaman api yang diberikan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Selatan melalui Unit Kecamatan Kebayoran Baru.

Mereka yang mengikuti kegitan Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan itu terdiri dari Lembaga Masyarakat Kota (LMK), RW, RT, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), serta Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

[Baca Juga: Kelurahan Cipete Utara Kini Punya Warung Daur Ulang]

Diterangkan oleh Lurah Cipete Utara, Jakarta Selatan Muhammad Yohan kepada PingPoint.coi.id melalui pesan singkat, pada Kamis (22/11/2018), kegiatan pelatihan pemadaman api ini dilakukan untuk yang kedua kalinya di Kelurahan Cipete Utara. “Menyambut baik Damkar yang makin responsif terhadap aspirasi warga, yang minta disosialisasikan metode-metode penanganan bencana tidak hanya kebakaran namun gempa, banjir dan potensi bencana lainnya," kata Yohan.

Pelatihan Cara Memadamkan Api di Kelurahan Cipete Jakarta Selatan

Sebelumnya, pada dua bulan lalu juga telah dilaksanakan sosialisasi dan kegiatan pelatihan pemadaman api kepada warga RW 01 Kelurahan Cipete Utara. Yohan pun sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini.

Sapar, salah seorang warga yang mengikuti pelatihan pamadan api ini mengatakan, mengikuti kegiatan pelatihan semacam ini karena dirinya ingin mengetahui lebih jauh bagaimana mekanisme memadamkan api. Dalam pelatihan pemadaman api, warga dilatih menggunakan media kain dan alat pemadam ringan (APAR). Pasalnya, di setiap RW di Kelurahan Cipete Utara kini sudah memiliki APAR, namun sosialisasi penggunaannya belum maksimal. "Setiap RW sudah memiliki APAR namun sosialisasi penggunaannya masih kurang," ujar Supar.

[Baca Juga: 5 Langkah Atasi Kulit Terbakar Matahari]

Sementara itu, sejumlah kebakaran yang terjadi di wilayah Jakarta terjadi karena berbagai sebab. Mengutip dari jakartafire.net, antaranya disebabkan oleh kelistrikan, rokok, kompor, lain-lain, dan belum diketahui.

Pelatihan Cara Memadamkan Api di Kelurahan Cipete Jakarta Selatan

Hingga berita ini diturunkan, sekitar periode Januari sampai Oktober 2018 ada sekitar 469 kasus disebabkan oleh kelistrikan, 20 kasus disebabkan rokok, 82 kasus disebabkan kompor, 147 kasus disebabkan oleh berbagai kelalaian (lain-lain), dan 4 kasus belum diketahui sebabnya.

Adanya kegiatan pelatihan pemadaman api ini sebagai bentuk pemahaman terhadap masyarakat terhadap penanganan kebakaran sejak dini. Dengan begitu, diharapkan masyarakat bisa mengetahui langkah-langkah yang akan dilakukan.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.