Kembangkan Wisata Kuliner, Dispar Bekasi Gelar Lomba Masak

Berita Kawasan

Kembangkan Wisata Kuliner, Dispar Bekasi Gelar Lomba Masak

Memliki bupati baru, Kabupaten Bekasi tampaknya sedang berbenah untuk memperbaiki dan memajukan daerah industri ini. Salah satu sektor yang ingin diperbaiki dan ditingkatkan dari Kabupaten Bekasi adalah pariwisata, khususnya di bidang kuliner. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bekasi telah mengadakan lomba masak antar chef. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Graha Pariwisata Kabupaten Bekasi (19/6/2019).

Serkertaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Rahmat Atong mengatakan, dengan diadakannya acara seperti ini, Kabupaten Bekasi dapat memanfaatkan momentum untuk meningkatkan daya saing ekonomi kreatif dalam sektor kuliner.

[Baca Juga: Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Adakan Festival Kuliner Ramadan]

“Kegiatan ini bukan hanya satu rangkaian kegiatan seremonial belaka, namun lebih dari itu. Kegiatan ini merupakan kesempatan yang tepat untuk memanfaatkan momentum agar Kabupaten Bekasi bisa meningkatkan daya saing ekonomi kreatif sub sektor kuliner.” Kata Rahmat.

Menurut Rahmat, kompetisi ini diadakan setiap satu tahun sekali. Kini, perlombaan memasak dibagi menjadi 2 kategori, yaitu UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang diikuti 23 peserta dari kecamatan di Kabupaten Bekasi dan untuk hotel atau restoran yang diikuti 20 peserta.

[Baca Juga: 5 Restoran Gabus Pucung Khas Bekasi yang Wajib Kamu Datangi]

Pemisahan kategori ini memengaruhi menu masakan yang akan dilombakan, untuk kategori UMKM para peserta harus memasak kreasi masakan dengan bahan gabus pucung sedangkan untuk kategori hotel atau restoran, para peserta harus membaut masakan dari bahan utama yang berupa daging.

“Dengan ditentukannya bahan utama seperti gabus pucung dan daging ini membuat peserta menciptakan kreasi makanan yang unik dan baru. Harapannya dengan ditentukannya hal ini kuliner Kabupaten Bekasi akan lebih dikenal masyarakat luas,” ujar Rahmat.

Melansir dari humas.bekasikab.go.id (20/6/2019) pemenang lomba akan ditentukan berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Kriterianya di antara lain adalah kreatifitas, kecepatan dalam memasak, keterampilan, cita rasa dan kebersihan.

[Baca Juga: 3 Kedai Sate Enak di Bekasi Jawa Barat]

“Saya harap lomba ini dapat dijadikan pembelajaran untuk mengasah kemampuan memasak dan mengelola cita rasa jadi lebih baik. Selain itu, dengan adanya acara ini semoga makanan dan kreasi masakan yang diciptakan mampu memikat masyarakat luar terhadap kuliner di Kabupaten Bekasi,” kata Rahmat.

Acara lomba memasak ini dimeriahkan oleh Artis Ibu kota yang juga turut serta menjadi juri, yaitu Nicky Trita. Kemudian adapula Brata Master Chef Season 2 yang turut hadir jadi juri, tak lupa Kepala Dispar Kabupaten Bekasi.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.