Kemenhub Izinkan Bus AKAP Kembali Beroperasi. Ada Syaratnya

Berita Kawasan

Kemenhub Izinkan Bus AKAP Kembali Beroperasi. Ada Syaratnya?

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) beberapa waktu lalu mengeluarkan surat edaran yang mengizinkan seluruh moda transportasi untuk kembali beroperasi di tengah pandemi COVID-19. Tak terkecuali bagi moda transportasi darat seperti bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Meski telah diizinkan beroperasi, tapi tidak semua masyarakat bisa menggunakan jasa bus AKAP. Hal itu tertuang dalam surat edaran No. SE.9/AJ.201/DRJD/2020 tentang Pengaturan Penyelenggaraan Transportasi Darat Selama Masa Dilarang Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

[Baca Juga: Bus AKDP & AKAP Tak Beroperasi Selama PSBB Kota Surabaya]

Dalam surat edaran tersebut, ada beberapa kriteria penumpang yang diizinkan menggunakan jasa bus AKAP. Salah satunya adalah mereka yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta yang bekerja di bidang percepatan penanganan COVID-19 serta di bidang pertahanan, keamanan, dan ketertiban umum. Selain itu mereka yang bekerja di bidang kesehatan, di bidang kebutuhan dasar, di bidang pendukung layanan dasar serta di bidang fungsi ekonomi penting juga mendapat izin untuk menggunakan jasa bus AKAP.

Kemenhub Izinkan Bus AKAP Kembali Beroperasi. Ada Syaratnya

Selain para pekerja di atas, masyarakat yang memiliki anggota keluarga yang sedang sakit keras atau meninggal dunia dan pelajar juga diizinkan menggunakan jasa bus AKAP dengan ketentuan berlaku.

Adapun bagi para calon penumpang wajib memiliki dan menunjukkan beberapa dokumen pendukung seperti:

  1. Surat tugas bagi Aparatur Sipil Negara, TNI, dan Polri yang ditandatangani minimal pejabat setingkat eselon 2
  2. Surat tugas bagi pegawai BUMN, BUMD, organisasi non pemerintah atau lembaga usaha yang ditandatangani direksi
  3. Hasil negatif rapid tes COVID-19 atau surat keterangan sehat dari dinas kesehatan/rumah sakit/puskesmas/klinik kesehatan
  4. Surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai dan diketahui oleh Lurah bagi orang yang tidak mewakili lembaga pemerintah
  5. Identitas diri
  6. Rencana perjalanan, mulai dari jadwal keberangkatan, saat berada di daerah penugasan, hingga waktu kepulangan.

[Baca Juga: Jangan Mudik! Pemudik Dilarang Masuk Wilayah Kabupaten Malang]

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan bahwa nantinya untuk wilayah Jabodetabek, hanya ada satu terminal yang akan beroperasi yakni di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Sepanjang pejalanan kata Syafrin, para penumpang akan diperiksa di titik-titik check point hingga sampai di provinsi tujuan. Ini dilakukan agar penumpang yang naik benar-benar memenuhi aturan dan protokol kesehatan.

“Di jalan akan diperiksa oleh rekan-rekan kepolisian yang ada di cek poin. Kalau ke arah Surabaya, banyak check point-nya. Ada Polda Metro Jaya, Jawa barat, Jateng, dan Jatim. Jadi, artinya pemeriksaan di lapangan akan berlapis,” terang Syafrin.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.