Kemendikbud Adakan Gelar Tari Remaja 2019

Pendidikan

Kemendikbud Adakan Gelar Tari Remaja 2019

Melalui Direktorat Kesenian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyelenggarakan Program Penguatan Karakter Berbasis Seni Tari bertajuk Gelar Tari Remaja 2019 (GTR 2019) pada 2-4 Juli 2019 di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ).

GTR 2019 yang diikuti sebanyak 33 komunitas seni tari dari 33 provinsi ini akan mengusung tema Tarianku Indonesiaku. Kegiatan ini diharapkan akan membentuk nilai-nilai penguat karakter bagi para remaja Indonesia seperti disiplin, tanggung jawab, hingga pemahaman kebhinekaan.

Selain itu, seperti dikutip dari kemendikbud.go.id (26/6/2019), ekspresi seni baik sebagai manifestasi personal maupun sebagai realisasi nilai kolektif dinilai sebagai bentuk-bentuk keberdayaan masyarakat kesenian.

[Baca Juga: Kemendikbud Gandeng Erajaya Dukung Kompetensi Siswa SMK]

Untuk menunjukan bahwa kreasi dan estetika seni secara dinamis selalu melakukan penyesuaian dan transformasi pengalaman di tengah perubahan sosial. Ekspresi seni harus dibudayakan sejak dini, terutama pada usia remaja yang penuh dengan vitalitas dan idealisme.

Penampilan ke-33 provinsi tersebut terbagi menjadi tiga jadwal.

  1. Pada Selasa (2/7/2019) akan tampil 10 provinsi, yaitu DI Yogyakarta, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Lampung, Papua, Bangka Belitung, NTT, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat.
  2. Pada Rabu (3/7/2019) akan ada 14 provinsi, yaitu Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Bengkulu, Jawa Timur, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Jambi, Aceh, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sumatera Utara, dan Bali.
  3. Pada Rabu (4/7/2019) akan ada 9 provinsi, yaitu Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Gorontalo, Papua Barat, Banten, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, NTB, dan Sumatera Barat.

[Baca Juga: Paduan Menarik Tari Tradisional dan Modern di Indonesia Menari]

Dalam gelaran ini akan dipilih beberapa penampil yang terpilih sebagai apresiasi atas dsar usaha mereka menampilkan karya terbaiknya. Apresiasi diberikan kepada lima kelompok Penyaji Terbaik, lima orang Koreografer Terpilih, lima orang Penata Musik Terpilih, lima orang Penata Rias, dan 10 orang Penari Terbaik.

Beberapa penyaji terpilih nantinya akan ditampilkan pada Pekan Kebudayaan Nasional di bulan September 2019. GTR 2019 sendiri dinilai sebagai sebuah selebrasi komunitas seni tari seluruh Indonesia yang akan meningkatkan interaksi kreatif antar budaya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.