Kemendikbud Luncurkan Platfrom Elektronik SIPlah

Pendidikan

Kemendikbud Luncurkan Platfrom Elektronik SIPlah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Katalog Sektoral Pendidikan dan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPlah). Keduanya diluncurkan untuk mendukung Pengadaan Barang dan Jasa (PJB) di sekolah dalam menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler.

Peluncuran Katalog Sektoral Pendidikan dan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah ini menjadi salah satu komitmen Kemendikbud dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel.

Kemendikbud Luncurkan Platfrom Elektronik SIPlah

Sekertaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pengembangan kedua platform ini. Beberapa pihak yang terlibat antaranya Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP), dinas pendidikan provinsi/kabipaten/kota, jajaran internal Kemendikbud, dan para mitra penyedia.

Saat ini terdapat 17 mitra penyedia penerbit buku nonteks dan enam penyedia calon mitra operator pasar daring SIPlah yang bekerja sama dengan Kemendikbud.

[Baca Juga: Kemendikbud Awasi PJB Sekolah Lewat SIPlah]

Inovasi dan elektronifikasi sektor PBJ merupakan keniscayaan. Hal ini juga sesuai dengan amanat dan kebijakan pemerintah untuk penguatan tata kelola keuangan pendidikan melalu Peraturan Presiden (Perpres) PBJ Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018.

“Atas hal tersebut Kemendikbud berusaha melakukan inovasi kebijakan PBJ pada sektor pendidikan. Tentunya hal ini adalah jalan yang panjang dan berliku,” katnya saat peluncuran di Plaza Insan Kemendikbud seperti dikutip dari kemendikbud.go.id (25/6/2019).

[Baca Juga: Kemendikbud Gandeng Erajaya Dukung Kompetensi Siswa SMK]

Acara peluncuran SIPlah dihadiri ratusan orang dari perwakilan dinas pendidikan kabupaten/kota dan perwakilan sekolah-sekolah yang terpilih. Seusai peluncuran, mereka mengikuti sosialisasi dan pelatihan menggunakan SIPlah di Kantor Kemendikbud pada hari yang sama.

Berdasarkan Permendikbud Nomer 3 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler, Pengadaan Barang dan Jasa (PJB) di sekolah dapat dilaksanakan secara daring atau luring. PJB di sekolah yang dilakukan secara daring harus melalui sistem PJB sekolah yang ditetapkan oleh Kemendikbud.

Read More

Artikel Lainnya

100 Kolaborator dan 150 Sukarelawan Rayakan Hari Hutan Indonesia

Berita Kawasan

100 Kolaborator dan 150 Sukarelawan Rayakan Hari Hutan Indonesia

08 August 2020, 15:00

Para Kolaborator ini bergotong royong menyiapkan platform dengan berbagai materi audio visual menarik untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta masyarakat Indonesia pada hutan.

Bangkitkan Semangat Belajar di Rumah, Pemkot Depok Beri Penghargaan

Pendidikan

Kemendikbud Siapkan Kurikulum Darurat dengan 2 Komponen untuk PJJ Masa Pandemi COVID-19

08 August 2020, 09:15

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyatakan pihaknya sudah menyusun kurikulum darurat untuk situasi pandemi COVID-19.

Tumbuhkan Bibit eSport, Kemenpora Dukung Turnamen Free Fire Fall Season 2020.jpg

Hobi dan Hiburan

Tumbuhkan Bibit eSport, Kemenpora Dukung Turnamen Free Fire Fall Season 2020

07 August 2020, 19:00

Menpora sangat mendukung usaha Garena Indonesia dalam mencari bibit eSport Tanah Air melalui turnamen Free Fire Fall Season 2020.

Ini Cara TCS untuk Dukung Pemulihan Sektor Pendidikan Tanah Air.jpg

Pendidikan

Ini Cara TCS untuk Dukung Pemulihan Sektor Pendidikan Tanah Air

07 August 2020, 18:00

Dari mulai warga sampai Pemkot Jakarta Utara sudah mulai bergerak untuk menyambut perayaan Hari Kemerdekaan nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.