Kelurahan Pademangan Siapkan Bilik Sehat untuk OTG Covid-19

Berita Kawasan

Kelurahan Pademangan Siapkan Bilik Sehat untuk OTG Covid-19

Data kasus COVID 19 sampai tanggal 1 Juni 2020, dari situs resmi corona.jakarta.go.id diketahui, Kelurahan Pademangan Barat termasuk dalam zona merah COVID-19. Jumlah kasus positif COVID-19 di wilayah tersebut termasuk yang paling tinggi di DKI Jakarta yaitu 144 orang.

Untuk itu, Pemerintah Kota Jakarta Utara, berupaya semaksimal mungkin untuk menekan kasus COVID-19 beberapa kawasan, termasuk kasus paling tinggi berada di Pademangan Barat ini. Salah satu upaya pemerintah dengan menyediakan 30 unit Bilik Sehat sebagai tempat isolasi mandiri yang disiapkan untuk orang tanpa gejala (OTG) COVID 19 di Gelangang Olahraga Remaja (GOR) Kecamatan Pademangan.

Kelurahan Pademangan Siapkan Bilik Sehat untuk OTG Covid-19

Pengoperasian fasilitas bilik sehat ini merupakan hasil kolaborasi masyarakat Kelurahan Pademangan Barat dengan Pemkot Jakarta Utara dan BPBD Provinsi DKI Jakarta yang meminjamkan tenda-tenda untuk dijadikan bilik isolasi.

Melansir laman beritajakarta.id (2/06/2020), Camat Pademangan Mumu Mujtahid menjelaskan, fasilitas tersebut saat ini masih terus disiapkan oleh pihak Puskesmas kecamatan sebagai lokasi alternatif bila warga tidak memiliki tempat yang representatif untuk mengisolasi diri.

[Baca Juga: Tegaskan PSBB, Pemkot Jakarta Utara Siap Tindak Pengusaha dan Ojol]

"Di sini kita membuat mereka lebih nyaman. Daripada harus di rumah yang tidak memungkinkan mereka melakukan isolasi, mudah mudahan warga berkenan. Ruang ini semata untuk transit masyarakat. Seandainya ada tempat yang lebih baik, akan kami rujuk ke sana," jelasnya.

Mumu menambahkan, secara teknis, nantinya warga yang menggunakan fasilitas itu harus melalui rekomendasi dari pihak Puskesmas Kecamatan Pademangan. Demikian juga petugas kesehatan di GOR Kecamatan Pademangan juga disiapkan dari Puskesmas.

Tidak hanya petugas kesehatan, pengoperasionalan fasilitas tersebut dijelaskan Mumu juga akan melibatkan warga. Kehadiran mereka nantinya akan menjadi bagian dari pendukung dan memastikan kondisi keluarga warga yang diisolasi dalam keadaan baik.

[Baca Juga: PMKS Jakarta Utara yang Terjaring Ikuti Rapid Test COVID-19]

"Mereka tidak diperkenankan masuk area dalam perawatan. Untuk supporting saja dan memastikan tetangganya menjalani isolasi dengan baik dan keluarga yang ditinggal diperhatikan," tegasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengungkapkan, pendirian fasilitas bilik kesehatan di GOR Kecamatan Pademangan itu sudah mendapat dukungan dari unsur-unsur masyarakat setempat seperti RT, RW, LMK maupun FKDM.

"Dengan kedekatan akses dan interaksi masyarakat yang homogen karena saling mengenal, harapannya dapat menambahkan semangat untuk bisa segera sembuh," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.