Kemenkes Siapkan Layanan Telemidicine untuk Tangani COVID-19

Bisnis

Kemenkes Siapkan Layanan Telemidicine untuk Tangani COVID-19

Selama pandemi COVID-19, berdasarkan data yang diambil dari corona.jakarta.go.id yang per 25 Maret 2020, tercatat sebanyak 701 pasien dirawat, 31 orang sembuh dan 58 orang dinyatakan meninggal. Terlihat dari data pasien yang dirawat di rumah sakit semakin hari semakin meningkat.

Dalam upaya menekan angka pasien yang meningkat ini, Kementerian Kesehatan menyediakan layanan telemedicine berupa konsultasi kesehatan secara virtual bagi masyarakat yang dengan mudah diakses di mana pun dan kapan pun melalui empat platform yang telah dikenal semua lapisan masyarakat. Untuk itu, Kementerian Kesehatan menggandeng empat unicorn yakni Gojek, Halodoc, Grab dan Good doctor. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan yang dilakukan pada 23 Maret 2020.

Kemenkes Siapkan Layanan Telemidicine untuk Tangani COVID-19

Melansir laman kemkes.go.id (26/03/2020). Sekretaris Jendral Oscar Primadi berharap dengan adanya keempat platform tersebut, dapat beri pemahaman kepada masyarakat agar komunikasi, informasi dan edukasi dapat sampai ke semua lapisan.

Menurutnya, kerja sama ini merupakan bentuk penguatan terhadap pedoman yang telah dikeluarkan pemerintah maupun berbagai informasi yang beredar di masyarakat. Selain itu, pemanfaatan teknologi ini sebagai solusi bagi masyarakat dalam menangani COVID-19.

''Goal-nya tidak ingin RS menumpuk, masyarakat kebingungan. Saya yakin dengan model informasi seperti ini akan mudah didapat, walaupun pedoman sudah kita berikan, tetapi informasi ini harus sampai lebih massive,'' tuturnya.

[Baca Juga: Dinkes DKI Buka Layanan Telepon Terkait Virus Corona]

Sementara itu, Shinto Nugroho Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Gojek mengatakan, pihaknya siap mendukung langkah pemerintah dalam menghadapi COVID-19. Hadirnya layanan ini diharapkan bisa mengurangi beban rumah sakit dalam menangani kasus COVID-19.

''Hal utama yang akan kita lakukan untuk meringankan beban medikal profesional kita. Kami menyadari bahwa masyarakat yang ingin memastikan dan memeriksakan dirinya. Akan tetapi kapasitas RS kita, kapasitas medikal kita ada batasnya. Inilah saatnya, kita bergandeng tangan untuk sama-sama mempergunakan telemedicine sebagai penapisan,'' terangnya.

[Baca Juga: Cegah Coronavirus Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner]

Layanan telemedicine yang disiapkan Gojek bersama Halodoc berguna dalam membantu masyarakat untuk berkonsultasi, menyarankan apa yang perlu dilakukan dan pengantaran obat sesingkat-singkatnya. Manakala diagnosisnya harus ke rumah sakit, maka akan dirujuk ke RS Rujukan penanganan COVID-19.

Hal yang sama juga disampaikan Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, dengan diluncurkannya layanan telemedicine dari Grab dan Good doctor diharapkan dapat membantu masyarakat untuk berkonsultasi seputar kesehatannya saat isolasi mandiri.

''Kami juga membantu para pasien untuk bisa self isolation kemudian bagaimana kita memonitor kapan mereka harus ke rumah sakit atau mereka masih bisa tetap di rumah,'' ujarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.