Kelurahan Jatirangga Dapat Penghargaan Karena Pemanfaatan Bambu

Berita Kawasan

Kelurahan Jatirangga Dapat Penghargaan Karena Pemanfaatan Bambu

Kota Bekasi baru saja mendapatkan penghargaan melalui pemanfaatan dan pelestariaan bambu. Penghargaan dibidang lingkungan ini di dapatkan Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi. Penghargaa ini diberikan kepada Lurah Jatirangga Ahmad Affandi. Tim Pelaksana Program Juara Bambu Jawa Barat mengapresiasi atas upaya Ahmad Affandi dalam menggerakkan pemanfaatan pengelolaan bambu juara.

Penghargaan diberikan Biro Perekonomian Setda Prov Jawa Barat di Gedung Sate Bandung pada 7 Agsutus 2019 lalu. Ahmad menyebutkan, potensi bambu yang ada di wilayahnya bisa dimanfaatkan. Program Ahmad untuk memanfaatkan bambu pun berbuah positif.

Kelurahan Jatirangga Dapat Penghargaan Karena Pemanfaatan Bambu

Pemanfaatan bambu dimulai dari pencanangan dan pembangunan taman baca yang berornamen bambu pertama di Jawa Barat dan pembangunan jembatan bambu di Mendu, Jatirangga. Atas prestasi ini, Ahmad Affandi merasa bangga dengan kerja kerasnya selama ini berhasil mendapat apresiasi dan penghargaan dari Pemprov Jawa Barat.

“Mudah-mudahan penghargaan yang baru saja didapatkan ini dapat memberikan motivasi dan semangat untuk terus berinovasi dan meningkatkan kreativitas dalam membangun wilayah Jatirangga. Demi tercapainya Kota Bekasi yang cerdas, kreatif, maju, sejahtera dan ihsan (terbaik) juga Jawa Barat yang juara lahir dan batin,” ujar Ahmad saat menerima penghargaan.

[Baca Juga: Di Agro Wisata Cipinang Melayu Kini Ada Taman Bacaan]

Melansir dari beaksikota.go.id (8/8/2019) Afandi menambahkan, program bambu juara akan terus dilakukan pihak Kelurahan Jatirangga dengan melibatkan Karang Taruna Jatirangga, dan para pengrajin bambu yang ada di Jatirangga. 

Program Bambu Juara merupakan sebuah ruang bagi masyarakat untuk memberdayakan bambu untuk menjadi bagian dari haya hidup ramah lingkungan dan bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Program ini merupakan kegiatan yang diinisiasikan Pemerintah Provisi Jawa Barat.

[Baca Juga: Tujuan dan Cara-cara Membuka Taman Bacaan di Daerah]

Program ini dibuat karena bambu merupakan tumbuhan umum yang tumbuh di dalam negeri, Bambu yang tumbuh di Indonesia saja terdiri dari 254 jenis, sedangkan Jawa Barat sendiri memiliki 54 jenis bambu olahan. "Kita bekerja sama dengan pemuda Jatirangga untuk menghasilkan kerajinan menarik seperti, misalnya olahan bambu yang dijadikan jam tangan bambu, tumblr bambu, tas bambu, sedotan, alat makan, bambu laminasi dan lainnya," ujar Ahmad.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.