Kembangkan Potensi Anak, RPTRA Rawa Ceria Jadi Juara Menari Jatil

Berita Kawasan

Kembangkan Potensi Anak, RPTRA Rawa Ceria Jadi Juara Menari Jatil

Menari merupakan potensi yang tidak setiap orang mampu menari dengan baik. Potensi ini perlu dilatih dan diasah. Oleh sebab itu, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rawa Ceria pembina anak-anak, Kecamatan Johar Baru selama empat bulan lamanya sebelum lomba. Dan hasilnya, Tarian Jatil dari Jawa Timur berhasil mendapatkan juara pertama dalam lomba tari antar RPTRA yang digelar Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat, di Lapangan Banteng pada 28 Juli 2019. Tarian Jatil biasanya ditampilkan dengan sekelompok orang dengan menggunakan kostum selayaknya prajurit pria sambil menunggang kuda lumping atau eblek.

[Baca Juga: RPTRA Madusela Adakan Pelatihan Tari Tradisional Lenggang Nyai]

Melansir laman pusat.jakarta.go.id (29/07/2019), Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara mengatakan, seni budaya memang merupakan investasi yang sangat baik bagi anak-anak. Karena dengan seni budaya ini anak- anak akan menimbulkan rasa percaya diri yang besar dan penuh semangat. Maka dari itu, menari adalah bentuk dari seni budaya yang dapat dikembangkan anak-anak binaan seni budaya RPTRA Rawa Ceria.

“Kami meminta para pelatih untuk memfasilitasi setiap anak, remaja, maupun ibu-ibu agar dapat mengembangkan bakat dan talentanya di bidang apa pun termasuk bidang seni tari seperti yang hari ini kita saksikan,” ujar Bayu saat menutup kegiatan lomba tari hasil pembinaan seni budaya RPTRA.

[Baca Juga: 20 Kelompok Tari Ikuti Kompetisi Seni Budaya di RPTRA Mawar]

Bayu menambahkan, dengan adanya RPTRA, anak-anak bisa leluasa berkreasi yang menimbulkan rasa percaya diri. Hal ini perlu dicontoh dan terus dikembangkan agar mereka menjadi penari profesional.

Sementara itu, Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Pusat, Sonti Pangaribuan menjelaskan, sebelum dilombakan untuk pagelaran seni dan budaya, anak-anak binaan seni budaya dibina selama empat bulan di RPTRA dengan macam-macam seni budaya, seperti, marawis, qasidahan, hadrock, perkusi, lukis angklung dan teater.

“Namun untuk sementara yang baru dilombakan hanya seni budaya tari. Untuk pemenang lomba tari akan maju ke Tingkat Provinsi DKI Jakarta. Lomba tersebut akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.