Kemenkumham Siapkan 2.000 Formasi untuk Lulusan SMA di CPNS 2019

Pendidikan

Kemenkumham Siapkan 2.000 Formasi CPNS 2019 untuk Lulusan SMA

Jika Anda sedang mencari pekerjaan dan berbekal ijazah SMA, sepertinya Anda harus mencoba lowongan Calon Pegawai Negeri SIpil (CPNS) 2019 di Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Dibukanya lowongan ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 392 Tahun 2019.

Kemenkumham Siapkan 2.000 Formasi untuk Lulusan SMA di CPNS 2019

Seperti yang diumumkan Sekretaris Jenderal Kementrian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto yang juga Ketua Panitia Seleksi Pengadaan CPNS Kementrian Hukum dan HAM menyebutkan, secara keseluruhan Kemenkumham membuka 4.598 posisi untuk CPNS 2019.

[Baca Juga: Ini Persiapan Jelang Pembukaan Pendaftaran CPNS]

Untuk lulusan SMA/sederajat tersedia 2.875 posisi sebagai Penjaga Tahanan dan Pengemudi Pengawal Tahanan. Bukan hanya itu, Kemenkumham juga menyediakan 657 formasi untuk lulusan SMA/sederajat pada posisi Pemeriksa Keimigrasian atau Pemula.

Maka dari itu, persiapkan diri Anda untuk mendaftar dan mengikuti serangkaian tes CPNS. Untuk mengikuti CPNS Kemenkumham 2019 persyaratannya antara lain:

  • Merupakan pelamar lulusan Perguruan Tinggi dan SLTA-Sederajat yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas pemerintah
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar
  • Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir)
  • Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (dengan menandatangani surat pernyataan)
  • Bagi Wanita tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat dan bagi Pria tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas: tindik pada anggota badan kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat
  • Minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun 0 Bulan 0 hari untuk SLTA
  • Tinggi badan untuk pelamar jabatan penjaga tahanan dan jabatan pemeriksa keimigrasian, Pria minimal 160 cm dan Wanita minimal 155 cm
  • Pelamar jabatan penjaga tahanan dan jabatan pemeriksa keimigrasian dengan kualifikasi pendidikan SLTA Sederajat harus sesuai dengan domisili yang tercantum dalam e-KTP. Apabila pelamar yang provinsinya tidak sesuai dengan e-KTP dan ingin mendaftar pada wilayah provinsi lain, wajib membuat surat keterangan dari kelurahan atau kantor desa setempat yang menerangkan bahwa yang bersangkutan telah berdomisili pada wilayah provinsi tersebut

[Baca Juga: Poin-poin Tes CPNS yang Harus Diperhatikan Agar Bisa Lolos]

Tertarik untuk mendaftar? Untuk lebih lengkap, Anda bisa melihat syarat dan tata cara pendaftarannya di laman cpns.kemenkumham.go.id. Selamat mencoba, Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.