Ini Panduan WHO untuk Ibadah Ramadan pada Masa Pandemi COVID-19

Berita Kawasan

Kemenag Jogja Keluarkan Aturan Ibadah di Bulan Ramadan

Ibadah puasa di bulan Ramadan akan diselenggarakan dalam hitungan jam. Di tengah pandemi COVID-19 seperti ini, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kementerian Agama Kota Yogya telah memberikan instruksi kepada masyarakat yang beragama Islam untuk melakukan ibadah Ramadan di rumah.

Kebijakan ini diputuskan untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di Yogyakarta. Kepala Kementerian Agama Kota Yogyakarta Nur Abadi menyebutkan, pihaknya telah menerima surat edaran dari kementerian Agama RI dengan no B-1356/Kk.12.03/1/HM.01/04/2020 yang berisi tentang panduan ibadah bulan suci Ramadan selama pandemi COVID-19.

Kemenag Jogja Keluarkan Aturan Ibadah di Bulan Ramadan

"Dalam surat tersebut terdapat poin-poin panduan ibadah Ramadan selama pandemi COVID-19, ada 15 poin yang panduan ibadah yang dijelaskan dalam surat tersebut," ujar Nur seperti dikutip dari jogjakota.go.id (23/4/2020).

Ada beberapa poin dalam surat tersebut yang harus diingat dan dijalankan masyarakat, yang pertama, umat islam tetap diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan dengan baik berdasarkan ketentuan ibadah. Kemudian, kegiatan sahur dan buka puasa dilakukan individu atau keluarga inti. Tak diperbolehkan melakukan sahur di luar rumah atau menyelenggarakan acara sahur on the road.

[Baca Juga: Menurut Anies, Puasa Kala Pandemi Seperti Ramadan Zaman Rasulullah]

Lalu, salat tarawih dilakukan secara individual atau berjamaah bersama keluarga inti di rumah tidak dilakukan di masjid atau musala. Dalam surat tersebut juga mengimbau permasalahan untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri yang biasanya dilakukan di masjid atau lapangan ditiadakan.

"Dalam surat tersebut juga terdapat imbauan untuk tidak tarawih keliling, tidak melakukan takbiran keliling. Untuk silahturahmi atau halalbihalal bisa menggunakan video conference," sebut Nur.

[Baca Juga: Ini Panduan WHO untuk Ibadah Ramadan pada Masa Pandemi COVID-19]

Untuk Ramadhan tahun ini, sebaiknya buka bersama ditiadakan terlebih dahulu, bisa dilakukan di rumah bersama keluarga, begitu pula salat trawih. Menurut Nur, kualitas ibadah tidak ditentukan dari lokasi di mana beribadahnya, tetapi tidak kalah pentingnya adalah kualitas ibadah ditentukan oleh keikhlasan, kekhusyukan, dan ditentukan oleh kesucian jiwa masing-masing.

"Kita patuhi imbauan dari pemerintah dengan menggunakan pendekatan ilmu pengetahuan, akademik, dan empiris selain itu kita juga terus berdoa, bermunajat, bertafakus kepada Allah SWT semoga pandemi COVID-19 segera selesai," pungkas Nur.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 5 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88 <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>