Kembangkan Potensi Anak, RPTRA Rawa Ceria Jadi Juara Menari Jatil

Berita Kawasan

Kembangkan Potensi Anak, RPTRA Rawa Ceria Jadi Juara Menari Jatil

Menari merupakan potensi yang tidak setiap orang mampu menari dengan baik. Potensi ini perlu dilatih dan diasah. Oleh sebab itu, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rawa Ceria pembina anak-anak, Kecamatan Johar Baru selama empat bulan lamanya sebelum lomba. Dan hasilnya, Tarian Jatil dari Jawa Timur berhasil mendapatkan juara pertama dalam lomba tari antar RPTRA yang digelar Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat, di Lapangan Banteng pada 28 Juli 2019. Tarian Jatil biasanya ditampilkan dengan sekelompok orang dengan menggunakan kostum selayaknya prajurit pria sambil menunggang kuda lumping atau eblek.

[Baca Juga: RPTRA Madusela Adakan Pelatihan Tari Tradisional Lenggang Nyai]

Melansir laman pusat.jakarta.go.id (29/07/2019), Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara mengatakan, seni budaya memang merupakan investasi yang sangat baik bagi anak-anak. Karena dengan seni budaya ini anak- anak akan menimbulkan rasa percaya diri yang besar dan penuh semangat. Maka dari itu, menari adalah bentuk dari seni budaya yang dapat dikembangkan anak-anak binaan seni budaya RPTRA Rawa Ceria.

“Kami meminta para pelatih untuk memfasilitasi setiap anak, remaja, maupun ibu-ibu agar dapat mengembangkan bakat dan talentanya di bidang apa pun termasuk bidang seni tari seperti yang hari ini kita saksikan,” ujar Bayu saat menutup kegiatan lomba tari hasil pembinaan seni budaya RPTRA.

[Baca Juga: 20 Kelompok Tari Ikuti Kompetisi Seni Budaya di RPTRA Mawar]

Bayu menambahkan, dengan adanya RPTRA, anak-anak bisa leluasa berkreasi yang menimbulkan rasa percaya diri. Hal ini perlu dicontoh dan terus dikembangkan agar mereka menjadi penari profesional.

Sementara itu, Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Pusat, Sonti Pangaribuan menjelaskan, sebelum dilombakan untuk pagelaran seni dan budaya, anak-anak binaan seni budaya dibina selama empat bulan di RPTRA dengan macam-macam seni budaya, seperti, marawis, qasidahan, hadrock, perkusi, lukis angklung dan teater.

“Namun untuk sementara yang baru dilombakan hanya seni budaya tari. Untuk pemenang lomba tari akan maju ke Tingkat Provinsi DKI Jakarta. Lomba tersebut akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.