Kementerian Bangladesh Penasaran Program KB Puskesmas Sawangan

Kesehatan

Kementerian Bangladesh Penasaran Program KB Puskesmas Sawangan

Puskesmas Sawangan Depok terus berupaya menyukseskan program Keluarga Berencana (KB) yang membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak. Melansir laman depok.go.id (31/07/2019), Sebanyak sembilan orang perwakilan dari Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga, Bangladesh pada 30 Juli 2019 mengunjungi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan. Kedatangan mereka untuk mempelajari program Keluarga Berencana (KB) yang dijalankan UPT Puskesmas Sawangan, Depok.

Saat berkunjung dan menemui Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan, Winarni Naweng Triwulandari. Winarni mengakui, program Keluarga Berencana (KB) di wilayahnya berjalan baik. “Meski begitu, kami tidak bisa berjalan sendiri, namun juga membutuhkan kerjasama dari seluruh stakeholder yang ada,” kata Winarni.

Kementerian Bangladesh Penasaran Program KB Puskesmas Sawangan

Ketua rombongan Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga, Bangladesh, Mannan mengakui pihaknya tertarik dengan program KB yang diberikan UPT Puskesmas Sawangan dari pemerintah secara gratis. Pelayanan kontrasepsi ke warganya diberikan gratis dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan IUD, suntik, pil, implant, Metode Operasi Wanita (MOW), Metode Operasi Pria (MOP) hingga kondom.

[Baca Juga: Puskesmas di Kecamatan Kota Depok Ini Adakan Penyuluhan AIDS]

Winarni mengatakan, Puskesmas Sawangan membawahi dua kelurahan yang menjadi wilayah kerja yakni Kelurahan Sawangan dan Sawangan Baru. Dalam pelaksanaan kegiatan KB di dua kelurahan ini tercatat pada tahun 2018 setidaknya terdapat 5.280 akseptor KB dengan tujuh metode KB yang ada. Diantaranya 3.251 menggunakan suntik, 366 menggunakan IUD, 811 orang menggunakan pil, dan 398 orang menggunakan implan.

Selain itu, lanjutnya, untuk Metode Operasi Wanita (MOW) sebanyak 206 orang, Metode Operasi Pria (MOP) sebanyak 31 orang, serta yang menggunakan kondom sebanyak 217 orang. Kemudian, sambung Naweng, khusus untuk MOP dan MOW, Puskesmas Sawagan sifatnya hanya mengumpulkan orang yang mau menggunakan metode tersebut. Selanjutnya mereka akan dirujuk ke rumah sakit. “Hanya MOW dan MOP saja yang di rumah sakit, metode lainnya bisa dilakukan di Puskesmas Sawangan,” tuturnya.

[Baca Juga: Puskesmas Depok Bertekad Cegah Anemia Pada Remaja]

Dirinya menambahkan, di Depok sendiri ada beberapa strategi dalam peningkatan cakupan angka KB. Antara lain dengan adanya program Kampung KB, serta program TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) yang rutin dilaksanakan baik tingkat kota maupun kecamatan.

“Dalam kegiatan ini terlihat kolaborasi yang erat antara Puskesmas dengan TNI maupun Polri dalam rangka menyukseskan program KB di Depok,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.