Kemendikbud Resmi Tunda Ujian Nasional SMK di Jakarta

Pendidikan

Kemendikbud Resmi Tunda Ujian Nasional SMK di Jakarta

Imbas mewabahnya Virus Corona di Indonesia menghambat seluruh aktivitas masyarakat, khususnya di ibu kota. Sekolah pun sudah mulai memberlakukan belajar di rumah masing-masing untuk menekan angka penyebaran virus yang menyebabkan penyakit COVID-19.

Akibat hal tersebut, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sedianya digelar pada 16 hingga 19 Maret 2020 resmi ditunda. Selain DKI Jakarta, ada beberapa provinsi lain di Indonesia yang juga melakukan penundaan tersebut.

Kemendikbud Resmi Tunda Ujian Nasional SMK di Jakarta

“Informasi yang saya terima baru empat provinsi yang melakukan penundaan UN karena pandemi COVID-19 yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah, Bali, dan Jawa Barat,” kata Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhammad Bakrun di Jakarta, Senin.

Nantinya kata Bakrun, pihaknya akan melakukan penjadwalan ulang bersama Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud terkait SMK yang terkena penundaan UNBK.

[Baca Juga: Disdik Kota Bekasi Imbau Sekolah Tidak Study Tour untuk Cegah COVID-19]

Sedangkan bagi sekolah yang tetap menggelar ujian nasional, perlu menaati beberapa protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah untuk mencegah penularan COVID-19.

Adapun beberapa protokol kesehatan selama pelaksanaan UNBK adalah: tidak melakukan kontak fisik seperti salaman, dan cium tangan. Selain itu, sebelum mengikuti ujian peserta diwajibkan mencuci tangan menggunakan cairan pembersih.

Untuk siswa yang sakit dengan gejala demam, pilek, batuk, dan sesak nafas diminta untuk tidak memaksakan diri untuk mengikuti Ujian Nasional dan diganti dengan mengikuti ujian susulan. Di samping itu, setiap jeda ujian, petugas sekolah harus membersihkan ruangan dan peralatan yang sudah digunakan menggunakan disinfektan.

[Baca Juga: Terkait Corona, 5 Sekolah Internasional di Jakarta Meliburkan Diri]

Untuk diketahui sebelumnya Kemendikbud telah menetapkan jadwal UN 2020 mulai Maret hingga Mei nanti sesuai jenjang pendidikan. SMK menjadi jenjang pertama yang menggelar UNBK yakni pada 16 hingga 19 Maret 2020. Bagi yang mengikuti susulan, bisa dilakukan pada 7 sampai 8 April 2020.

Sedangkan untuk jenjang SMA, UNBK akan digelar pada tanggal 20 sampai 23 April 2020 serta susulannya bakal digelar pada 29 sampai 30 April 2020.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.