Kemendikbud Adakan Gelar Tari Remaja 2019

Pendidikan

Kemendikbud Adakan Gelar Tari Remaja 2019

Melalui Direktorat Kesenian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyelenggarakan Program Penguatan Karakter Berbasis Seni Tari bertajuk Gelar Tari Remaja 2019 (GTR 2019) pada 2-4 Juli 2019 di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ).

GTR 2019 yang diikuti sebanyak 33 komunitas seni tari dari 33 provinsi ini akan mengusung tema Tarianku Indonesiaku. Kegiatan ini diharapkan akan membentuk nilai-nilai penguat karakter bagi para remaja Indonesia seperti disiplin, tanggung jawab, hingga pemahaman kebhinekaan.

Selain itu, seperti dikutip dari kemendikbud.go.id (26/6/2019), ekspresi seni baik sebagai manifestasi personal maupun sebagai realisasi nilai kolektif dinilai sebagai bentuk-bentuk keberdayaan masyarakat kesenian.

[Baca Juga: Kemendikbud Gandeng Erajaya Dukung Kompetensi Siswa SMK]

Untuk menunjukan bahwa kreasi dan estetika seni secara dinamis selalu melakukan penyesuaian dan transformasi pengalaman di tengah perubahan sosial. Ekspresi seni harus dibudayakan sejak dini, terutama pada usia remaja yang penuh dengan vitalitas dan idealisme.

Penampilan ke-33 provinsi tersebut terbagi menjadi tiga jadwal.

  1. Pada Selasa (2/7/2019) akan tampil 10 provinsi, yaitu DI Yogyakarta, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Lampung, Papua, Bangka Belitung, NTT, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat.
  2. Pada Rabu (3/7/2019) akan ada 14 provinsi, yaitu Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Bengkulu, Jawa Timur, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Jambi, Aceh, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sumatera Utara, dan Bali.
  3. Pada Rabu (4/7/2019) akan ada 9 provinsi, yaitu Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Gorontalo, Papua Barat, Banten, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, NTB, dan Sumatera Barat.

[Baca Juga: Paduan Menarik Tari Tradisional dan Modern di Indonesia Menari]

Dalam gelaran ini akan dipilih beberapa penampil yang terpilih sebagai apresiasi atas dsar usaha mereka menampilkan karya terbaiknya. Apresiasi diberikan kepada lima kelompok Penyaji Terbaik, lima orang Koreografer Terpilih, lima orang Penata Musik Terpilih, lima orang Penata Rias, dan 10 orang Penari Terbaik.

Beberapa penyaji terpilih nantinya akan ditampilkan pada Pekan Kebudayaan Nasional di bulan September 2019. GTR 2019 sendiri dinilai sebagai sebuah selebrasi komunitas seni tari seluruh Indonesia yang akan meningkatkan interaksi kreatif antar budaya.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.