Kemenperin Galakkan Industri Kriya Nasional

Bisnis

Kemenperin Galakkan Industri Kriya Nasional

Dalam industri kerajinan, dampak positif yang dihasilkan mencakup banyak aspek. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah penyerapan tenaga kerja dan sumbangsih terhadap devisa melalui capaian ekspor produknya yang cukup signifikan. Kementerian Perindustrian mencatat, nilai ekspor produk kerajinan nasional menembus hingga USD870 juta sepanjang tahun 2018. Negara tujuan utama pengapalannya, antara lain ke Amerika Serikat, Jepang, Belanda, Inggris, Singapura, dan Jerman.

“Jumlah industri kerajinan di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 700 ribu unit usaha dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 1,32 juta orang,” jelas Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih, dalam rilis yang diterima PingPoint.co.id (12/9/19).

Kemenperin Galakkan Industri Kriya Nasional

Mengenai potensi industri kerajinan nasional tersebut, Dirjen IKMA optimis bahwa nilai ekspor produknya akan semakin meningkat seiring adanya perbaikan mulai dari aspek kualitas produk sampai pada segi desain dan kemasan. Upaya ini sejalan dengan pemanfaatan teknologi dan pengembangan kompetensi sumber daya manusianya.

[Baca Juga: Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda]

“Sektor kriya merupakan salah satu dari kelompok industri kreatif, yang saat ini sudah memiliki jaringan pasar yang luas di tingkat mancanegara,” ungkap Gati saat menghadiri pembukaan Pameran KriyaNusa 2019 di Jakarta. Untuk itu, Kemenperin terus aktif mempromosikan produk kerajinan nasional melalui berbagai pameran baik yang diselenggarakan di dalam maupun luar negeri, salah satunya adalah Pameran Kerajinan KriyaNusa.

Kemenperin Galakkan Industri Kriya Nasional

Dalam rangka memperingati HUT ke-39, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar Pameran Kerajinan KriyaNusa 2019 yang berlangsung pada tanggal 11-15 September 2019, dengan mengangkat tema Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreativitas & Kewirausahaan.

Kegiatan ini dibuka Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas yang juga Ibu Kerajinan Nasional Mufidah Jusuf Kalla. Pameran yang digelar setiap tahun tersebut menampilkan produk kerajinan dengan kualitas yang semakin baik, sehingga produk kerajinan Indonesia kian dikenal dunia.

[Baca Juga: Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam]

“Diharapkan melalui ajang Pameran KriyaNusa 2019, Dekranas dapat memberikan ruang bagi perajin Indonesia untuk menampilkan produk unggulan. Setiap tahunnya, Pameran Kriyanusa mengusung ikon daerah Nusantara yang berbeda-beda, dan Ikon Kriyanusa tahun ini adalah Sumatera Barat,” ujar Gati.

“Pameran ini bagus sekali sebagai upaya mendorong produk-produk kerajinan Indonesia semakin mendunia. Semoga pameran Kriyanusa ini memberikan kontribusi kepada seluruh peserta untuk meningkatkan produktivitas, serta mengedukasi dan merangsang pemahaman mereka dalam hal mempromosikan produk kerajinan secara aktif dan komprehensif,” tutup Gati.

Read More

Artikel Lainnya

RUU PDP Tekankan Tiga Poin Penting

Bisnis

RUU Perlindungan Data Pribadi Tekankan Tiga Poin Penting

26 February 2020, 15:00

Kominfo dan DPR RI telah membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada Selasa, 25 Februari 2020

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

Berita Kawasan

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

26 February 2020, 14:30

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberlakukan status darurat selama sepekan hingga 2 Maret 2020. Selain mengevakuasi dan mendirikan posko, Pemkab bergerak cepat menyebarluaskan bantuan logistik.

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

Berita Kawasan

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

26 February 2020, 14:30

BMKG mengeluarkan peringatan dini akan potensi beberapa wilayah di kawasan Jabotabek akan diguyur hujan. Warga diminta bersiap dan waspada.

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

Berita Kawasan

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

26 February 2020, 14:15

Akting memukau Elisabeth Moss membuat The Invisible Man tak hanya sukses membius penonton. Aktingnya menguatkan pesan dampak psikologis dari abusive relationship.


Comments


Please Login to leave a comment.