Kemendikbud Awasi PJB Sekolah Lewat SIPlah

Pendidikan

Kemendikbud Awasi PJB Sekolah Lewat SIPlah

Dalam rangka mendukung Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) di sekolah dalam menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Katalog Sektoral Pendidikan dan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPlah).

Berdasarkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler, Pengadaan Barang dan Jasa (PJB) di sekolah dapat dilaksanakan secara daring atau luring. PJB di sekolah yang dilakukan secara daring harus melalui sistem PJB sekolah yang ditetapkan Kemendikbud.

Kemendikbud Awasi PJB Sekolah Lewat SIPlah

Kemendikbud kemudian merancang SIPlah untuk digunakan dalam PBJ sekolah yang dilakukan secaran daring. SIPlah diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan efektivitas serta pengawasan PBJ sekolah yang dananya bersumber dari BOS Reguler Kemendikbud.

[Baca Juga: 6 Kiat Cerdas Siapkan Dana Pendidikan Anak]

BOS Reguler merupakan program Pemerintah Pusat untuk menyediakan pendanaan biaya operasi personalia dan nonpersonalia bagi sekolah yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) nonfisik.

Sekertaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi mengatakan, inovasi dan elektronifikasi sektor PBJ merupakan suatu keniscayaan. Hal ini juga sesuai dengan amana dan kebijakan pemerintah untuk penguatan tata kelola keuangan pendidikan melalui Perpres PBJ Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018.

“Atas hal tersebut Kemendikbud berusaha melakukan inovasi kebijakan PBJ pada sektor pendidikan. Tentunya hal ini adalah jalan yang panjang dan berliku,” katnya saat peluncuran di Plaza Insan Kemendikbud seperti dikutip dari kemendikbud.go.id (25/6/2019).

[Baca Juga: Kemendikbud Gandeng Erajaya Dukung Kompetensi Siswa SMK]

Katalog Sektoral Pendidikan dan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah ini dirancang untuk memanfaatkan Sistem Pasar Daring (online marketplace) yang dioperasikan pihak ketiga. Sistem pasar daring yang dapat dikategorikan sebagai SIPlah harus memiliki fitur tertentu dan memenuhi kebutuhan Kemendikbud.

“Simpel dan Sinerbaja merupakan bukti perjalanan inovasi di tataran internal. Ke depan, Kemndikbud akan mengembangkan e-platfrom untuk layanan pendidikan sehingga semua terintegrasi,” kata Didik Suhardi.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.