PONDOK INDAH-PENDIDIKAN-KEMENDIKBUD JALIN KERJASAMA PT POS INDONESIA DUKUNG PROGRAM GLN-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

Kemendikbud dan PT. Pos Indonesia Dukung Program Gerakan Literasi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan PT. Pos Indonesia (Persero) menandatangani nota kesepahaman tentang pemanfaatan layanan pos dalam pengembangan pendidikan dan kebudayaan. Hal ini sebagai upaya mendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, dengan adanya kepastian payung hukum kerjasama antara Kemendikbud dan PT. Pos Indonesia, program GLN yang telah dicanangkan Presiden dapat segera dilaksanakan tanpa hambatan.

“Tentu saja bisa lebih berkembang, baik dari segi volume pengiriman maupun cakupan atau coverage-nya,” kata Muhadjir Effendy seperti dikutip kemdikbud.go.id (23/1/2019).

[Baca Juga: Mulai 2019, Pendidikan Antikorupsi Ada di Sekolah]

Nota kesepahaman yang ditandatangani Sekertaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi dan Direktur Utama PT. Pos Indonesia Gilarsi W. Stijono ini memuat mengenai cakupan tugas dan ruang lingkup kerjasama kedua belah pihak, yakni Kemendikbud sebagai pihak pertama dan PT. Pos Indonesia sebagai pihak kedua.

Pihak pertama mempunyai tugas dan tanggung jawab menerima daftar penerima buku kepada pihak kedua, menentukan lokasi penerimaan buku, menerima dan menyeleksi buku dari donator, mengemas buku dalam paket siap kirim, menginformasikan kepada pihak kedua terkait waktu dan tempat pengambilan buku, dan menyosialisasikan program pengiriman buku dalam pelaksanaan GLN.

Penandatanganan Kerjasama Kemendikbud dan PT Pos Indonesia

Sedangkan pihak kedua mempunyai tugas dan tanggung jawab menerima daftar penerima buku dari pihak pertama, mengambil paket buku, mengirimkan buku pada tanggal 17 setiap bulannya sesuai daftar, menyosialisasikan program pengiriman buku, dan menyediakan fasilitas serta melaporkan hasil pelaksanaan pengiriman buku yang berlaku.

Terhitung sejak ditandatanganinya perjanjian kerjasama ini berlaku untuk jangka waktu empat tahun dan dapat diperpanjang, diubah, atau diakhiri sesuai kesepakatan. Menurut Muhadjir, setelah penandatanganan akan terjadi pelonjakan arus dan pengiriman buku.

[Baca Juga: Post Santa, Komunitas Pecinta Buku di Pasar Santa]

“Saya mohon kita bersama PT. Pos Indonesia dapat mengampanyekan, sehingga semua elemen masyarakat dapat berpartisipasi dalam gerakan pengumpulan buku. Ini bisa menjadi awal yang baik, kerjasamanya juga saya harap stabil,” ujar Muhadjir.

Gilarsi W. Setijono menyampaikan dukungannya terhadap Gerakan Literasi Nasional. Program literasi ini diyakininya sangat dekat dengan semua orang. Dengan Kemendikbud menyelenggarakan program ini, akan memudahkan upaya mendorong dan membangkitkan perkembangan literasi anak-anak Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.