Kemenpar RI Harapkan Keberadaan Factory Outlet

Bisnis

Kementerian Pariwisata Harapkan Keberadaan Factory Outlet

Salah satu tujuan utama Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mendukung digelarnya kegiatan Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019 yang saat ini sudah diadakan secara serentak di pusat perbelanjaan Indonesia adalah untuk mendorong Indonesia menjadi lokasi surga belanja dan kuliner. Namun di sisi lain untuk semakin memperkuat hal ini, menurut Menteri Pariwisata Republik Indonesia (Menpar RI) Arief Yahya, negara ini membutuhkan lokasi factory outlet.

Mungkin bila Anda mendengar factory outlet, gambaran yang muncul adalah toko-toko yang menerapkan nama ini pada brand mereka, seperti yang banyak digunakan di Bandung. Namun factory outlet yang dimaksudkan oleh Arief adalah toko yang di mana perusahaan manufaktur langsung menjual produknya di sana, jadi hanya ada satu merek saja, bahkan kadang pembeli bisa langsung melihat proses produksi. Jadi toko yang menjual banyak merek dalam tokonya, tidak masuk kategori ini.

Kemenpar RI Harapkan Keberadaan Factory Outlet

“Terakhir yang diharapkan oleh wisman (wisatawan mancanegara) adalah outlet, khususnya factory outlet. Orang yang paling mungkin membuat factory outlet adalah anggota APPBI (Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia), susah sekali orang lain,” ujar Menpar RI dalam pidato peresmian event Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019 di Pluit Village, Jalan Pluit Indah Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara (27/9/2019).

Arief juga memberikan contoh lokasi yang bisa dijadikan kawasan untuk membangun factory outlet itu. “Misalnya 30 kilometer dari Jakarta, itu masih oke. Saya sebut saja, di Karawang (dan) Jababeka, itu masih oke,” tambahnya.

[Baca Juga: Jakarta Culinary Feastival Siap Digelar di Senayan City]

Harapan dari Arief direspons oleh Ketua Umum APPBI Alexander Stefanus Ridwan yang menyampaikan, pihaknya akan mempertimbangkan hal tersebut. “Factory outlet yang dimaksud Pak Menteri itu bukan hanya factory outlet yang seperti di Bandung. Jadi ada brand-brand tertentu seperti di Gotemba Jepang,” tuturnya kepada awak media.

Sekadar informasi, Gotemba merupakan kota di Prefektur Shizuoka, Jepang dan lokasi ini dikenal sebagai kawasan surga belanja di Negeri Sakura. Pasalnya, di kota ini terdapat Gotemba Premium Outlet yang beroperasi sejak tahun 2000 dengan toko-toko yang menjual satu merek saja. Harganya pun disebut lebih terjangkau dibandingkan barang yang sama yang dijual di toko ritel lainnya di Jepang. Sehingga tidak heran bila wisatawan dari luar Jepang kerap mengunjungi lokasi ini untuk wisata belanja.

[Baca Juga: Wonderful Indonesia Culinary & Shopping 2019 Festival Resmi Digelar]

Seperti Gotemba, factory outlet yang dipertimbangkan APPBI akan memiliki karakteristik yang serupa dengan lokasi yang agak jauh dari pusat kota. “Maunya di luar kota, tempatnya tersendiri sehingga tidak mempengaruhi pertokoan yang lain. Kita akan mencoba tapi tempatnya kita mesti cari, tempatnya tidak bisa yang panas harus sejuk. Mungkin kita akan cari di Puncak, “ tambah Alexander.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.

Unplug, Ambisi Anak Bangsa Hadirkan Game Shooter ala Retro Buatan Dalam Negeri.jpg

Hobi dan Hiburan

Unplug, Ambisi Anak Bangsa Hadirkan Game Shooter ala Retro Buatan Dalam Negeri

06 December 2022, 12:02

PSE belum lama ini mengundang developer game GoldLime Studios untuk membahas proyek game ambisius mereka berjudul Unplug.

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.


Comments


Please Login to leave a comment.