Kemen PPPA Anak Pelaku Kejahatan Juga Korban

Berita Kawasan

Kemen PPPA: Anak Pelaku Kejahatan Juga Korban

Kasus anak berhadapan dengan hukum kembali terjadi. Belum lama ini, seorang remaja berusia 15 tahun berinisial NF, menyerahkan diri ke pihak kepolisian setelah membunuh anak berusia 5 tahun di Sawah Besar, Jakarta Pusat (5/3/2020). Ironisnya, korban merupakan anak tetangganya sendiri. Dilansir dari Kompas.com, pelaku mengaku membunuh karena terinspirasi dari film horor Chucky.

Atas adanya insiden tersebut, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mengingatkan bahwa anak yang menjadi pelaku kejahatan juga merupakan korban. Oleh karenanya, Deputi Perlindungan Anak Kemen PPPA Nahar mengatakan, anak pelaku harus mendapat pendampingan psikologis dan pendalaman dari berbagai aspek selama proses penyelesaian kasus.

Kemen PPPA Anak Pelaku Kejahatan Juga Korban

“Kami menyampaikan duka yang sedalam-dalamnya atas peristiwa yang telah terjadi, terutama bagi keluarga almarhumah anak korban. Disamping itu, hal yang perlu menjadi perhatian kita semua bahwa anak pelaku juga anak korban. Ia harus mendapat pendampingan psikologis yang tepat dan harus ada pendalaman dari berbagai aspek selama proses penyelesaian kasus,” tutur Nahar, dalam siaran pers yang diterima PingPoint.co.id (9/3/2020).

[Baca Juga: KPPPA: Pemda Perlu Perkuat Upaya Pencegahan Pelanggaran Hak Anak]

Selain itu, Nahar mengatakan pihaknya memastikan NF yang kini tengah diamankan di Polres Jakarta Pusat menjalani proses Berita Acara Pemeriksaan (BAP) didampingi oleh orang tua, pengacara dan dua orang petugas Petugas Balai Pemasyarakatan. Untuk mendukung proses penyelidikan, NF juga kini telah menjalani pemeriksaan psikologis di RS Bhayangkara, Jakarta Pusat.

“Kemen PPPA akan terus mengawal kasus ini dan mendorong Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta, Suku Dinas Jakarta Pusat, dan UPTD P2TP2A DKI Jakarta untuk mendampingi dan melakukan asesmen (penilaian) mendalam terkait kasus ini hingga tuntas, serta memastikan anak pelaku segera mendapat pendampingan dari psikolog klinis dan psikolog anak,” tutupnya.

[Baca Juga: Upaya Kementerian KPPPA Hapus Bias Gender Lewat Buku Mata Kuliah]

Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA) Polres Metro Jakarta Pusat diketahui juga telah meminta Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (UPTD P2TP2A) DKI Jakarta untuk melakukan pendampingan dan pemeriksaan psikologis terhadap adik pelaku. Adik pelaku merupakan saksi kunci dalam kasus ini.

Untuk diketahui, dilansir dari Kompas.com (9/3/2020), pengaduan kasus anak berhadapan hukum (ABH) menjadi angka tertinggi untuk kasus yang disoroti oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Pada tahun 2018, KPAI menerima 1.434 pengaduan kasus ABH. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan pada tahun 2017 yang mencapai 1.403 pengaduan kasus ABH.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 5 months lalu
    rine

    Bola165 ,co game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...