PONDOK INDAH-PENDIDIKAN-KEMENDIKBUD JALIN KERJASAMA PT POS INDONESIA DUKUNG PROGRAM GLN-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

Kemendikbud dan PT. Pos Indonesia Dukung Program Gerakan Literasi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan PT. Pos Indonesia (Persero) menandatangani nota kesepahaman tentang pemanfaatan layanan pos dalam pengembangan pendidikan dan kebudayaan. Hal ini sebagai upaya mendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, dengan adanya kepastian payung hukum kerjasama antara Kemendikbud dan PT. Pos Indonesia, program GLN yang telah dicanangkan Presiden dapat segera dilaksanakan tanpa hambatan.

“Tentu saja bisa lebih berkembang, baik dari segi volume pengiriman maupun cakupan atau coverage-nya,” kata Muhadjir Effendy seperti dikutip kemdikbud.go.id (23/1/2019).

[Baca Juga: Mulai 2019, Pendidikan Antikorupsi Ada di Sekolah]

Nota kesepahaman yang ditandatangani Sekertaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi dan Direktur Utama PT. Pos Indonesia Gilarsi W. Stijono ini memuat mengenai cakupan tugas dan ruang lingkup kerjasama kedua belah pihak, yakni Kemendikbud sebagai pihak pertama dan PT. Pos Indonesia sebagai pihak kedua.

Pihak pertama mempunyai tugas dan tanggung jawab menerima daftar penerima buku kepada pihak kedua, menentukan lokasi penerimaan buku, menerima dan menyeleksi buku dari donator, mengemas buku dalam paket siap kirim, menginformasikan kepada pihak kedua terkait waktu dan tempat pengambilan buku, dan menyosialisasikan program pengiriman buku dalam pelaksanaan GLN.

Penandatanganan Kerjasama Kemendikbud dan PT Pos Indonesia

Sedangkan pihak kedua mempunyai tugas dan tanggung jawab menerima daftar penerima buku dari pihak pertama, mengambil paket buku, mengirimkan buku pada tanggal 17 setiap bulannya sesuai daftar, menyosialisasikan program pengiriman buku, dan menyediakan fasilitas serta melaporkan hasil pelaksanaan pengiriman buku yang berlaku.

Terhitung sejak ditandatanganinya perjanjian kerjasama ini berlaku untuk jangka waktu empat tahun dan dapat diperpanjang, diubah, atau diakhiri sesuai kesepakatan. Menurut Muhadjir, setelah penandatanganan akan terjadi pelonjakan arus dan pengiriman buku.

[Baca Juga: Post Santa, Komunitas Pecinta Buku di Pasar Santa]

“Saya mohon kita bersama PT. Pos Indonesia dapat mengampanyekan, sehingga semua elemen masyarakat dapat berpartisipasi dalam gerakan pengumpulan buku. Ini bisa menjadi awal yang baik, kerjasamanya juga saya harap stabil,” ujar Muhadjir.

Gilarsi W. Setijono menyampaikan dukungannya terhadap Gerakan Literasi Nasional. Program literasi ini diyakininya sangat dekat dengan semua orang. Dengan Kemendikbud menyelenggarakan program ini, akan memudahkan upaya mendorong dan membangkitkan perkembangan literasi anak-anak Indonesia.

Read More

Artikel Lainnya

Indekos, Toko Bunga, dan Museum, Inilah Perubahan Wajah Gedung Sumpah Pemuda

Berita Kawasan

Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Sartono: Sang Pejuang Demokrasi

27 October 2020, 17:54

Dalam momen perayaan Sumpah Pemuda tahun ini, Museum Sumpah Pemuda menggelar pameran yang memperlihatkan sosok yang dipandang sebagai tokoh pejuang demokrasi di Indonesia, Sartono.

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!.jpg

Bisnis

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!

27 October 2020, 15:36

i awal November 2020, realme Indonesia sudah siap memperkenalkan beragam produk barunya, termasuk ponsel pintar yang targetkan mobile gamer.

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Init.jpg

Berita Kawasan

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Ini

27 October 2020, 14:29

Wali Kota Risma berpesan kepada warganya yang hendak ikut demonstrasi Omnibus Law pada hari ini.

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan.jpg

Berita Kawasan

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan

27 October 2020, 13:36

Pemprov Jawa Barat sudah mulai mempersiapkan untuk antisipasi potensi penyebaran COVID-19 saat libur panjang.


Comments


Please Login to leave a comment.