Kementerian Luar Negeri Berikan Beasiswa untuk Kenalkan Budaya

Pendidikan

Kementerian Luar Negeri Berikan Beasiswa untuk Kenalkan Budaya

Untuk memperkenalkan seni dan budaya Indonesia kepada generasi muda saat ini, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) kembali membuka pendaftaraan Indonesian Arts and Culture Scholarship (IACS) atau yang dikenal sebagai Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI). Tahun ini menjadi yang ke-18 kalinya Kemlu membuka program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia kepada para pemuda dan pemudi baik dari Indonesia maupun Luar Negeri berusia 21-27 tahun.

Lewat beasiswa tersebut, nantinya para peserta diajak untuk mempelajari budaya warisan leluhur bangsa Indonesia sekaligus berinteraksi dengan komunitas-komunitas seni di Bali, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Sulawesi dan Jogjakarta.

Kementerian Luar Negeri Berikan Beasiswa untuk Kenalkan Budaya

Bagi kalian yang ingin mendaftar dalam program tersebut masih bisa mempersiapkan waktu dari sekarang. Sebab, Kemlu baru akan menutup pendaftaran pada tanggal 28 Februari 2020.Setelah dinyatakan lulus, peserta akan mengikuti program beasiswa selama 3 bulan sejak tanggal 2 Mei hingga 15 Agustus 2020. Kemudian pada acara puncak yang akan berlangsung pada tanggal 13 Agustus 2020, para peserta diwajibkan untuk memberikan penampilan terbaiknya pada kegiatan "Indonesia Channel".

[Baca Juga: Beasiswa Korea Selatan KGSP untuk Pascasarjana Akan Segera Dibuka]

Kemlu sendiri telah secara konsisten menyelenggarakan IACS sejak tahun 2003. Sampai saat ini, program BSBI Kemlu telah menghasilkan 920 alumni dari 77 negara. Para alumninya pun banyak yang mempelajari kesenian lokal yang unik di daerah dimana Ia ditempatkan.

Bagi peserta yang ditempatkan di Jawa Timur, mereka akan mempelajari sejarah, proses dan cara membuat baik, serta tarian Jawa Tradisional. Bagi peserta yang ditempatkan di Bali, mereka mempelajari tari Bali, gamelan Bali dan juga kerajinan-kerajinan Bali. Para alumni kemudian menjadi duta seni dan budaya Indonesia dimana pun mereka berada.

[Baca Juga: Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini]

Tak ketinggalan juga ada beberapa fasilitas yang akan diberikan Kemlu kepada para peserta yang terpilih dalam program ini yakni: Biaya pendidikan di Sanggar, tiket perjalanan PP kelas ekonomi menuju tempat studi, akomodasi penuh seperti makanan dan tempat tinggal, transportasi lokal selama masa program, asuransi kesehatan serta tunjangan bulanan senilai Rp 2.000.000.

Bagi yang ingin mendaftar bisa langsung mengunjungi situs kemlu.go.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.Kemlu berharap para calon peserta memiliki motivasi yang kuat untuk mempelajari seni dan budaya Indonesia serta berpotensi membantu Perwakilan RI dalam mempromosikan Indonesia.

Read More

Artikel Lainnya

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

Pendidikan

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

09 April 2020, 20:00

Dukungan pulsa atau paket data ini rupanya bukan hanya diberikan ke mahasiswa untuk proses belajar, tapi juga tenaga pengajar.

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Pendidikan

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

09 April 2020, 19:00

Pemkot Depok kembali mengumumkan perpanjangan masa belajar di rumah dalam rangka menekan penyebaran wabah COVID-19 di wilayahnya.

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

Kesehatan

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

09 April 2020, 18:00

Kaldasa sendiri merupakan singkatan dari kaldu, sayur dan daging. Tiga komponen tersebut diyakini mampu membuat anak dengan autisme lebih tenang dan lebih fokus.

Bakmitopia Dukung Garda Depan dengan Program Food For The Heroes

Kuliner

Bakmitopia Dukung Garda Depan dengan Program Food For The Heroes

09 April 2020, 17:00

Food For The Heroes merupakan program Bakmitopia untuk mendukung mereka yang berada di garda depan penanganan pandemi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.