Kelurahan-Marunda-Ulurkan-Tangan-untuk-Korban-Tsunami-Banten-2.jpg

Berita Kawasan

Kelurahan Marunda Ulurkan Tangan untuk Penyitas Tsunami Banten

Saat ini para penyitas tsunami Banten masih dirundung duka dan membutuhkan bantuan usai bencana yang menghantam wilayah mereka pada 22 Desember 2018. Melihat keadaan tersebut, Kelurahan Marunda di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, pun tergerak untuk membantu para penyitas. Penggalangan bantuan tersebut dilakukan dalam momen menjelang tahun baru 2019.

Berdasarkan penjelasan dari pihak Kelurahan Marunda, penggalangan dana bantuan itu diadakan selama dua hari melalui surat edaran dari pihak panitia. Dengan pengumpulan terakhirnya dilakukan saat malam pergantian tahun, tepatnya pada 31 Desember 2018.

[Baca Juga: Yayasan Buddha Tzu Chi Terjunkan Tim Khusus Bantu Korban Tsunami]

Dalam penggalangan dana bantuan untuk para korban tsunami Banten, perwakilan Kelurahan Marunda menjelaskan, berbagai elemen masyarakat di Kelurahan Marunda menyambutnya dengan positif. Sebab dalam waktu dua hari, dana yang terkumpul mencapai puluhan juta bersama dengan barang-barang yang dipandang dapat meringankan beban para korban tsunami Banten.

Kondisi setelah tsunami Selat Sunda

“Bantuan yang terkumpul berjumlah tiga truk. Isinya ada pakaian layak pakai, mi instan dan berbagai kebutuhan. Untuk penggalangan dana, terkumpul Rp52.860.000,” ucap Kepala Seksi Pemerintahan dan Tramtib Kelurahan Marunda Nur Setiyono kepada PingPoint.co.id melalui sambungan telepon (2/1/2019).

Selain aksi bantuan kemanusiaan untuk penyitas tsunami Banten, dzikir serta doa bersama juga digelar di acara pergantian tahun di kelurahan tersebut. “Acara dzikir ini untuk mendoakan keselamatan bangsa di tahun yang baru agar Indonesia tidak lagi terkena bencana. Acara ini dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama sekaligus untuk mengukuhkan RT dan RW yang masa baktinya telah berakhir,” tutur Nur.

Posko Logistik Kelurahan Marunda untuk Penyintas Tsunami Selat Sunda

Kemudian pada 1 Januari 2019, bantuan-bantuan tersebut diangkut menggunakan tiga truk Satpol PP dan dibawa menuju lokasi yang terdampak tsunami Banten yaitu di Kabupaten Pandeglang. Lurah Hilda Damayanti bersama perwakilan dari Kelurahan Marunda juga turut mengawal pengiriman bantuan tersebut.

[Baca Juga: 5 Masalah dan Cara Mengatasi Kerusakan di Rumah Dekat Pantai]

“Perwakilan yang ikut (menuju posko bantuan tsunami Banten) berasal dari pihak RT, RW, lembaga musyawarah kelurahan dan Forum Kewasapadaan Dini Masyarakat atau FKDM,” tambah Nur.

Setiba di lokasi, Hilda bersama perwakilan Kelurahan Marunda pun langsung menyerahkan bantuan tersebut kepada para petugas di Posko Logistik Penanganan Tanggap Darurat bencana Tsunami dan Gelombang Tinggi Kabupaten Pandeglang.

Read More

Artikel Lainnya

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan BeliYangBaik

Berita Kawasan

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan #BeliYangBaik

29 February 2020, 09:00

WWF Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk bisa lebih bijak menjadi konsumen demi lingkungan yang lestari.

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

Bisnis

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

28 February 2020, 21:00

Kontrak kerjasama IPCM dan Nusantara Regas tunjang pendapatan sektor pasar Terminal Khusus hingga 200 persen.

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

Berita Kawasan

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

28 February 2020, 20:00

Sutradara Timo Tjahjanto kembali membawa tokoh Alfie ke jeratan teror supranatural dalam Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2.

Museum Internasional Sejarah Nabi Peradaban Islam Segera Didirikan

Berita Kawasan

Museum Internasional Sejarah Nabi & Peradaban Islam Segera Didirikan

28 February 2020, 19:00

Ibu Kota akan segera memiliki lokasi wisata religi baru di wilayah utara dengan proyek pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam.


Comments


Please Login to leave a comment.