PONDOK INDAH-KAWASAN-KELURAHAN CIPETE UTARA GELAR PELATIHAN PEMADAMAN API-RACHLI-1100 px X 600 px-03.jpg

Berita Kawasan

Kelurahan Cipete Utara Gelar Pelatihan Pemadaman Api

Warga RW 06 Keluarahan Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Adminitrasi Jakarta Selatan mengadakan pelatihan cara memadamkan api. Pelatihan tersebut berlangsung di halaman kantor kelurahan. Setidaknya, ada sekitar 80 warga mengikuti pelatihan pemadaman api yang diberikan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Selatan melalui Unit Kecamatan Kebayoran Baru.

Mereka yang mengikuti kegitan Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan itu terdiri dari Lembaga Masyarakat Kota (LMK), RW, RT, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), serta Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

[Baca Juga: Kelurahan Cipete Utara Kini Punya Warung Daur Ulang]

Diterangkan oleh Lurah Cipete Utara, Jakarta Selatan Muhammad Yohan kepada PingPoint.coi.id melalui pesan singkat, pada Kamis (22/11/2018), kegiatan pelatihan pemadaman api ini dilakukan untuk yang kedua kalinya di Kelurahan Cipete Utara. “Menyambut baik Damkar yang makin responsif terhadap aspirasi warga, yang minta disosialisasikan metode-metode penanganan bencana tidak hanya kebakaran namun gempa, banjir dan potensi bencana lainnya," kata Yohan.

Pelatihan Cara Memadamkan Api di Kelurahan Cipete Jakarta Selatan

Sebelumnya, pada dua bulan lalu juga telah dilaksanakan sosialisasi dan kegiatan pelatihan pemadaman api kepada warga RW 01 Kelurahan Cipete Utara. Yohan pun sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini.

Sapar, salah seorang warga yang mengikuti pelatihan pamadan api ini mengatakan, mengikuti kegiatan pelatihan semacam ini karena dirinya ingin mengetahui lebih jauh bagaimana mekanisme memadamkan api. Dalam pelatihan pemadaman api, warga dilatih menggunakan media kain dan alat pemadam ringan (APAR). Pasalnya, di setiap RW di Kelurahan Cipete Utara kini sudah memiliki APAR, namun sosialisasi penggunaannya belum maksimal. "Setiap RW sudah memiliki APAR namun sosialisasi penggunaannya masih kurang," ujar Supar.

[Baca Juga: 5 Langkah Atasi Kulit Terbakar Matahari]

Sementara itu, sejumlah kebakaran yang terjadi di wilayah Jakarta terjadi karena berbagai sebab. Mengutip dari jakartafire.net, antaranya disebabkan oleh kelistrikan, rokok, kompor, lain-lain, dan belum diketahui.

Pelatihan Cara Memadamkan Api di Kelurahan Cipete Jakarta Selatan

Hingga berita ini diturunkan, sekitar periode Januari sampai Oktober 2018 ada sekitar 469 kasus disebabkan oleh kelistrikan, 20 kasus disebabkan rokok, 82 kasus disebabkan kompor, 147 kasus disebabkan oleh berbagai kelalaian (lain-lain), dan 4 kasus belum diketahui sebabnya.

Adanya kegiatan pelatihan pemadaman api ini sebagai bentuk pemahaman terhadap masyarakat terhadap penanganan kebakaran sejak dini. Dengan begitu, diharapkan masyarakat bisa mengetahui langkah-langkah yang akan dilakukan.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.