Kemendikbud Buat Panduan Cegah Corona Virus di Institusi Pendidikan

Pendidikan

Kemendikbud Buat Panduan Cegah Corona Virus di Institusi Pendidikan

Jumlah warga Indonesia yang terinfeksi Virus Corona yang menimbulkan penyakit COVID-19 terus bertambah. Guna mencegah penyebaran Virus Corona, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan panduan pencegahan di institusi pendidikan.

Panduan pencegahan oleh Kemendikbud tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan COVID-19 di lingkungan Kemendikbud dan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan.

Kemendikbud Buat Panduan Cegah Corona Virus di Institusi Pendidikan

“Saya menghimbau kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, Pimpinan Perguruan Tinggi, Kepala Sekolah di seluruh Indonesia untuk melakukan langkah-langkah mencegah berkembangnya penyebaran COVID-19 di lingkungan satuan pendidikan. Kita bergerak bersama untuk bisa lepas dari situasi ini,” kata Nadiem, dilansir dari laman Kemendikbud.go.id (12/3/2020).

Dalam imbauannya tersebut, Nadiem menginstruksikan agar dilakukan optimalisasi perasan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) atau unit layanan kesehatan di perguruan tinggi. Caranya yang dapat dilakukan yaitu berkoordinasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan setempat.

[Baca Juga: Perguruan Al-Izhar Ikuti Instruksi Mendikbud Cegah COVID-19]

“Komunikasikan dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan/atau Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi setempat untuk mengetahui apakah Dinas Kesehatan telah memiliki semacam rencana atau persiapan dalam menghadapi COVID-19,” tuturnya.

Pihak sekolah juga diimbau untuk menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan alat pembersih sekali pakai (tisu) di tempat yang strategis. Selain itu, pihak sekolah juga perlu memastikan bila warganya menggunakan sarana CTPS minimal 20 detik dan pengering tangan sekali pakai, serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Nadiem juga mengimbau agar pihak pengelola satuan pendidikan dapat memastikan proses pembersihan ruangan dan lingkungan secara berkala. Terutama pada handel pintu, saklar lampu, komputer, papan tik serta fasilitas lainnya yang sering terpegang tangan.

SMP Al-Izhar Sudah Ikuti Instruksi Mendikbud Cegah COVID-19

“Gunakan petugas terampil menjalankan tugas pembersihan menggunakan bahan pembersih yang sesuai untuk keperluan tersebut,” ujarnya.

Kemendikbud juga mengimbau agar pihak sekolah mengawasi absensi warganya dan memberi izin bila ada yang sakit. Pihak sekolah dapat melaporkan kepada instansi terkait bila ada warganya yang tidak hadir karena gangguan pernafasan.

Melalui surat edaran ini, Kemendikbud juga mengingatkan agar satuan pendidikan menyediakan makanan yang sudah dimasak sampai matang serta tidak berbagi makanan dan meminjamkan alat musik tiup. Warga di satuan pendidikan pun diimbau agar menghindari kontak fisik langsung, seperti bersalaman, cium tangan, berpelukan, dan sebagainya.

[Baca Juga: Terkait Corona, 5 Sekolah Internasional di Jakarta Meliburkan Diri]

Kemendikbud juga mengimbau agar pihak satuan pendidikan menunda semua kegiatan yang dilakukan di luar sekolah dan membatasi tamu dari luar satuan pendidikan.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Kemendikbud di lingkungan unit kerja internalnya. Hanya saja, dalam lingkungan unit kerja internal Kemendikbud dilakukan pemeriksaan suhu badan untuk seluruh pegawai dan pengunjung. Seluruh pegawai juga diimbau agar selalu melakukan klarifikasi terhadap semua informasi yang diperoleh terkait COVID-19 dan tidak menyebarkan hoaks.

“Kepada seluruh pimpinan unit utama dan kepala unit pelaksana teknis (UPT) agar dapat mengimplementasikan instruksi ini di satkernya masing-masing,” katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya.jpg

Pendidikan

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya?

18 August 2022, 13:39

Para mahasiswa Unpad belum lama ini memutuskan untuk memasangkan kalung reflektif untuk kucing-kucing liar yang tinggal di sekitaran area kampus Unpad Jatinangor.

Momen HUT RI ke-77, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Wargany a.jpg

Berita Kawasan

Momen HUT ke-77 RI, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Warganya

18 August 2022, 11:38

Dengan tema kebangkitan di HUT ke-77 RI, Anies mengungkapkan bahwa pihaknya telah meringankan beban warganya dengan memberikan keringanan pajak bahkan membebaskannya.

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.


Comments


Please Login to leave a comment.