Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Musim Haji 2019

Kesehatan

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Musim Haji 2019

Menjelang keberangkatan kloter pertama jemaah haji Indonesia menuju Arab Saudi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) semakin memantapkan layanan kesehatan dari berbagai aspek mulai infrastruktur hingga layanan jemaah.

Pada aspek infrastruktur atau fasilitas, saat ini telah disiapkan dua Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), baik di Mekah dan Madinah. Bahkan KKHI Madinah merupakan bangunan yang baru saja diresmikan pada awal Mei 2019 lalu.

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Musim Haji 2019

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc, mengatakan fasilitas kesehatan dilengkapi dengan sarana prasarana pendukung seperti ambulans, laboratorium dan obat-obatan.

Tahun ini pemerintah menyiapkan sekitar 79 ton obat-obatan. Jumlah ini meningkat sembilan ton ketimbang tahun 2018. Begitu juga alat pelindung diri (APD) seperti masker, payung, dan kacamata juga tetap diadakan bagi setiap jemaah dan dibagikan di embarkasi saat sebelum keberangkatan.

[Baca Juga: Antisipasi Meningitis dengan Vaksin di RS Haji Pondok Gede]

''Itu kesiapan kita dari fasilitas, sarana dan prasarana termasuk tenaga petugas kesehatan yang insya Allah jauh lebih baik lagi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,'' kata Eka usai memberikan arahan dalam Konsolidasi dan Penguatan Komunikasi Bagi Petugas Kesehatan Haji Indonesia di BBPK Cilandak Jakarta seperti dikutip depkes.go.id (23/6/2019).

KKHI Madinah yang baru tersebut juga mempunyai komposisi jenis perawatan yang lebih lengkap dan kapasitas tempat tidur yang lebih banyak ketimbang KKHI yang lama. Jumlah tempat tidur yang semula hanya 50, saat ini menjadi 80 tempat tidur.

[Baca Juga: Pemkot Tangerang Berikan Hibah 1,25 M untuk Penyelenggaraan Haji]

Selain di Madinah, klinik kesehatan lainnya juga didirikan Kemenkes di Kota Makkah. KKHI Makkah telah berdiri megah di daerah Aziziyah Junubiah dan sudah beroperasi sejak 2017. Klinik 18 lantai tersebut memiliki kapasitas 300 tempat tidur rawat inap.

Di samping itu juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung pemeriksaan kesehatan seperti laboratorium, apotek, ruang rontgen dan memiliki fasilitas kamar petugas kesehatan yang dapat menampung sekitar 400 petugas kesehatan haji. Kedua KKHI ini setara dengan rumah sakit tipe C di Indonesia.

Read More

Artikel Lainnya

Selain Serum, Mengapa Double Cleansing Diperlukan

Kecantikan dan Fashion

Selain Serum, Mengapa Double Cleansing Diperlukan?

16 November 2019, 15:00

Anda rutin menggunakan serum? Pastikan Anda rutin mencuci muka. Namun, jangan dengan sabun biasa, karena tidak cukup mengangkat kotoran yang menempel di wajah. Anda perlu melakukan double cleansing.

Petopia, Pet shop yang Rawat Kucing Jalanan Agar Siap Diadopsi Gratis

Bisnis

Petopia, Pet Shop yang Rawat Kucing Jalanan Agar Siap Diadopsi Gratis

16 November 2019, 14:00

Bagi para pecinta kucing, di pet shop Petopia Pasar Minggu, ada kucing lokal yang dirawat sehingga siap diadopsi secara gratis.

Kenang Memori Lama, McDonald's Adakan 40 Tahun Mainan Happy Meal 3 (FILEminimizer).jpg

Berita Kawasan

Terbit Kenangan Lama di Pameran HUT Ke-40 Happy Meal dari McDonald's

16 November 2019, 13:00

Saksikan pameran mainan McDonald's sepanjang empat dekade di 40th Anniversarry of Happy Meal Exhibition, Kelapa Gading.

Mengenal Kelezatan Tauco dan Berbagai Jenis Olahannya

Kuliner

Mengenal Kelezatan Tauco dan Berbagai Jenis Olahannya

16 November 2019, 12:00

Tauco menjadi bumbu masakan yang memiliki cita rasa yang khas. Tak hanya itu, aromanya pun khas sehingga tak jarang membuat selera orang tergugah untuk menyantapnya.


Comments


Please Login to leave a comment.