Kemacetan Jakarta Picu Google Indonesia Raih Penghargaan Smarties

Bisnis

Kemacetan Jakarta Picu Google Indonesia Raih Penghargaan Smarties

Sebagai Ibu Kota, tidak bisa dipungkiri bahwa kemacetan kerap membayangi Jakarta khususnya di jam-jam sibuk. Oleh karena itulah banyak warga DKI dan sekitarnya yang beraktivitas di Jakarta memilih menggunakan moda transportasi motor dan ini belum ditambah dengan para driver ojek online. Melihat hal tersebut, beberapa tahun yang lalu Google Indonesia menginginkan dihadirkan fitur baru untuk Google Maps atau Gmaps yang dapat membantu para pengendara motor. Ternyata kisah fitur inilah yang akhirnya memicu Google Indonesia dan agensi Toaster meraih penghargaan MMA Smarties Award.

Kemacetan Jakarta Picu Google Indonesia Raih Penghargaan Smarties

Kisah sukses ini disampaikan oleh Head of Consumer Google Indonesia Fibriyani Elastria dan Creative Director Toaster Biro Kreatif Meyvi Wedelia dalam acara Smarties on Silver Screen. Acara yang digelar di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat itu, diadakan oleh Moblie Marketing Association (MMA) untuk memperlihatkan para pemenang MMA Smarties Award tahun 2018.

“Tiga tahun yang lalu kita punya event yang namanya Google for Indonesia di mana event itu baru pertama kali diadakan di Indonesia dan di event ini ada puluhan eksekutif dari Mountain View (kantor pusat Google) yang memang ‘terbang’ ke Indonesia. Salah satu tujuannya selain mereka menjadi speaker, mereka juga ingin tahu lebih banyak mengenai local insight user di Indonesia,” tutur Fibriyani kepada awak media di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat (19/6/2019).

[Baca Juga: 88 Titik Pangkalan Angkutan Orang Akan Ditambah Dishub DKI]

Ia melanjutkan, pihak Google Indonesia pun memanfaatkan momentum tersebut untuk menjelaskan bagaimana pengguna kendaraan bermotor roda dua kerap menggunakan Gmaps untuk membantu mereka sampai ke tujuan. Namun kala itu, Gmaps masih lebih terfokus kepada untuk pejalan kaki serta pengendara mobil. Akhirnya pihak Google Indonesia mendorong agar kantor pusat Google memasukan fitur baru untuk motor dengan studi kasusnya adalah kemacetan di Jakarta yang membuat banyak warganya memilih untuk menggunakan kendaraan roda dua.

“Jakarta menjadi kota yang relevan untuk dijadikan contoh. Dan juga the beauty of digital adalah kita bisa mengonsentrasikan usaha kita di saat kita membicarakan campaign, kita bisa pilih mau fokusnya di mana. Bila kita bicara mengenai campaign yang tradisional biasanya tingkat nasional padahal belum tentu relevan. Jadi untuk kasus ini, kita pilot dulu dengan melakukannya hanya di Jakarta,” jelas Fibriyani.

[Baca Juga: MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties]

Setelah fitur tersebut hadir di Gmaps, Google Indonesia kemudian bekerjasama dengan agensi Toaster untuk membuat pemasaran dengan target para pengguna ponsel pintar atau mobile marketing. Konsep marketing yang mereka gunakan adalah mengombinasikan user insight di mana pengendara motor roda dua kerap masih terjebak macet serta memilih jalan yang lebih jauh agar bisa bergerak terus dengan product magic Gmaps yang memiliki fitur memunculkan “jalan tikus” untuk motor. Dari sinilah muncul kampanye pemasaran Keep Moving Freely.

Berkat kampanye pemasaran dengan metode mobile marketing tersebut, pihak Google Indonesia mengklaim ada jutaan user pengguna motor di Tanah Air yang menggunakan Gmaps. Inilah yang akhirnya memicu Google Indonesia serta agensi Toaster meraih penghargaan MMA Smarties Award 2018.


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.