Kembali Pola Normal, Ini Tips Jaga Asupan Pasca-Ramadan Ala Pakar Unai r.jpg

Kesehatan

Kembali Pola Normal, Ini Tips Jaga Asupan Pasca-Ramadan Ala Pakar Unair

Saat ini masyarakat sudah kembali lagi menjalani aktivitasnya seperti sedia kala usai “berpamitan” dengan bulan suci Ramadan dan hari kemenangan Idulfitri. Namun tanpa disadari terdapat satu kebiasaan yang acap kali terus mengikuti Anda hingga pekan ini, khususnya terkait pola asupan. Di mana mungkin saja masih ada saja di antara Anda yang masih terus mengonsumsi air sirop atau bahkan gorengan secara berlebihan di waktu sore hari atau saat magrib padahal sudah tidak berpuasa lagi.

Tentu saja dampak negatif seperti kolesterol yang tinggi hingga diabetes dari kebiasaan ini bisa membayangi Anda bila dilakukan dalam jangka panjang. Oleh karena itulah Pakar Kesehatan Universitas Airlangga (Unair) memberikan tipsnya dalam mengatur pola makan Anda pasca-Ramadan dan Idulftri.

Kembali Pola Normal, Ini Tips Jaga Asupan Pasca-Ramadan Ala Pakar Unair.jpg

Menurut Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair Lailatul Muniroh SKM M. Kes, memang dibutuhkan masa transisi untuk tubuh Anda beradaptasi usai menjalani puasa di bulan suci dan bisa dilakukan secara bertahap. Ia melanjutkan, hal ini bisa dilakukan dengan memastikan Anda melakukan lima hal berikut ini sebagaimana dilansir dari Unair.ac.id (4/5/2022).

  • Sarapan

Karena selama satu bulan berpuasa, Anda terbiasa sahur maka kerap kali sarapan menjadi hal yang bisa Anda lupakan dan langsung pergi berangkat kerja karena kebiasaan tersebut. Padahal menurut dosen mata kuliah gizi itu, sarapan sangat penting untuk produktivitas Anda apalagi ini demi mendorong rasa kenyang lebih lama sehingga nantinya tidak akan makan siang secara berlebih. Jangan lupa dalam sarapan tersebut Anda bisa memastikan terdapat kandungan karbohidrat, protein, lemak, serta serat yang seimbang.

  • Perhatikan Camilan

Salah stau aspek yang muncul pasca-lebaran adalah kehadiran banyak kue kering di meja makan atau ruang tamu Anda. Dengan keadaan ini tentu saja tak heran bila tak sedikit dari Anda yang menjadikan kudapan ini sebagai camilan tapi jangan lupa bahwa kue-kue kering atau mungkin bolu terbilang tinggi akan kalori. Jadi bila Anda masih ingin makan camilan, alih-alih mengambil kue kering itu, lebih baik memilih buah yang memang kaya akan serat. Pakar Kesehatan Unair itu mencontohkan, Anda bisa memilih melon, semangka, pepaya, atau jeruk.

[Baca Juga: Frisian Flag Dorong Investasi Gizi Melalui Asupan Protein Hewani]

  • Asupan dengan Gizi Seimbang

Laili menyarankan agar Anda tetap makan dengan pola makan normal tapi dengan porsi yang kecil agar tak seperti saat berpuasa atau lebaran kemarin. Di mana dalam setiap porsinya kalau bisa makanan Anda mengandung karbohidrat kompleks (buah ara atau pisang), protein hewani dan nabati, lemak baik, vitamin mineral, serat, dan air.

  • Air Putih

“Perbayak minum air putih, setidaknya delapan gelas sehari atau sekitar 2 liter,” ungkapnya. Konsumsi air putih ini sangatlah penting demi memastikan pencernaan Anda lancar sehingga proses pembuangan sisa makanan dan lemak di tubuh berjalan dengan baik.

  • Jangan Lupa Olahraga

Mungkin tak sedikit di antara Anda yang berhenti berolahraga selama satu bulan selama berpuasa agar bisa bekerja tanpa kekhawatiran dehidrasi. Nah menurut Laili di masa transisi itu, sudah saatnya Anda kembali menekuni olahraga yang sesuai dengan minat dan harus dilakukan secara konsisten.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.