Kembangkan Wisata Kuliner, Dispar Bekasi Gelar Lomba Masak

Berita Kawasan

Kembangkan Wisata Kuliner, Dispar Bekasi Gelar Lomba Masak

Memliki bupati baru, Kabupaten Bekasi tampaknya sedang berbenah untuk memperbaiki dan memajukan daerah industri ini. Salah satu sektor yang ingin diperbaiki dan ditingkatkan dari Kabupaten Bekasi adalah pariwisata, khususnya di bidang kuliner. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bekasi telah mengadakan lomba masak antar chef. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Graha Pariwisata Kabupaten Bekasi (19/6/2019).

Serkertaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Rahmat Atong mengatakan, dengan diadakannya acara seperti ini, Kabupaten Bekasi dapat memanfaatkan momentum untuk meningkatkan daya saing ekonomi kreatif dalam sektor kuliner.

[Baca Juga: Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Adakan Festival Kuliner Ramadan]

“Kegiatan ini bukan hanya satu rangkaian kegiatan seremonial belaka, namun lebih dari itu. Kegiatan ini merupakan kesempatan yang tepat untuk memanfaatkan momentum agar Kabupaten Bekasi bisa meningkatkan daya saing ekonomi kreatif sub sektor kuliner.” Kata Rahmat.

Menurut Rahmat, kompetisi ini diadakan setiap satu tahun sekali. Kini, perlombaan memasak dibagi menjadi 2 kategori, yaitu UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang diikuti 23 peserta dari kecamatan di Kabupaten Bekasi dan untuk hotel atau restoran yang diikuti 20 peserta.

[Baca Juga: 5 Restoran Gabus Pucung Khas Bekasi yang Wajib Kamu Datangi]

Pemisahan kategori ini memengaruhi menu masakan yang akan dilombakan, untuk kategori UMKM para peserta harus memasak kreasi masakan dengan bahan gabus pucung sedangkan untuk kategori hotel atau restoran, para peserta harus membaut masakan dari bahan utama yang berupa daging.

“Dengan ditentukannya bahan utama seperti gabus pucung dan daging ini membuat peserta menciptakan kreasi makanan yang unik dan baru. Harapannya dengan ditentukannya hal ini kuliner Kabupaten Bekasi akan lebih dikenal masyarakat luas,” ujar Rahmat.

Melansir dari humas.bekasikab.go.id (20/6/2019) pemenang lomba akan ditentukan berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Kriterianya di antara lain adalah kreatifitas, kecepatan dalam memasak, keterampilan, cita rasa dan kebersihan.

[Baca Juga: 3 Kedai Sate Enak di Bekasi Jawa Barat]

“Saya harap lomba ini dapat dijadikan pembelajaran untuk mengasah kemampuan memasak dan mengelola cita rasa jadi lebih baik. Selain itu, dengan adanya acara ini semoga makanan dan kreasi masakan yang diciptakan mampu memikat masyarakat luar terhadap kuliner di Kabupaten Bekasi,” kata Rahmat.

Acara lomba memasak ini dimeriahkan oleh Artis Ibu kota yang juga turut serta menjadi juri, yaitu Nicky Trita. Kemudian adapula Brata Master Chef Season 2 yang turut hadir jadi juri, tak lupa Kepala Dispar Kabupaten Bekasi.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.