Kemarau Panjang, Pasokan Air Kota Depok Diklaim Aman

Berita Kawasan

Kemarau Panjang, Pasokan Air Kota Depok Diklaim Aman

Sudah selama tiga bulan terakhir, musim kemarau panjang terus terjadi di wilayah Kota Depok. Tentu saja dampaknya pun dirasakan oleh para warganya, khususnya terkait kemungkinan krisis air bersih. Namun pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok mengklaim telah melakukan langkah antisipasi kemarau panjang ini dengan menyebut, pasokan air mereka aman. PDAM Tirta Asasta juga menyebut, siap untuk membantu memasok air kepada para warga yang mengalami krisis air bersih.

Kemarau Panjang, Pasokan Air Kota Depok Diklaim Aman

Pihak PDAM Tirta Asasta Kota Depok meminta masyarakat di wilayahnya tidak perlu takut dengan berkurangnya pasokan air. “Kami telah membendung air di hulu Sungai Ciliwung. Walaupun kemarau belum ada dampak yang berarti, kami tetap produksi seperti biasa,” tutur Manajer Pemasaran PDAM Tirta Asasta Kota Depok Imas Dyah Pitaloka, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (24/9/2019).

Di sisi lain, Imas juga menyebut, pihaknya telah menyiapkan mobil tangkis khusus yang digunakan untuk mendistribusikan air bersih kepada pelanggan PDAM di Kota Depok. “Beberapa waktu lalu mobil tangki air dikerahkan untuk memberikan bantuan air bersih, khususnya untuk warga RT 03, RT 15, RW 14, RW 16 di Kelurahan Beji, Kota Depok,” ucapnya.

[Baca Juga: 5 Tips Mudah Menghemat Air Sehari-hari di Musim Kemarau]

Karena langkah antisipasi serta kesiapan PDAM Tirta Asasta, sejauh ini, Imas mengklaim belum ada laporan terkait distribusi air kepada masyarakat. “Kami juga selalu berkoordinasi dengan petugas di Katulampa. Jika memang ada kekeringan, mereka akan mengalirkan air dari sana,” ujarnya.

Menurut Imas, PDAM Titra Asasta juga siap membantu masyarakat Depok yang non-pelanggan PDAM yang mengalami krisis air bersih. Ia menganjurkan, jika memang mengalami kekeringan, masyarakat yang bukan pelanggan bisa melakukan pengajuan distribusi air bersih melalui surat permohonan. Namun ia tetap, meminta semua lapisan masyarakat Kota Depok, baik pelanggan maupun non-pelanggan PDAM, agar tetap bijak menggunakan air demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

[Baca Juga: Tips Merawat Tanaman di Taman pada Musim Kemarau]

Keluhan mengenai krisis air bersih di Kota Depok sendiri sebenarnya sudah mulai disuarakan oleh sejumlah warga semenjak akhir Agustus 2019. Sebagaimana dilansir dari jakarta.tribunnews.com (26/8/2019), setidaknya saat itu ada dua kecamatan yang mengeluhkan mengalami krisis air bersih akibat musim kemarau panjang. Kecamatan itu terdiri dari Cimanggis dan Limo, kala itu PMI Kota Depok berkoordinasi dengan PDAM Tirta Asasta untuk membantu menanggulanginya.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.