Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan.jpg

Pendidikan

Kemendikbud Gelar Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2019

Sebagai wujud membangun sinergi antara seluruh pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan, Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK).

RNPK berlangsung mulai tanggal 11-14 Februari 2019 di kantor Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai Kemndikbud, Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Dalam acara itu, RNPK mengusung tema Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.

[Baca Juga: Melestarikan Budaya Betawi Lewat Festival Condet]

Dalam pembukaan RNPK, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi berbicara soal pendidikan di level Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Menurutnya, pendidikan di Indonesia jika diibaratkan rumah, sudah berdiri. Namun pekarangannya, halaman yang menjadi tempat pondasi berdiri, belum dibersihkan.

“Yang saya maksud pekarangan ini adalah pendidikan untuk anak usia dini,” kata Muhadjir seperti dikutip dari Sahabat Keluarga Kemendikbud (11/2/2019).

Sinergi Seluruh Pemangku Kepentingan

Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan itu sendiri merupakan wujud membangun sinergi antara seluruh pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, dan masyarakat, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dengan diselenggaraknnya RNPK, diharapkan dapat membangun sinergi pusat dan daerah serta masyarakat untuk menyukseskan program prioritas sebagaimana tertuang dalam Nawacita, sekaligus merumuskan rancangan kebijakan pendidikan dan kebudayaan tahun 2020.

Melalui RNPK ini peserta dapat berbagi pengalaman dan informasi terkait praktik baik serta permasalahan yang dihadapi dalam mengelola penddidikan dan kebudayaan serta bersama-sama merumuskan solusi yang dapat diadopsi oleh pihak-pihak terkait.

Semua pemangku pendidikan dan kebudayaan dapat bersinergi dalam membuat strategi untuk menyukseskan program-program yang peningkatan kualitas pendidikan dan kebuayaan. Selain itu, beberapa isu strategis terkait pendidikan dan kebudayaan menjadi pokok bahasan dalam diskusi-diskusi kelompok.

[Baca Juga: Pendidikan Usia Dini Berbasis Lifestyle dan Technology]

Isu strategis yang dibahas itu terdiri :

  1. Penataan dan Pengangkatan Guru
  2. Revitalisasi Pendidikan Vokasi, meliputi pengembangan sertifikasi kompetisi, penguatan kerja sama lembaga pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri, penguatan kewirausahaan, dan penuntasan peta jalan revitalisasi Pendidikan Vokasi di provinsi.
  3. Sistem Zonasi Pendidikan; Pemajuan Kebudayaan; dan Penguatan Sistem Perbukuan dan Penguatan Literasi.

RNPK tahun ini menghadirkan sejumlah pembicara dari Kemendikbud yakni Sekertaris Jenderal Kemndikbud, Kepada Balitbang Kemndikbud, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Ketua Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah, dan Ketua BAN PAUD dan Pendidikan Non Formal.

Selain itu, RNPK tahun 2019 melibatkan 1.232 peserta yang terdiri dari pemangku kepentingan Pendidikan dan Kebudayaan di pusat dan daerah, termasuk organisasi sosial dan komunitas Pendidikan dan Kebudayaan.


Read More

Artikel Lainnya

carro_1.jpg

Bisnis

Gerai CARRO di PRJ Suguhkan Pengalaman Menarik Beli Mobil Bekas

06 July 2022, 17:00

CARRO memiliki harapan untuk dapat semakin menjangkau masyarakat luas melalui layanan pembelian mobil bekas yang berkualitas.

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.